Hari
ini kita melafal Amituofo dan membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati,
mengapa demikian? Oleh karena di tempat kita ini, ingin memperoleh kesucian
hati merupakan hal yang sulit, tidak bisa mendapatkannya, untuk memulihkan hati
sejati juga tidak mudah.
Hati
kita hanya memuat sepatah Amituofo saja, saya hanya memikirkan Alam Sukhavati
saja. Kuberitahu padamu, bila anda bermaksud memuat dua objek ke dalamnya, maka
ini adalah mustahil.
Umpamanya
di satu sisi anda ingin memikirkan Alam Sukhavati, namun di sisi lainnya anda
juga ingin meneladani Bodhisattva Ksitigarbha, menurutmu apakah hal ini bisa
terwujud? Apabila saya mengatakan padamu bahwa ini “bisa”, maka ini cuma
membohongimu saja, merupakan tindakan yang tidak bertanggungjawab.
Katakan
saja sejujurnya padamu “Tidak Bisa”.
Apabila
anda bermaksud melatih pintu Dharma Bodhisattva Ksitigarbha, maka Bodhisattva
Ksitigarbha merupakan figur (sosok) pujaan, jadi anda jangan melafal Amituofo,
fokuskan diri melafal nama Bodhisattva Ksitigarbha, dengan demikian anda bisa
berhasil. Meskipun anda tidak dapat terbebas dari enam alam tumimbal lahir,
namun anda juga takkan jatuh ke tiga alam penderitaan, Bodhisattva Ksitigarbha
akan memberkatimu.
Andaikata
ketrampilan diri anda cukup efektif, benar-benar mengamalkan sila, samadhi dan
prajna, setelah anda memperoleh samadhi, anda akan mencapai pencerahan dan
tingkatan kesucian. Tingkatan kesucian yang dicapai adalah tingkat kesucian
pertama dalam Aliran Theravada yakni Sotapanna, masih harus menjalani tujuh
kali kelahiran antara Alam Dewa dan Alam Manusia. Setelah mencapai Arahat,
melampaui enam alam tumimbal lahir, inilah jalan yang anda tempuh.
Bila
anda ingin menempuh dua jalur sekaligus, maka ini adalah hal yang mustahil, kebenaran
ini haruslah dipahami.
Sepatah
Amituofo telah mencakup seluruh nama Buddha dan Bodhisattva, mencakup
keseluruhan pintu Dharma, maka itu hal ini bisa diperoleh dengan melafal
sepatah Amituofo saja. Mengapa demikian?
Anda
tidak perlu melafal nama Buddha atau Bodhisattva lainnya, oleh karena seluruh
nama Buddha dan Bodhisattva ada di dalam sepatah Amituofo, jadi bukan berada di
luar dari sepatah Amituofo, sepatah Amituofo telah mencakup keseluruhan nama
Buddha dan Bodhisattva.
Seluruh
nama Buddha dan Bodhisattva, seluruh ajaran sutra baik Aliran Mahayana maupun
Theravada, seluruh pintu Dharma, semuanya sudah tercakup di dalam sepatah
Amituofo.
Asalkan
anda membangkitkan hati yang setulusnya melafal sepatah Amituofo ini, maka
keseluruhannya telah anda lafal, satupun takkan ketinggalan; namun bila anda
masih saja suka menambah sedikit di sini, menambal secuil di sana, maka anda ada
di ujung tanduk, anda telah merusak semuanya.
Maka
itu saya berkata sejujurnya pada praktisi sekalian, bahwa hal ini (tidak fokus)
adalah tidak boleh!
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15
Pebruari 2016
我們今天念佛,我們念佛求生淨土,為什麼?在我們這個地方,要想得清淨心難,得不到,恢復真心不容易。我們只裝一個阿彌陀佛,就是我只想到極樂世界。告訴你吧,你要裝兩個東西就進不去了,你就完了。你說,我又想到極樂世界,我又想學地藏王菩薩,行不行?給你說「行」是騙你的,是不負責任的。給你講真話,「不行」。你要修地藏菩薩,地藏菩薩是你的本尊,你就不要念佛,專念地藏菩薩,你能成功。你雖然不能脫離六道輪迴,你不會墮三惡道,地藏菩薩會加持你。如果你功夫用得力,真正走的是戒定慧,你會得三昧,你會開悟,你能證果。證得小乘須陀洹,初果,天上人間七次往返,證阿羅漢,超越六道輪迴,你走的是這個路。兩個路合在一條走,走不通,這個道理要懂。
一句阿彌陀佛,確實就包括圓滿究竟的諸佛菩薩、無量法門,念佛可以。為什麼?你不要去念他,他在佛號裡面,他不在佛號外面,佛號包括他。所有一切諸佛菩薩,一切大小乘經典,宗門教下,顯教密教,統統在這一句阿彌陀佛名號當中。你念這一句,老老實實念,全都念到了,一樣不缺;你要在裡面添一點、加一點就完了,你把它全部破壞了。我給大家講真話,不可以。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三O九集) 2016/2/15
Bila
tidak membangkitkan Bodhicitta, sebaik apapun ketrampilan melafal Amituofo yang
anda miliki juga tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Praktisi pelafal
Amituofo itu jumlahnya banyak namun yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati,
jumlahnya adalah sedikit, dari sini kita dapat memahaminya.
Tahun
ini adalah peringatan 30 tahun wafatnya Upasaka Li Bing-nan, selama ini kami
selalu mengadakan peringatan ini buat mengenang beliau, waktu berlalu dengan
cepat. Ketika guru masih hidup, beliau selalu mengatakan bahwa para sahabat
lotus yang berada di Asosiasi Lotus Taichung, ketika saya meninggalkan guru
saat itu, jumlah para sahabat lotus di Asosiasi Lotus Taichung berjumlah
sekitar lima ratus orang, merupakan organisasi yang cukup besar, sahabat lotus
ini tersebar di seluruh wilayah Taiwan.
Guru
selalu memperingatkan kami para sahabat lotus ini, bahwa dari sepuluh ribu
orang praktisi, yang bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati hanya tiga atau
lima orang saja, dengan perkataan lain, lebih banyak yang tidak berhasil
terlahir di Tanah Suci Sukhavati. Apa alasannya?
Oleh
karena mereka tidak membangkitkan Bodhicitta, hati mereka begitu sempit, tidak
sanggup bertoleransi. Masih suka berkelompok-kelompok, saat itu sudah ada hal
serupa ini, siapa-siapa saja yang bisa satu kelompok dengan kita, selalu saja
tampak bergerombol-gerombol.
Ini
namanya tidak membangkitkan Bodhicitta, hanya mengejar berkah Alam Dewa dan
Manusia. Apakah bisa memperolehnya? Bisa, tapi tidak bisa keluar dari roda
samsara. Oleh karena tidak bisa keluar dari roda samsara maka kita menciptakan
karma, karma buruk lebih banyak dari karma baiknya; dengan perkataan lain, masa
depan kita kelak, berada di tiga alam penderitaan lebih panjang waktunya,
sedangkan di tiga alam bajik lebih singkat.
Hal
ini tidak boleh tidak diketahui, bila tidak tahu maka sia-sia saja belajarnya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15
Pebruari 2016
沒有菩提心,佛念得很好,不能往生。念佛的人多,往生的人少,我們就從這個地方完全明白了。甚至於李炳南老居士在世的時候,今年是他往生三十週年,我們這些學生給他做個紀念,時間過得真快。老師在世常說,他說我們蓮友,我們自己台中佛教蓮社,我離開老師的時候,台中蓮社蓮友差不多將近五十萬人,是個很龐大的團體,蓮友遍台灣省,從南到北。老師常常警惕我們,我們的蓮友,一萬個人當中真正能往生的只有三、五個而已,換句話說,絕大多數不能往生。什麼原因?這裡一看都明白了,沒有發菩提心,心量很小,不能容忍。還搞幫搞派,那個時候已經有了,哪些人跟他們志同道合,常常在一堆。那都是沒有菩提心,那都是修福的,求人天福報的。能不能得到?能,不能出輪迴。既然不能出輪迴,我們造業,就想到肯定是惡業多、善業少,惡業重、善業淺;換句話說,將來我們的前途,三惡道的時間長,三善道的時間短。不能不知道,不知道就白學了。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三O九集) 2016/2/15
Dalam
belajar Ajaran Buddha, yang paling ditakutkan adalah asmara, apabila hal ini
muncul maka amatlah merepotkan, oleh karena yang paling sulit dilenyapkan
adalah asmara. Asmara bukanlah hal yang baik, merupakan siksaan yang tidak dapat
diungkapkan dengan kata-kata, tetapi manusia masih saja suka menikmati kesengsaraan ini, sesatnya bukan main, kesesatan ini bahkan dianggap sudah wajar adanya.
Belajar
Ajaran Buddha hendaknya mengubah perasaan asmara ini menjadi kebijaksanaan,
ketika tersesat jadi perasaan melekat, tetapi ketika tercerahkan jadi
kebijaksanaan. Maka itu perasaan asmara ini telah membuat para makhluk berputar
di enam alam tumimbal lahir.
Kebijaksanaan
adalah suci dan setara, merupakan pencerahan dan tidak sesat, yang membawa kita
senantiasa berada di Jalan KeBodhian (Jalan Pencerahan), takkan tersesat dan
kehilangan arah; lain halnya dengan perasaan asmara, yang mendatangkan masalah
besar, kalau bukan melangkah di jalan sesat, maka pasti akan melangkah di jalan
menyimpang, sudah tersesat.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15
Pebruari 2016
學佛最怕的就是這個情,情見這個東西出現就麻煩了,最難斷的是情。情不是好東西,苦不堪言,可是人卻喜歡受這個苦,受這個折磨,這叫迷惑到底,迷惑到所以然了。佛法要把這個情變成智,實在講情跟智是一樁事情,覺悟了就叫智,迷了就叫情。所以情見這兩個字,叫無量眾生輪迴六道。佛法,淨宗不例外,淨宗經典的超出情見,從根上超越,這最高明。根上,用心,教我們用真心,不要用妄心,妄心是情,真心是智,從這,起頭就學著用理智,不用感情。理智是清淨的,是平等的,是覺而不迷的,能讓我們時時刻刻在菩提道上,不至於迷失方向;情見一生,麻煩就來了,不是走邪路,就是走彎路,迷了。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三O九集) 2016/2/15
Pada
masa Dinasti Tang, guru sesepuh kedua dari Aliran Yogacara, Aliran Yogacara
merupakan aliran yang berdiri di Tiongkok, guru sesepuh pertama dari Aliran
Yogacara adalah Tripitaka Master Hsuan Tsang. Aliran ini tidak ada ada di
India, sedangkan guru sesepuh yang kedua adalah Master Kui Ji.
Master
Kui Ji meninggalkan keduniawian atas nasehat dari Master Hsuan Tsang. Dia
merupakan putra bangsawan, pamannya adalah Yuchi Jingde, jenderal besar Kaisar
Tang Tai-zong. Jadi Master Kui Ji adalah keponakan dari Yuchi Jingde.
Kui
Ji orangnya amat cerdas, Master Hsuan Tsang menghendakinya supaya meninggalkan
keduniawian, tetapi Kui Ji malah bercanda, berkata pada Master Hsuan Tsang, kecuali anda bersedia mengabulkan tiga
persyaratanku, barulah saya bersedia menjadi Bhiksu.
Master
Hsuan Tsang bertanya padanya, tiga syarat apa gerangan? Kui Ji menjawab, yang
pertama, saya suka membaca, jadi harus membawa serta satu kereta yang berisi
buku. Master Hsuan Tsang menjawab, baik.
Yang
kedua adalah oleh karena kehidupannya serba berkecukupan, jadi dia juga ingin
membawa serta satu kereta yang memuat emas, agar saya dapat melewati kehidupan
yang mewah. Yang ketiga, saya juga membawa satu kereta gadis jelita.
Sepertinya
Master Hsuan Tsang menyetujui ketiga syarat yang diajukan Kui Ji, setelah itu
Kui Ji ditabhiskan jadi Bhiksu. Ternyata Master Kui Ji adalah jelmaan Bodhisattva
yang datang ke dunia. Kemudian Master Kui Ji jadi terkenal dengan julukan
“Master Tiga Kereta”, satu kereta emas, satu kereta buku dan satu kereta gadis
jelita.
Master
Vinaya Dao Xuan dari Gunung Zhongnan jadi meremehkan Master Kui Ji. Meskipun
Master Kui Ji pintar berceramah, namun Master Dao Xuan menganggap Master Kui Ji
tidak mengamalkan sila.
Suatu
hari, Master Kui Ji kebetulan melewati Gunung Zhongnan, yakni vihara milik
Master Dao Xuan, jadi bermaksud singgah sejenak. Master Dao Xuan yang mendengar
kabar bahwa Master Kui Ji datang berkunjung, jadi ingin memamerkan mukjizat.
Master
Dao Xuan mampu mengundang mukjizat dimana setiap siang hari ada Dewa yang
datang memberi persembahan makanan buatnya. Master Dao Xuan makan sehari sekali
yakni pada siang hari, santapannya adalah diantar dan dipersembahkan oleh Dewa.
Master Dao Xuan ingin memperlihatkan mukjizat ini kepada Master Kui Ji.
Setelah
berbincang-bincang kelamaan di atas gunung, waktu makan siang juga sudah lewat,
tapi Dewa juga tidak tampak, Master Dao Xuan amat kecewa.
Keesokan
harinya, Dewa datang lagi untuk memberi persembahan, Master Dao Xuan segera
menyalahkannya, kenapa kemarin siang tidak hadir memberi persembahan?
Dewa
menjawab, kemarin hari ada Bodhisattva Mahayana berada di sini, seluruh
pegunungan dipenuhi oleh para Dewa, mereka tidak memperbolehkan saya masuk ke
sini. Setelah mendengarnya, Master Dao Xuan berkeringatan, merasa amat menyesal
dan malu.
Dengan
perkataan lain, praktisi sekarang hanyalah mengamalkan sila dalam bentuk
penampilan luar saja, sedangkan Master Kui Ji mengamalkan sila di dalam lubuk
hatinya. Ketika enam akar (mata, telinga, hidung, lidah, jasmani dan pikiran)
mengadakan kontak dengan enam kondisi luar (rupa, suara, bau, rasa, sentuhan
dan bentuk-bentuk pikiran), takkan timbul niat pikiran, takkan membeda-bedakan,
takkan timbul kemelekatan, maka ini merupakan sila yang sempurna. Inilah yang
telah berhasil dilakukan oleh Master Kui Ji.
Ini
merupakan kisah yang patut kita renungkan, apabila kita hendak menghakimi
seseorang dengan sila, apabila ternyata orang ini adalah jelmaan Buddha atau
Bodhisattva atau Arahat yang datang ke dunia ini, bukankah anda telah menfitnah
Buddha, menfitnah Dharma dan menfitnah Sangha?
Akibat
dari menfitnah Triratna adalah jatuh ke Neraka Avici. Jaman dulu kejadian
begini ada, sekarang mungkin lebih banyak lagi, ini tidak boleh tidak kita
ketahui.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15
Pebruari 2016
唐朝時候,法相宗二祖窺基大師,法相宗是在中國建立的,初祖是玄奘大師,這個宗派印度沒有,窺基是二祖。窺基出家是玄奘大師勸他的,他的身分要是用現在人說叫高幹子弟,他的伯父尉遲敬德,唐太宗的大將,元帥,他是尉遲敬德的侄子。人非常聰明,玄奘大師希望他出家,他開玩笑,跟玄奘大師說,你答應我三個條件我就出家。玄奘大師問他,哪三個條件?第一個,我歡喜讀書,我要帶一車書,我喜歡讀的。玄奘大師說,好。第二個?第二個是,他生活很優裕,我要帶一車黃金,我過習慣了榮華富貴的生活。第三,我要帶一車美女。好像玄奘大師三個條件都答應他了,他出家了。出家之後,那是菩薩再來的,所以這三車法師就出了名,大家叫三車法師,一車黃金、一車書、一車美女。所以終南山的道宣律師就對他輕慢,講經講得好,是有道理,但是戒律不清淨,不持戒,戒為無上菩提本,認為他不持戒。玄奘大師能同意他,就說明玄奘大師的道行比他高,道宣律師就比不上。
有一天,窺基大師從終南山經過,就是道宣律師律宗道場,從他山下經過,聽說他的,順便到山上去參訪。道宣律師聽說他來參訪,就得炫耀一番,道宣律師感得天人送齋,他日中一食,這一食是天人送的齋飯給他。讓窺基大師看看,你看天人給我送供養。上山談了很久,吃飯時間過了,天人沒來,道宣律師很失望。他們走了之後,第二天,天人來送供了,他就責備他,昨天為什麼中午你沒有送飯到這來?他說昨天有大乘菩薩在這裡,滿山的天神,不讓我進去。道宣法師聽這個話流汗,感到慚愧。換句話說,現在學戒是戒在外表,窺基大師的持戒是持在內心。六根接觸六塵境界,不起心、不動念,不分別、不執著,就是圓滿的大戒。這是窺基大師做到的,玄奘大師他們做到的,道宣律師沒到這個境界。
這個故事留下來,非常值得我們警惕,我們要拿著持戒去量人,這個不持戒、那個不持戒,如果他是佛菩薩、羅漢再來,你不就謗佛、謗法、謗僧?那這個毀謗三寶的罪業是無間地獄。古時候就有,現在可能更多,這是我們不能不知道的。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三O九集) 2016/2/15