Senin, 22 Februari 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Pebruari 2016


Keyakinan yang kita miliki bukanlah keyakinan benar, mengapa demikian? Oleh karena kita masih begitu mendambakan dunia ini, tidak sudi melepaskan kemelekatan, klesa (kekotoran batin) dan tabiat masih begitu mendalam dan berat, hanya boleh dibilang sekedar menjalin jodoh dengan Buddha Amitabha saja, pada kelahiran mendatang bertemu lagi dengan Pintu Dharma ini kemudian melanjutkan melatihnya.

Tetapi harus menanti berapa lama, maka tanyakan kembali pada diri sendiri, andaikata pikiran dan perbuatan diri sendiri tidak bajik, nafsu keinginan yang begitu kuat, angkuh dan merendahkan orang lain, merasa diri sendirilah yang  paling benar, kekotoran batin ini dapat menarik dirimu jatuh ke tiga alam penderitaan.

Begitu jatuh ke tiga alam penderitaan, tak peduli apakah itu adalah Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan apalagi Neraka, lamanya masa hukuman yang harus dijalani adalah seperti yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni di dalam sutra kepada kita (Buddha takkan mengucapkan kata dusta, juga takkan menakuti-nakuti kita, Buddha mengucapkan perkataan yang sejujurnya), begitu jatuh ke tiga alam penderitaan maka harus menjalani masa hukuman selama lima ribu kalpa.

Kita telah kehilangan tubuh manusia, kelak harus menunggu berapa lama lagi barulah memperoleh kesempatan lagi untuk bisa terlahir kembali jadi manusia? Yakni setelah lima ribu kalpa kemudian, betapa besarnya problema ini!

Kita ini, untuk menyelamatkan makhluk lain saja tidak sanggup, Buddha dan Bodhisattva juga tak berdaya, lantas atas dasar apa pula kita melakukannya? Yang paling penting adalah menyelamatkan diri sendiri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Pebruari 2016

我們的信都不是真信,為什麼?我們對這個世界還貪戀,還不肯放下,煩惱習氣非常深重,只可以說跟阿彌陀佛結個緣分,來生後世遇到了再接著修。來生後世等多久,那得問自己,自己如果心行不善,欲望這個觀念很強,貢高我慢、目中無人、自以為是,這些煩惱習氣會把你拉到三途。一到三途,不管是畜生是餓鬼,地獄就不必說了,佛在經上告訴我們(佛不說假話,也不會嚇唬我們,佛說老實話),三途一墮五千劫。我們人身失掉了,下一次再得人身要多久?五千劫以後,麻煩可大了!環境如是,我們度眾生度不了,佛菩薩都無可奈何,我們憑什麼?最重要的是度自己。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三O八集)  2016/2/14


   


 

Bagaimana supaya kita baru benar-benar dapat terlahir di Alam Sukhavati? Untuk terlahir di Alam Sukhavati merupakan hal yang mudah, asalkan anda dapat melepaskan segala kemelekatan. Darimana kita harus melepaskan? Yakni dari melepaskan niat pikiran yang muncul, mata melihat rupa, telinga mendengar suara, hidung mencium bau-bauan, enam akar (mata, telinga, hidung, lidah, jasmani dan pikiran) mengadakan kontak dengan sad visayah (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), takkan timbul niat pikiran. Sulit! 

Apabila benar-benar telah mampu melakukan tidak timbul niat pikiran, maka sudah mencapai KeBuddhaan, Bodhisattva Dharmakaya, anda telah berhasil menemukan kembali jiwa sejati.

Sedangkan bila masih timbul niat pikiran, ini adalah Alaya, merupakan hati khayal, ini adalah enam alam tumimbal lahir, niat pikiran yang timbul, ini masih berada di enam alam tumimbal lahir.

Bila tidak lagi timbul niat pikiran maka ini sudah mencapai KeBuddhaan; bila masih timbul niat pikiran, tetapi tidak ada lagi perbedaan dan kemelekatan adalah Bodhisattva. Apabila kita masih timbul niat pikiran, juga disertai masih juga membeda-bedakan dan juga masih melekat, maka ini menciptakan karma, karma apa yang diciptakan?

Yakni karma tumimbal lahir, karma baik berbuah pada kelahiran di tiga alam bajik (Alam Dewa, Alam Manusia, Alam Asura), sedangkan karma buruk berbuah pada kelahiran di tiga alam sengsara (Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan, Alam Neraka), baik terlahir di tiga alam tinggi maupun tiga alam rendah ini, juga adalah tidak bisa keluar dari lingkaran enam alam tumimbal lahir/roda samsara, inilah fakta yang sesungguhnya.

Anda harus memahaminya, anda harus jelas akan fakta ini, sungguh menakutkan. Barulah anda menyadari bahwa Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, membangkitkan keyakinan dan membulatkan tekad melafal Amituofo, Pintu Dharma ini adalah sungguh menakjubkan, terunggul!

Pintu Dharma ini dapat menyelamatkan diriku, dapat menyelamatkan semua makhluk, ke arah atas menyelamatkan sampai pada Bodhisattva tingkatan Calon Buddha, ke arah bawah menyelamatkan sampai pada para makhluk yang jatuh ke Neraka Avici.

Asalkan anda bersedia membangkitkan keyakinan, asalkan anda bersedia membulatkan tekad untuk terlahir ke Alam Sukhavati, asalkan anda mau melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, jangan lagi berganti topik.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Pebruari 2016

我們如何真正能夠做到往生極樂世界?往生極樂世界容易,只要你能夠放下,萬緣放下。從哪裡放下?從起心動念放下,眼見色、耳聞聲、鼻嗅香,六根接觸六塵境界不起心不動念。難!你去試試看。真正做到不起心不動念,成佛了,法身菩薩,你就回歸自性,不起心不動念回歸自性。起心動念是阿賴耶,是妄心,那是六道輪迴,起心動念在六道輪迴。不起心不動念成佛;起心動念,沒有分別執著是菩薩。我們起心動念,接著就分別執著,就造業,造什麼業?輪迴業,善業三善道,惡業三惡道,三善道、三惡道統統出不了六道輪迴,就這麼回事情。你要真正明白,搞清楚了,害怕。才知道彌陀這個法門,信願持名,這法門的妙、高!這法門能救我,能救一切眾生,上度等覺菩薩,下度阿鼻地獄眾生。只要你能信,只要你願生,只要你肯念這句阿彌陀佛,一句阿彌陀佛念到底,別換題目。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三O八集)  2016/2/14


  


 

Sepatutnya melepaskan segala kemelekatan, membantu Buddha Dharma senantiasa berdiam di dunia, membantu penyebarluasan Buddha Dharma secara meluas, membantu semua makhluk menuntun mereka memasuki Pintu Dharma Sukhavati, ini merupakan karir Bodhisattva.

Apakah karir Bodhisattva boleh dijalani? Tidak boleh. Mengapa demikian? Setelah melakukannya anda masih saja berputar di tiga alam penderitaan. Sebaliknya bila memang anda tidak takut pada tiga alam sengsara, maka anda boleh melakukannya; bila anda takut akan siksaan di tiga alam penderitaan, maka janganlah menjalaninya.

Jadi harus menanti hingga kapan barulah boleh melakukannya? Ketika enam akar (mata, telinga, hidung, lidah, jasmani dan pikiran) mengadakan kontak dengan sad visayah (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), takkan timbul niat pikiran, atau saat timbul niat pikiran, tetapi detik berikutnya anda memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri sehingga takkan membeda-bedakan, takkan melekat, maka dengan demikian barulah anda boleh melakukannya, takkan merintangi upaya anda untuk terlahir ke Alam Sukhavati.

Tetapi bila saat timbul niat pikiran, anda masih membeda-bedakan dan melekat, yang menjelaskan bahwa anda masih belum mampu melenyapkan Tujuh Perasaan Emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan) dan Panca Kamah (lima kegemaran : gemar akan harta benda, rupa, ketenaran, makanan dan tidur), masih ada dosa (kebencian), lobha (ketamakan), moha (kebodohan), kesombongan dan keangkuhan, maka anda tak sepantasnya melakukannya, bila anda bersikeras menjalani karir tersebut, maka anda pasti jatuh ke tiga alam penderitaan.

Ini merupakan perkataan sejujurnya yang saya sampaikan padamu. Sepanjang hidupku, saya ditempa di dalam keadaan yang sedemikian rupa, dalam kondisi yang menyenangkan, saya mampu mengendalikan diri; takkan kegirangan dan melekat padanya, saya mampu mengikhlaskannya, melepaskannya.

Praktisi sekalian yang telah lama mengikutiku, kalian telah melihatnya, hanya menggenggam erat sepatah Amituofo ini, saya meneladani Master Hai Xian. Jadi harus melatih diri dengan serius, bila tidak bersungguh-sungguh maka takkan bisa! Dengan melakukannya secara serius barulah dapat menikmati kebahagiaan dalam Dharma, penuh kebahagiaan Dharma, senantiasa membangkitkan pikiran penuh sukacita.

Diri sendiri begitu jelas, berinteraksi dengan orang banyak juga takkan terpengaruh sama sekali, takkan tercemar meskipun oleh setitik noda pun. Menuruti jodoh dan takkan memaksakan kehendak, sepanjang hidup takkan melakukan hal yang dipaksakan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Pebruari 2016


真的要萬緣放下,幫助佛法常住世間,幫助佛法弘揚光大,幫助一切眾生引導入門,這都是菩薩的事情。菩薩事業可不可以做?不能做。為什麼?做了之後你還是搞三途。你要不怕墮三途,你去做;你要怕墮三途,不能做。到什麼時候可以做?六根接觸六塵境界不起心不動念,或者是有起心動念,下頭你有能力控制住不分別、不執著,這個可以兼著做,不妨礙你往生。如果你還有,說明七情五欲沒斷,還有貪瞋痴慢疑,這就不能做,你要做肯定會墮三途。這是我勸你的老實話。我這一生,在這個境界裡磨鍊出來的,順境,我掌握住;順境,沒有貪戀,能捨,能放下。你們同學跟著我時間久的,你都看到了,就抓住這句佛號,我學海賢老和尚。要真幹,不真幹不行!真幹你會嘗到法喜,法喜充滿,常生歡喜心。自己清清楚楚,跟大家在一起和光同塵,一絲毫不染著。要隨緣,不攀緣,不勉強,一生不做勉強事情。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三O八集)  2016/2/14