Tekad Buddha
Amitabha yang ke-35, apabila seseorang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati maka
hanya dalam satu kelahiran tersebut, tidak perlu menanti hingga kelahiran
kedua, anda pasti mencapai tingkatan Calon Buddha, bahkan lebih tinggi lagi
daripada Bodhisattva Calon Buddha, mengapa dikatakan demikian?
Oleh karena dia
sudah sangat dekat sekali dengan pencapaian KeBuddhaan, bahkan dalam waktu yang
sangat singkat sekali, dia sudah bisa mencapai KeBuddhaan.
Setelah Buddha
Sakyamuni memasuki Parinirvana, maka siapakah Calon Buddha yang berikutnya?
Yakni Bodhisattva Maitreya, kelak di kemudian hari, setelah Dharma Buddha
Sakyamuni telah lenyap dari peredaran, Bodhisattva Maitreya baru akan turun ke
dunia untuk mencapai KeBuddhaan.
Dalam satu kalpa
besar ini ada seribu Buddha yang akan muncul di dunia, Buddha Sakyamuni berada
di urutan ke-4, dan di urutan ke-5 adalah Bodhisattva Maitreya.
Sedangkan yang
berada di urutan terakhir atau yang ke-1000 adalah Rudita Buddha, sekarang
Beliau adalah Bodhisattva Skanda, Bodhisattva Skanda adalah Pelindung Dharma.
Dimanakah Calon Buddha
berdiam sebelum lahir ke dunia ini? Yakni di Surga Tusita, Bodhisattva Maitreya
sekarang masih berdiam di Surga Tusita. Tusita bermakna tahu merasa puas dan
cukup.
Lihatlah betapa
bagusnya nama ini, kapan waktunya bisa mencapai KeBuddhaan? Saat tahu merasa
puas dan cukup, ini juga merupakan salah satu bentuk simbol Dharma.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2016
阿彌陀佛第三十五願,他有往生到極樂世界,一生,不必等第二生,你就證得補處菩薩。補處是等覺菩薩,比等覺菩薩還高一點,為什麼?他就要成佛了,很快就成佛了,補就是後補佛。像釋迦牟尼佛滅度了,下面補處菩薩是誰?彌勒菩薩,彌勒菩薩將來到這個世界示現成佛。這一大劫當中有一千尊佛出世,釋迦牟尼佛是第四個,第四代,第五代是彌勒菩薩。最後一位成佛的,這一千佛最後一尊佛是韋馱菩薩,現在是護法。一生補處,補是後補佛。後補佛在什麼地方後補?在兜率天,彌勒菩薩現在住在兜率天。兜率是梵語,它的意思是知足。你看看這名字多好,什麼時候快成佛了?知足了,這都是表法。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三五一集) 2016/7/12
Bodhisattva Maitreya menampilkan Maha Maitri Maha Karuna, maka itu
bermarga Ci (Maitri). Agama Buddha Mahayana Tiongkok menempatkan rupang
Bodhisattva Maitreya di depan pintu masuk vihara, sehingga begitu anda
melangkah masuk ke vihara, pertama-tama anda akan bersua dengan rupang
Bodhisattva Maitreya, di dua sisi rupang Bodhisattva Maitreya terdapat rupang
Catur-maharaja-kayikas (Empat Raja Langit), ini adalah kebijaksanaan orang
Tiongkok, ilmu pengetahuan orang Tiongkok dan pahala orang Tiongkok.
Mengapa dikatakan demikian? Peragaan Dharma. Menempatkan rupang
Bodhisattva Maitreya di depan gerbang vihara, begitu anda masuk ke vihara
terlebih dulu bertemu dengan rupangNya, apa yang hendak disampaikan?
Kesetaraan, maitri karuna, dan tahu merasa puas dan cukup.
Maka itu bila anda selalu tidak merasa puas dan cukup, maka anda tidak
memahami bentuk peragaan Dharma ini, begitu pula bila anda tidak bermaitri
karuna, anda juga takkan memahami bentuk peragaan Dharma ini.
Apabila anda sudah memahaminya, maka anda akan memiliki hati yang tahu
merasa puas dan cukup, maitri karuna, hati yang suci dan seimbang dalam
memperlakukan semua makhluk.
Bentuk peragaan Dharma ini menyadarkan diri kita, lantas apa pula makna
dari penempatan rupang Empat Raja Langit? Yakni melindungi Dharma dan melindungi
diri sendiri, melindungi orang yang tahu merasa puas dan cukup, melindungi
orang yang bermaitri karuna.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2016
彌勒所示現的,大慈大悲,叫慈氏。中國佛教把他老人家供在廟門口,山門,你一進門口,你就看到正當中所坐的彌勒菩薩,兩邊四大天王。這是中國人的智慧,中國人的學問,中國人的福報,為什麼?表法。把彌勒菩薩放在大門口,你進廟門第一個看到他,他代表的是什麼?平等、慈悲,代表知足。所以,你不知足,那你沒有看懂,你不慈悲,你也沒有看懂。你要真正看懂了,知足、慈悲,以清淨心、平等心、愛心,就是慈悲心,對待一切眾生,表這個意思,提醒我們。兩邊四大天王,護法,護誰?護自己,護知足、護慈悲的人。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三五一集) 2016/7/12