Mengapa ada
begitu banyak pintu Dharma? Oleh karena akar kebijaksanaan dari setiap makhluk
itu adalah berbeda, kedalaman dari kesesatan masing-masing makhluk juga
berbeda-beda, sehingga kemampuan pencerapan juga berbeda, apabila Buddha Dharma
yang diberikan tepat sasaran sesuai dengan kemampuan pencerapannya, maka ini
mudah meraih keberhasilan, sebaliknya apabila Buddha Dharma yang diberikan
tidak sesuai dengan kemampuan pencerapannya, maka ini tidak mampu diterimanya, sehingga
ada 84 ribu pintu Dharma.
Diantara beragam
pintu Dharma tersebut, ada satu Pintu Dharma nan istimewa, yakni Pintu Dharma
Tanah Suci (Aliran Sukhavati). Pintu Dharma lainnya untuk meraih keberhasilan
adalah lamban, tahapannya amat banyak, waktu yang dibutuhkan juga amat panjang;
lain halnya dengan Pintu Dharma Tanah Suci yang begitu praktis dan mudah, hanya
satu subyek saja, merupakan Pintu Dharma yang sulit dipercaya tapi mudah
mencapai hasil, asalkan anda mau membangkitkan keyakinan benar, maka dalam satu
kehidupan ini anda pasti mencapai keberhasilan.
Pintu Dharma ini
merupakan Dharma yang sulit dipercaya tapi mudah meraih keberhasilan, sampai
mana taraf kemudahannya? Hanya melafal sepatah Amituofo saja, yang lainnya
tidak ada lagi. Asalkan melafalnya hingga berhasil maka terlahir di Alam
Sukhavati, saat itu mengetahui segalanya.
Setelah terlahir
di Alam Sukhavati, di dalam Tekad Agung Buddha Amitabha dikatakan, semuanya
menjadi Bodhisattva Avaivartika, Bodhisattva Avaivartika adalah Bodhisattva
Dharmakaya (Bodhisattva Calon Buddha). Para Bodhisattva yang melatih pintu
Dharma lainnya tidak dapat mempercayai hal ini, mereka masih terlena dalam
Sepuluh Dharmadhatu, terhanyut dalam enam alam tumimbal lahir, mana mungkin
begitu mudah bisa keluar? Maka itu mengapa disebut sebagai Pintu Dharma yang
mudah pengamalannya tapi sulit dipercaya.
Jadi siapa saja
yang sanggup mempercayainya? Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas, Buddha Sakyamuni
membabarkan bahwa mereka yang pada masa kelahiran lampau pernah memberikan
persembahan kepada para Buddha yang tak terhingga, pada kelahiran kali ini
terlahir kembali jadi manusia, bertemu dengan Pintu Dharma ini, sehingga
memperoleh pemberkatan dari para Buddha Tathagata. Kekuatan pemberkatan ini membantunya
sehingga dapat membangkitkan keyakinan dan tidak ragu, melatih diri sesuai
dengan Pintu Dharma ini, dalam satu kehidupan mencapai keberhasilan.
Praktisi yang
melatih Pintu Dharma ini, yang berhasil jumlahnya banyak, sejak masa Dinasti
Jin Timur (317 - 420), Guru Sesepuh pertama Aliran Sukhavati, Master Hui Yuan
mendirikan sebuah ruang kebaktian pelafalan Amituofo di Lushan, hingga saat
kini, generasi demi generasi, para praktisi yang melatih Pintu Dharma ini dan
meraih keberhasilan, jumlahnya adalah amat banyak, benar-benar adalah puluhan
ribu orang yang melatihnya maka puluhan ribu pula yang berhasil terlahir ke
Alam Sukhavati.
Lantas kita pula
mendengar bahwa orang yang melafal Amituofo itu jumlahnya banyak tetapi yang
berhasil malah sedikit jumlahnya, apa sebabnya? Sebelumnya kita telah
mengatakan bahwa mereka yang dapat menerima dan takkan ada keraguan sama
sekali, sepatah Amituofo dilafal berkesinambungan tak terputus, ini adalah
orang-orang yang pada masa kelahiran lampau pernah memberi persembahan kepada
semua Buddha Tathagata, kini jodoh tersebut telah masak, begitu banyak para
Buddha yang memberkatimu.
Lantas, kenapa
pula anda bisa memiliki keraguan? Ini dikarenakan anda memberi persembahan
kepada Para Buddha Tathagata, tapi masih belum cukup banyak. Sekarang pada
kelahiran ini, masih saja melatih banyak pintu Dharma, melafal begitu banyak
nama para Buddha, melafal begitu banyak nama para Bodhisattva, melafal begitu
banyak Arahat, anda sedang menimbun jasa kebajikan berkesinambungan, anda masih
berada dalam tahapan ini, jodoh masih belum masak.
Tetapi bila
benar-benar dapat membangkitkan keyakinan, sedikitpun tiada keraguan sama
sekali, maka ini berarti jodoh anda telah masak.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 24 Pebruari 2016
為什麼有這麼多法門?眾生根性不一樣,迷的境界有差別,迷的淺深有差別,各個不相同,契機很容易就成就,不契機的很難,入不進去,所以八萬四千法門。這叫一般的法門,普通的法門。這裡面還有個特別法門,跟一切法門性質不一樣的,就是淨土法門。其他法門成就很慢,課程很多,時間很長;淨土法門很單純,一個科目,一個法門,難信,很容易成就,你只要真信,你這一生決定成就。這一門叫易行難信之法。易到什麼程度?一句佛號,就念這句佛號,其他的什麼都沒有。念成功了,往生到極樂世界,什麼都知道了。生到極樂世界,彌陀大願裡面說的,皆作阿惟越致菩薩,阿惟越致是法身菩薩,換句話說,你生到極樂世界等於七地以上。七地是證無生法忍,有無不但知道,知道得很透徹,知道得很有深度,法身裡面的大菩薩。這是一般勤修、苦修八萬四千法門那些菩薩們不能接受、不能相信,迷在十法界、迷在六道輪迴無量劫,哪有這麼便宜就出去了?所以叫易行難信。
什麼人能相信?真的,相信並不簡單,大乘經裡頭佛常說,過去無量劫中曾經供養無量諸佛,這一生得人身,遇到這個法門,他就得諸佛如來的加持。加持力量幫助他能信,不懷疑,依這個法門修行,這一生就成就了。這個法門成就的人多,自東晉以來,遠公大師建第一個念佛堂,在廬山,一直傳到今天,世世代代依這個法門修行成就的太多太多了,真的是萬修萬人去。還有修的,我們也常聽說,念佛的人多,往生的人少,這什麼原因?前面說過,真正接受,不懷疑,一句佛號念到底的,這是過去生中供養一切諸佛如來,緣成熟了,這麼多佛加持你。你還有懷疑,那換句話說,你供養諸佛如來還不夠多。現在這一生當中,修不少法門,念很多的佛、很多的菩薩、很多的羅漢,那就是你還在積功累德,你在這個階段,沒成熟。如果真的相信,一點不懷疑,成熟了。我們能看得清楚,能看得明白。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三一一集) 2016/2/24
Insan yang setelah
berhasil menguasai Buddha Dharma, juga akan serupa halnya dengan orang awam,
mengenakan pakaian, makan, sama sekali tidak meninggalkan Dharma duniawi. Lantas,
apa yang membedakan seorang praktisi dengan orang awam? Orang awam masih
melekat dan membeda-bedakan, sementara seorang praktisi meskipun menjalani
kehidupan awam, baik berpakaian maupun makan, bahkan ketika harus berinteraksi
dan menghadiri jamuan-jamuan, dia takkan membeda-bedakan dan melekat.
Lebih tinggi
lagi, dia takkan timbul niat pikiran, ini ada Buddha atau Maha Bodhisattva,
bukan hanya takkan membeda-bedakan dan melekat, bahkan niat pikiran juga tidak
ada sama sekali. Mereka juga melakukan hal yang serupa dengan orang awam,
tetapi Mereka takkan menciptakan karma, oleh karena niat pikiran yang timbul
adalah menciptakan karma, sementara Insan Suci takkan timbul niat pikiran.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 24 Pebruari 2016
證得佛法之後,還一樣的穿衣、一樣的吃飯,沒有離開世間法。但是怎麼樣?跟世間人不同,世間人執著,他有分別、有執著。學佛的人,雖然穿衣吃飯,甚至於交際應酬,他沒有分別、沒有執著。再高一等的,他不起心不動念,那是佛與大菩薩,不但沒有分別執著,起心動念都沒有。世間人幹的事情他一樣幹,他不造業,因為起心動念就造業,他沒有起心動念。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三一一集) 2016/2/24