Apa yang dimaksud dengan Jalan KeBodhian? Yakni tidak menaruh segala
kemelekatan di dalam hati, inilah yang disebut dengan Jalan KeBodhian. Kalau
taruh di hati maka ini sudah salah, akan merintangi dirimu; sebaliknya tidak
taruh di hati, maka takkan ada rintangan, setiap lafalan Amituofo terjalin
dengan Buddha Amitabha.
Menganggap bahwa dunia ini adalah nyata adanya, maka tidak bisa terjalin
dengan Buddha Amitabha, tapi malah terjalin dengan dunia saha. Pikiran bajik
terjalin dengan tiga alam bajik, pikiran buruk terjalin dengan tiga alam
rendah.
Jadi anda berharap terjalin dengan siapa?
Apabila anda telah tercerahkan, mengamalkan Jalan KeBodhian, yakni membangkitkan
keyakinan dan tekad melafal Amituofo, Buddha Amitabha akan memberi padamu
ramalan pencapaian KeBuddhaan, anda terlahir ke Alam Sukhavati pasti mencapai
KeBuddhaan.
Jadi, setelah tercerahkan bahwa segala sesuatu di dunia fana adalah
bagaikan mimpi, khayalan, gelembung air dan bayangan, maka anda takkan lagi
dikelabui oleh khayalan semu ini, sebaliknya kebijaksanaan berkembang.
Menwujudkan tekad anda yakni terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, pasti mencapai
KeBuddhaan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Mei 2016
菩提行是什麼?不放在心上就是菩提行。放在心上就錯了,它就障礙你;不放在心上,你心上沒有障礙,聲聲佛號跟阿彌陀佛感應道交。把這個世界當作真的,跟阿彌陀佛不能感應,跟這個世界有感應,善念跟三善道有感應,惡念跟三惡道有感應。我們起心動念言語造作,希望跟誰感應?三善道、三惡道、極樂世界擺在面前,你希望跟誰感應?你果然覺悟,覺悟信願持名,修勝菩提行就是信願持名,佛給你授記,你往生極樂世界決定作佛。
所以,「覺了一切如夢幻等」,這句話是說你真覺悟了,你有智慧,你沒有被假相欺騙,這是智慧。「滿足諸願」,這是滿你的願。你的願是什麼?到極樂世界去成佛,到極樂世界去學習。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三三九集) 2016/5/27
Sampai di Alam Sukhavati, segala sesuatu terwujud sesuai dengan
keinginan hati, tidak memerlukan daya upaya sama sekali, saya ingin sebuah
tempat hunian, maka rumah impian anda langsung muncul, kalau tidak suka
modelnya juga boleh diganti, tinggal pikirkan saja langsung muncul; tiba waktu
makan, menu hidangan apa yang diinginkan, langsung muncul di hadapan, jika
tidak dikehendaki lagi, semuanya langsung kembali pada kondisi semula, bersih
dan rapi, tidak perlu beres-beres dan cuci piring; ingin mengenakan pakaian
model apa, pakaian langsung melekat di tubuh.
Maka itu di Alam Sukhavati tidak ada nafsu keinginan akan benda materi,
juga tidak ada nafsu keinginan akan harta kekayaan, buat apa anda punya uang?
Emas digunakan mengaspal jalan, tujuh mustika adalah bahan bangunan.
Sebaliknya di alam saha ini, manusia malah menyimpannya sebagai barang
berharga, padahal di Alam Sukhavati, ini adalah bahan bangunan. Permata-permata
langka juga adalah bahan bangunan, sementara kita di sini begitu sulit bahkan
mustahil bisa menemukannya.
Bayangkan, betapa besarnya pahala yang dimiliki oleh penduduk Alam
Sukhavati, pahala ini mengalir keluar dari jiwa sejati. Lantas bagaimana pula
dengan diri kita? Kita juga memiliki pahala sedemikian besarnya, cuma lagi
ditutupi, pahala yang ada dalam jiwa sejati tidak bisa mengalir keluar.
Sampai di Alam Sukhavati mengganti dengan tubuh Narayana yang kokoh, buat
apa menjalani kesengsaraan di dunia saha ini, malah tidak sudi pulang ke
kampung halaman Tanah Suci Sukhavati menikmati kebahagiaan sejati. Orang begini
sungguh bodoh.
Maka itu insan yang tercerahkan, Buddha Sakyamuni akan memanggilnya
sebagai “Insan Bijaksana”, anda mempunyai kebijaksanaan memilih Alam Sukhavati.
Maka itu sampai di Alam Sukhavati, mewujudkan segala tekadmu, apa yang
anda inginkan langsung terwujud. Bila hatimu memikirkan Alam Sukhavati, maka
Alam Sukhavati langsung muncul di hadapanmu, anda telah berhasil memperolehnya,
mewujudkan tekadmu.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Mei 2016
極樂世界一切法心想事成,不費一點功夫,我想要一個住的地方,那個住的地方就現前,這樣子我不喜歡,換個樣子,它馬上就換了;想吃的,東西在面前,不想了,乾乾淨淨沒有了,不需要收拾碗筷;想衣服,衣服穿在身上了,不想就不見了。所以極樂世界沒有物質欲望,沒有財富的欲望,你要錢幹什麼?黃金鋪地,建築材料都是七寶。我們這個地方的人有一點點收藏當寶貝,極樂世界是建築材料,所有的建築都是妙寶所成,我們這個世間找不到。
你說人家福報多大,那是自性福德裡頭流出來的。我們有,我們沒福,有業障把福障礙了,自性裡頭的福報出不來。到極樂世界連身體都換掉了,要在這個地方受罪,不回去享福,這個人叫愚痴。所以一覺悟,佛都稱你智者,你有智慧,有智慧選擇西方極樂世界。所以到極樂世界滿你的大願,想什麼有什麼。「成如是剎,記得土也」。你心裡想得極樂世界,極樂世界現前,你得到了,滿你的願。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三三九集) 2016/5/27