Master Shandao
mengajari kita bahwa dalam melatih diri, tidak boleh hanya berupa penampilan
luar saja, sementara di dalamnya adalah kepalsuan belaka, ini bukanlah praktisi
sejati.
Di luar
tampaknya amat mirip, padahal kenyataannya amat berbeda, apa yang menjadi
tujuannya? Dia mengejar ketenaran dan keuntungan duniawi, gemar akan harta,
rupa, ketenaran dan keuntungan, berapa banyak praktisi, yang tidak sanggup
melewati rintangan ini, sehingga mengalami kemerosotan batin, sungguh
disayangkan.
Maka itu
haruslah dipahami dengan jelas keadaan Alam Sukhavati dan alam saha yang kita
tempati sekarang ini, kelak kita harus terlahir ke Alam Sukhavati.
Kalau memang
sudah memahami bahwa dunia ini hanyalah khayalan semu, maka haruslah
diikhlaskan, lepaskanlah segala kemelekatan, mengerahkan segenap kemampuan
untuk membantu para makhluk yang menderita, hal ini yang harus kita lakukan,
menjalin jodoh baik dengan semua makhluk.
Ketika kita
sampai di Alam Sukhavati, para makhluk yang berjodoh dengan kita, tak peduli
mereka terlahir di alam yang mana, kita bisa mengamatinya dari Alam Sukhavati,
kita dapat melihat dan mendengarnya, juga memiliki kesempatan untuk
menyelamatkan mereka.
Saat dia
mengalami kesulitan, kita bisa membantunya, mengapa demikian? Oleh karena dia
dan diriku memiliki jalinan jodoh, sehingga dia bersedia menuruti perkataanku,
saya mengajarinya melafal Amituofo, dia juga mau menurutinya melafal Amituofo,
saya mengajarinya supaya membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, dia
juga bisa bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, pada kelahiran mendatang dia
juga bisa sampai di Alam Sukhavati.
Ini merupakan
tekad agung Buddha Amitabha, harapan Buddha Amitabha, semua makhluk di sepuluh
penjuru alam dapat membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, Buddha
Amitabha membantu mereka supaya terlahir ke Alam Sukhavati sehingga dalam satu
kelahiran mencapai KeBuddhaan.
Jadi bukan hanya
diri sendiri yang mencapai keberhasilan, bahkan insan yang berjodoh dengan diri
sendiri, semuanya juga ikut mencapai keberhasilan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Januari 2016
善導大師在這裡教我們,「不得外現賢善精進之相,內懷虛假」,這不是真學佛,這是假的。外面看很像,實際上是另外一回事情,他求什麼?他求世間的名聞利養,財色名利,多少修行人,過不了這四個關口,就墮落了,非常可惜。所以一定兩個世界要搞清楚,極樂世界跟我們現在這個世界,將來我們到哪裡去。這個世界既然都是假的,那怎麼做?捨,放下,全心全力幫助一些苦難眾生,這是我們應該做的,跟眾生廣結善緣。來生來世只要一到極樂世界,這些認識的人,叫有緣之人,無論他在哪一道,我們在極樂世界都能看到,都能聽到,都有機會接觸到。他要有困難幫助他,為什麼?他跟我有緣,有緣是什麼?有緣他肯聽我話,我教他念佛他就會念佛,我教他求往生他就會求往生,再過一世,他也到極樂世界來了。這是阿彌陀佛的本願,阿彌陀佛希望,遍法界虛空界所有一切眾生,統統發願求生到極樂世界,阿彌陀佛幫助他們在極樂世界一生證得圓滿的果報,不但自己成就,自己有緣的人統統成就。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三O二集) 2016/1/18
Sepanjang hidup di
dunia ini, kita telah banyak mengalami banyak kejadian yang tidak menyenangkan,
difitnah dan diperlakukan secara tidak adil, kelak pada kelahiran mendatang
akan memiliki pahala yang besar, yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya.
Terutama hari
ini kita bisa bertemu dengan Buddha Dharma, bersua dengan Aliran Sukhavati,
pintu Dharma ini begitu gampang, hanya sepatah Amituofo saja, tidak paham akan
teori juga bukan masalah, teori itu diperuntukkan bagi siapa? Yakni bagi mereka
yang masih memiliki keraguan maka harus belajar ajaran sutra, barulah dapat
memahami dengan jelas akan kebenaran. Tetapi bagi mereka yang tidak memiliki
keraguan sama sekali, maka tidak perlu lagi belajar teori, sepatah Amituofo
sudah efektif, pada akhirnya juga hanya menggunakan sepatah Amituofo.
Maka itu
menasehati para praktisi pemula untuk membaca Sutra Usia Tanpa Batas sebanyak
tiga ribu kali, setiap seribu kali anda pasti semakin memahami makna yang
tersirat, begitu membaca sutra, anda langsung bisa mengerti maknanya, ketika
orang lain datang bertanya padamu, anda juga dapat menjelaskan padanya dengan
sempurna, sehingga dia membangkitkan pikiran sukacita, agar dia bersedia
menerima, meyakininya, melatih diri sesuai dengan Dharma, maka tujuan ini sudah
tercapai, inilah yang disebut dengan kebajikan yang sesungguhnya, karma baik
nan sempurna.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Januari 2016
我們這一生在這個世間吃盡了虧,受盡了冤枉,來生有大好果報,是你意想不到的。特別是我們今天遇到佛法,遇到淨宗,遇到這部經典,遇到這個法門,這法門多簡單,就是一句阿彌陀佛,理懂不懂沒關係,理是給誰講的?有懷疑的人必須要學經教,把這些事實真相都搞通了,你完全沒有懷疑,經對你就沒用了,佛號管用,最後就一句佛號。所以初學教的人三千遍,《無量壽經》念三千遍,一千遍是一個樣子,你自己會有非常明顯的覺察,真的,這個經一看就懂了,別人來問你,你也能夠講得很圓滿,講得讓他生歡喜心,讓他接受,讓他相信,讓他也依法修行,這個目的就達到了,這叫真實善行,圓滿的善業。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三O二集) 2016/1/18
Sebagai praktisi
Aliran Tanah Suci, yang paling penting adalah harus menggunakan hati yang
sesungguhnya, oleh karena dengan hati yang tulus barulah bisa terlahir ke Alam
Sukhavati, bila sebaliknya menggunakan hati munafik penuh kepura-puraan, maka
tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati.
Apa yang
dimaksud dengan hati munafik penuh kepura-puraan? Umpamanya hari ini saya
melafal Amituofo dan bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi di pikiranku
masih banyak bentuk-bentuk pikiran, masih banyak hal yang belum saya lepaskan.
Kalau begini, mana bisa terlahir ke Alam Sukhavati.
Seharusnya
melepaskan seluruh hal, baik duniawi maupun non duniawi, tetapi yang dimaksud
melepaskan kemelekatan itu bukan berarti menyuruh anda melepaskan tanggung
jawab dan tugas anda, tetapi melepaskannya di dalam hati dan pikiran, dalam
kenyataannya meskipun anda memiliki harta benda juga tidak ada kaitannya.
Berapa pun
banyaknya kekayaan dan usaha yang anda miliki, berapa pun tingginya kepintaran
yang anda miliki, pahala anda, namun janganlah taruh di hati. Buddha Dharma
membahas tentang hati dan bukan pada materi bendanya. Materi benda takkan
merintangi anda, namun bila ditaruh di pikiran maka ini akan jadi rintangan.
Umpamanya saya tidak memiliki apa-apa, tetapi setiap hari saya terus memikirkan
ingin ini dan ingin itu, pikiran begini merupakan rintangan.
Maka itu yang boleh
ditaruh di dalam pikiran, hanya lafalan Amituofo saja, selain Amituofo,
semuanya janganlah taruh di dalam hati dan pikiran, begini barulah betul. Bila
ditaruh di pikiran maka ini sudah salah, dengan menaruhnya di pikiran maka ini
akan menjadi rintangan, merintangi upayamu dalam usaha terlahir ke Alam
Sukhavati, kerugian ini terlampau besar.
Maka itu dalam
hidup keseharian, segala tugas boleh dijalankan, demi semua makhluk dan bukan
demi diri sendiri. Demi semua makhluk akan timbul perasaan sukacita, meskipun
mengalami kegagalan juga takkan timbul kerisauan, saya juga tidak mengalami
kerugian apa-apa, bukan demi diriku sendiri, setiap saat niat pikiran yang
timbul adalah demi para makhluk yang menderita.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Januari 2016
我們修淨土的人,最重要的是要用真實心,用真誠心才能往生,才能享受到實報土的待遇,用虛妄的心不行。什麼叫虛妄心?我今天念佛,我今天想求往生,我還有雜念,我還有很多放不下的,這不行。必須得世出世間法全放下,全放下不是事放下,是心放下,事沒有關係。你有再多的產業,再多的財富,再多的智慧、福報,心上沒有。佛法是講心不是講事,事上不障礙,心上障礙。我什麼都沒有,天天想有,這個想有就是障礙。所以要求的,是你的想,你的念頭,只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外,什麼都不要放在心上,這就對了。放在心上就錯了,放在心上就是障礙,障礙你不能往生,你的虧就吃大了。所以事情可以幹,為什麼?為眾生,不為自己。為眾生成了歡喜,不成也不會懊惱,我又沒損失,不為自己,念念為苦難眾生。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三O二集) 2016/1/18