Di
dalam Buddha Dharma, Pintu Dharma Pelafalan Amituofo merupakan yang paling
praktis dan mudah, tidak ada lagi yang lebih praktis dan mudah daripada yang
satu ini. Yakin, bertekad dan melafal Amituofo, baik melafal Namo Amituofo atau
Amituofo saja, mana ada lagi yang lebih gampang daripada ini?
Kuncinya
adalah anda dapat menggenggamnya dengan erat, agar lafalan Amituofo
berkesinambungan tak terputus, dengan demikian sudah berhasil. Hal yang harus
kita lakukan adalah membangkitkan keyakinan dan membulatkan tekad melafal
Amituofo, jangan sampai kelupaan melafal Amituofo.
Seringkali
melafal seringkali kelupaan, ini adalah karena munculnya rintangan karma dan
tabiat. Anda mungkin bertanya apa yang dimaksud dengan munculnya rintangan
karma dan tabiat? Yakni melupakan lafalan Amituofo, lalu pergi mengkhayal lagi.
Selain
lafalan Amituofo, segala jenis bentuk pikiran disebut sebagai khayalan. Khayalan
itu ada yang baik dan ada yang buruk, ini adalah karma, karma baik berbuah
dengan terlahir di tiga alam bajik, karma buruk berbuah dengan jatuh ke tiga
alam penderitaan, tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir, tidak bisa
terbebas dari penderitaan, ini harus dipahami dengan jelas.
Praktisi
yang tekun melatih diri, akan memberi tekanan pada diri sendiri, siang malam
takkan beristirahat, malam hari juga takkan tidur, melafal Amituofo hingga
fajar menyingsing, sepatah diikuti dengan sepatah saling sambung menyambung,
takut kelupaan.
Praktisi
begini memang ada dalam sepanjang sejarah, sekarang juga ada, mereka ini telah
meraih keberhasilan, benar-benar telah terlahir ke Alam Sukhavati, benar-benar
telah meninggalkan penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, menjadi teladan bagi
kita.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21
Januari 2016
佛法裡頭這個法門,真正至簡到至簡處,沒有比這個更簡單的。信、願、持名,就一句佛號,六字、四字都可以,還有哪一個比這個更容易的?關鍵就是你能夠掌握住,讓這句佛號不間斷,就成功了。我們要做的事情,信願持名,不要把持名忘掉了。常常念常常忘掉,這就是業障習氣現前。你要問什麼是業障習氣現前?把佛號丟掉了,又去打妄想去了。除了佛號之外,任何的思想都是妄想。妄想裡頭有善有惡,那是業,善業感三善道,惡業感三惡道,出不了六道輪迴,離不了究竟苦,這要認識清楚。真正用功的人,逼著自己,日夜不休息,晚上不睡覺,念到通宵,一句跟著一句,怕丟掉。這樣的人有,歷朝歷代都有,現前也有,他們都有成就,真的往生了,真的離苦得樂,給我們做出榜樣。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三O四集) 2016/1/21
Saya
sendiri (Master Chin Kung) belajar Ajaran Buddha, tahun ini adalah tahun 2016,
saya belajar Ajaran Buddha sudah 65 tahun lamanya, memberi ceramah Dharma sudah
58 tahun lamanya. Selama bertahun-tahun ini, saya jadi memahami tujuan dan poin
penting dari Aliran Sukhavati, saya mampu menguasainya.
Saya
mampu menasehati insan lain, memiliki keyakinan hati untuk menasehati anda
sekalian, takkan mengelabui dirimu, takkan membiarkan dirimu salah jalan,
asalkan anda bersedia melangkah di Jalan ini, serupa dengan diriku, pasti akan
meraih keberhasilan.
Tidak
boleh ada keraguan, tidak boleh memilih-milih lagi, pergi mempelajari pintu
Dharma lainnya, ini sudah salah. Kita percaya pada insan suci dan bijak tempo
dulu yang mengajari kita Pintu Dharma ini, memilih Pintu Dharma ini,
“Menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan
dalam jangka panjang”.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21
Januari 2016
我自己學佛,今年是二O一六年,學佛六十五年,講經五十八年。我這這麼多年的體會到,真正能認清楚淨宗的宗旨、淨宗的綱要,我能夠掌握到。我能夠勸別人,有信心的勸導大家,不會欺騙你,不會讓你走錯路,你走這條路,跟我一樣,必定一生成就。不能懷疑,不能再去挑三挑四,再去搞別的法門,那就錯了。我們相信古聖先賢教給我這個法門,抉擇法門,「一門深入,長時薰修」。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三O四集) 2016/1/21
Apa
yang dimaksud dengan suci, setara dan tercerahkan? Melepaskan semua
kemelekatan, bahkan kemelekatan pada Buddha Dharma juga harus dilepaskan. Maka
itu bila anda mempelajari dua judul sutra sekaligus, maka ini merupakan
persoalan yang rumit, isi dari dua judul sutra tersebut saling bertentangan,
yang dibahas di dalamnya juga tidak sama, sehingga membuat dirimu jadi ragu,
keraguan merupakan kekotoran batin, juga merupakan rintangan.
Hal
ini tidak boleh tidak dipahami, erat kaitannya dengan usaha kita untuk terlahir
ke Alam Sukhavati, keluar dari enam alam tumimbal lahir.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21
Januari 2016
什麼叫清淨平等覺?萬緣放下,連佛法也放下,才行。所以,你同時學兩部經就麻煩了,兩部經矛盾的,說的不一樣的,反而引起你的疑惑,疑就是煩惱、就是障礙,根本無明。這不能不懂、不能不清楚,關係我們這一生能不能往生,能不能出離六道輪迴,關係可大了。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三O四集) 2016/1/21