Selasa, 08 Maret 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Pebruari 2016


Di dalam Amitayurdhyana Sutra disebutkan bahwa pelaku Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan, yang sepatutnya jatuh ke alam rendah, orang-orang begini, saat menjelang ajalnya, bertemu kalyanamitra, menasehatinya agar melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, lalu dia menerimanya, setelah melafal beberapa kali kemudian, baik 2 kali atau 10 kali, dia berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.  

Setelah terlahir di Alam Sukhavati, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika, sepatah Amituofo ini amat penting sekali, Bodhisattva Avaivartika amatlah istimewa, merupakan Bodhisattva tingkatan ke berapa? Yakni Bodhisattva Dharmakaya (calon Buddha), Bodhisattva yang telah menemukan kembali jiwa sejatinya, yang telah mencapai penerangan sempurna, inilah yang dimaksud dengan Bodhisattva Avaivartika.    

Sebagian praktisi (yang melatih metode lainnya) jika ingin mencapai tingkatan Bodhisattva Avaivartika, sutra memberitahukan pada kita, memerlukan waktu selama kalpa yang tak terhingga, waktunya terlampau panjang, kita tidak dapat membayangkannya; bertemu dengan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, jadi begitu cepat, dalam satu kehidupan ini juga anda telah meraih keberhasilan. Hal yang mustahil dilakukan oleh sebagian praktisi, bagi dirimu adalah menjadi hal yang bisa diwujudkan, begitu langka dan begitu sulit pula diperoleh!  

Maka itu kita harus menghargainya, benar-benar dapat memahami dengan jelas akan sepatah Amituofo ini, setelah menerimanya, seluruh Dharma jadi sempurna. Ajaran yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni selama 49 tahun, adalah mengharapkan diri kita untuk mencapai kesempurnaan.

Bukan hanya itu, seperti yang disebutkan di dalam sutra, pintu Dharma tak terhingga yang dilatih, dicapai, dibuktikan, disebarluaskan oleh semua Buddha dari tiga masa di sepuluh penjuru, adalah tercakup di dalam sepatah Amituofo ini, tidak ada satupun yang ketinggalan, anda telah mendapatkan keseluruhannya.

Bila ditinjau dari sisi praktisnya, melafal sepatah Amituofo merupakan yang paling pintas. Sepanjang hidup kita, kapankah saat yang paling menderita? Yakni saat menjelang ajal merupakan waktu yang paling menderita, beragam siksaan saling bermunculan. Selain menggunakan metode pelafalan Amituofo, maka metode lainnya adalah sulit. Melafal mantra, dia tidak berhasil menguasainya; membaca sutra, isi sutra terlalu panjang, sementara itu dia sudah tidak punya waktu lagi.

Maka itu, selain sepatah Amituofo ini, seluruh metode yang lainnya bagi dirinya adalah begitu sulit, dia tidak berhasil melakukannya.     

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Pebruari 2016

《觀經》裡面所說的,五逆十惡,應墮惡道,是這樣的人,臨命終時,遇到善知識,勸他念佛求生淨土,他就接受了,念了一聲、兩聲、十聲,真往生了。生到極樂世界,皆作阿惟越致菩薩,這一句話重要,阿惟越致可了不起,是什麼地位的菩薩?法身菩薩,是明心見性,是大徹大悟、明心見性的菩薩,叫阿惟越致。一般人要修到阿惟越致,經上告訴我們,無量劫,時間太長了,我們不能想像;遇到這個法門,太快了!你在這一生就成就了。一般人不可能的事情,對你變成了可能,這多麼稀有、多麼難得!
所以我們要珍惜,真正把這句話搞清楚、搞明白,接受了,一切法都圓滿了。釋迦牟尼佛四十九年所說、所傳的、所期望我們的,究竟圓滿。不但如此,即是如經上所說的,十方三世一切諸佛如來,所修、所得、所證、所傳的無量法門,也在這一句佛號當中,沒有欠缺,你都得到了。所以說究竟方便,稱佛本懷,捷徑當中的捷徑,念老底下說了一句話,「誠為萬古不移之論」,一切諸佛都是這個說法。為什麼?因人臨終,我們這一生受苦,什麼時候是最苦的時候?臨命終的時候,這時最苦,萬苦交迫。除持名之外,其他的都難。念咒,他學不會;念經,經文很長,他沒時間了。所以,除這一句阿彌陀佛名號之外,其他的一切行門,對他來說都非常困難,他做不到。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三一五集)  2016/2/29

  



 
  
Sepatah Amituofo dapat menghapus 8 miliar kalpa karma buruk samsara. Bila anda melafalnya sebanyak 10 kali, lalu menghembuskan nafas terakhir, maka dapat menghapus 80 miliar kalpa karma buruk samsara. Ini adalah jasa kebajikan dari melafal Amituofo, ini adalah manfaat dari melafal Amituofo, sehingga dapat terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan, saat meninggal dunia juga tanpa penderitaan.

Saat menjelang ajal, pasien akan melihat cahaya keemasan yang cemerlang di hadapannya, Buddha Amitabha datang menjemputnya terlahir ke Alam Sukhavati.

Saat menjelang ajal tidak mungkin lagi melakukan visualisasi, oleh karena penderitaan hebat yang menderanya, tetapi apabila mengajarinya melafal Amituofo maka dia bisa melakukannya, menuntunnya melafal Amituofo, baguslah, ini disebut dengan Zhu Nian (membantu pasien melafal Amituofo).

Maka itu dapat melafal sepatah Amituofo merupakan metode yang paling mudah. Membangkitkan keyakinan dan membulatkan tekad melafal Amituofo, tiada lagi yang lebih mudah, juga tidak ada lagi yang lebih aman dan terpercaya.

Pada saat menjelang ajal, niat pikiran yang terakhir, kita harus menggunakan metode ini, metode ini bagus sekali!      

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Pebruari 2016


每一念,這一聲佛號,「除八十億劫生死之罪」。你念了十聲佛號,嚥氣了,那就除八百億劫生死之罪。這就是念佛功德,這就是念佛的好處,所以能順利往生,往生沒有痛苦。「命終之時」,這個人往生了,「見金蓮花,猶如日輪」,日輪什麼意思?放光,金色金光。「住其人前」,這個臨終的人他看到了,就在他前面,阿彌陀佛接引他往生,你看「即得往生極樂世界」。念老這段文字當中,引經據典,不是隨便說的,是釋迦牟尼佛所說的。
「經云臨終不能觀佛,但仍能念佛名號,是顯持名之法,實為至易也。」臨終時候觀想不行,他不能作觀,痛苦逼迫著他,教他念佛,行,帶他念佛,好,這叫助念。所以能念佛名號,是顯持名之法,實為至易。信願持名這四個字,沒有比這個更容易的,沒有比這個更穩當的,沒有比這個更簡單的。這個時候,臨命終最後一念,我們要用這個方法,這個方法太好了!

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三一五集)  2016/2/29





 
  
Saat  menjelang ajal lebih mudah adalah melafal Amituofo, sehingga terlahir ke Alam Sukhavati, merupakan Pintu Dharma yang aman dan terpercaya, sedangkan pintu Dharma lainnya tidak bisa diandalkan, lain halnya dengan Pintu Dharma ini adalah aman dan terpercaya.

Setiap lafalannya mampu menghapus 8 miliar karma buruk samsara, sehingga dalam waktu singkat anda telah berhasil. Meskipun insan yang melakukan Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan, saat menjelang ajal melafal Amituofo sepuluh kali juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati, orang awam yang membawa serta karmanya terlahir ke Alam Sukhavati, menjadi calon Buddha, merupakan yang paling sempurna.  

Begitu sempurnanya, hasil pencapaianmu juga bukanlah kecil, tetapi keberhasilan yang anda raih adalah sedemikian besarnya, bagaimana besarnya keberhasilan yang anda raih tersebut? Sebagian orang takkan berani mempercayainya.

Pada saat begini, menasehati anda supaya mendengar perkataan Buddha, jangan pula sebaliknya mendengar kata sebagian orang, oleh karena kebijaksanaan, kemampuan, rupa, dan semua yang dimiliki manusia, mana mungkin bisa dibandingkan dengan Buddha. Kita seharusnya mendengar ucapan Buddha, kenapa pula masih mendengar ucapan sebagian orang?

Ini merupakan titik kritis, jadi tidak boleh ada kesalahan, begitu ada satu yang salah, maka semuanya akan jadi salah, anda akan kembali berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir.

Begitu jatuh ke alam rendah, Buddha membabarkan pada kita di dalam sutra, anda bertumimbal lahir di tiga alam penderitaan, berapa lama waktunya? Lima ribu kalpa. Takut tidak?

Anda telah melewatkan kesempatan yang begitu berharga, niat pikiran terakhir saat menghembuskan nafas terakhir, ternyata bukan melafal Amituofo, tetapi malah rintangan karma muncul, hanya sesaat begini sudah menunda waktu selama lima ribu kalpa, barulah anda bersua lagi dengan Buddha Dharma, terlahir kembali sebagai manusia dan bertemu dengan Buddha Dharma.

Maka itu jangan sampai kesempatan jadi terlewatkan sia-sia!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Pebruari 2016

「臨終易念」,容易念,「因得往生,是為至穩也」,穩當,別的法門靠不住,這個法門穩當。「於念念中,除八十億劫生死之罪。是為至頓也」,頓是頓超,很短的時間你就成功了。「五逆十惡之人,臨終十念即得往生,帶業凡夫,頓齊補處,是為至圓。」圓滿到極處,你不是小成就,你是大成就,大到什麼程度?讓一般人不敢想像,讓一般人不能相信。這個時候,勸你一定要信佛,不能信一般人,一般人智慧、德能、相好,一切的一切都不能跟佛相比。我們聽佛的話,還是聽一般人的話?這是關鍵的所在,這個地方不能錯,一錯那就完全錯了,你就又在六道裡頭搞輪迴了。這一墮惡道,佛在經上告訴我們,你在三途,三途裡頭輪迴,多少次?多長的時間?五千劫。你怕不怕?你這一錯了,臨終一念,最後一念不是念佛,是業障現前,這一下就要耽誤五千劫的時間,你才能再遇到佛法,得人身遇佛法,這還得了嗎?決定不能錯了!

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三一五集)  2016/2/29





Mereka yang melakukan Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan, saat menjelang ajal melafal Amituofo sepuluh kali atau cuma sekali saja juga dapat terlahir di Alam Sukhavati, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika, ini merupakan Bodhisattva Calon Buddha.

Ini bukanlah hasil pelatihan diri anda, bila anda ingin mengandalkan diri sendiri untuk melatihnya, maka dibutuhkan waktu kalpa yang tak terhingga, jadi ini bukanlah hasil pelatihan dirimu, bagaimana bisa memperolehnya? 48 tekad agung Buddha Amitabha yang memberkati dirimu, sehingga anda memperolehnya.

Maka itu, anda masih merupakan orang awam yang membawa serta karmanya terlahir ke Alam Sukhavati, terlahir pada Bunga Lotus tingkatan paling bawah, tetapi kebijaksanaan, kemampuan gaib, kekuatan dan segala keistimewaan yang anda nikmati adalah serupa dengan Bodhisattva Calon Buddha, inilah yang disebut dengan hanya dalam waktu sekejab mata sudah menjadi Calon Buddha.

Tidak ada orang yang mempercayainya, di dunia ini mana ada hal yang begitu gampang dan amat menguntungkan sekali? Kenyataannya memang ada. Siapa yang bisa mendapatkannya? Orang yang yakin dan serius mengamalkannya, yakni tiga bekal : keyakinan, bertekad dan mengamalkan.

Maka itu saya sendiri setelah melewati usia 85 tahun, bertekad bahwa sepanjang hidupku hanya menceramahkan Sutra Usia Tanpa Batas. Mengapa demikian? Oleh karena sutra ini merupakan sutra maha sempurna, seluruh sutra yang dibabarkan oleh semua Buddha dari tiga masa di sepuluh penjuru, juga tercakup di dalam satu sutra ini. Bila diringkaskan intinya adalah sepatah Amituofo.  

Setelah memahaminya dengan jelas, jangan menempuh jalan berliku-liku lagi, jangan membelok lagi, hanya menempuh jalan yang lurus dan lapang,  langsung tiba di tujuan. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Pebruari 2016

五逆十惡,臨命終時十念、一念就能往生,往生到極樂世界,皆作阿惟越致菩薩,這就是頓齊補處。補處是什麼?等覺菩薩。不是你修的,你要修成要經無量劫,這不是你修的,怎麼得來的?阿彌陀佛四十八願加持你,讓你得到。所以,你還是帶業凡夫,生凡聖同居土下下品往生,可是你到極樂世界的享受,你的智慧、神通、道力,一切享受跟等覺菩薩平等,這叫頓齊補處。沒人相信,天下哪有這麼便宜的事情?真有。誰得到了?相信的人得到了,真幹的人得到了,就是一個信、一個願,願就真幹,信,不懷疑,真成就了。
所以我在八十五歲以後我發了願,我這一生講經,就講這一部經。為什麼?這部經是大圓滿經,釋迦牟尼佛當年在世四十九年所說的一切經,再推而廣之,十方三世一切如來所說的一切經,都在這裡,這一部就是。再濃縮,一句佛號,一句阿彌陀佛就是。真搞清楚、搞明白了,不再拐彎抹角,一直下去就到了,非常快速。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三一五集)  2016/2/29





 


Buat apa kita melafal Amituofo? Yakni untuk terlahir di Alam Sukhavati, mendekati dan belajar pada Buddha Amitabha, hadirin sekalian, cobalah pikirkan, adakah kalyanamitra lainnya yang dapat sebanding dengan Buddha Amitabha? Guru yang begitu baik ini, anda malah tidak mau, kalau begini sudah salah.

Hendaknya melepaskan segala kemelekatan! Janganlah mengejar ketenaran dan keuntungan, jangan mendambakan segala kenikmatan, seorang praktisi hendaknya menjalani kehidupan yang bersahaja, asalkan setiap hari dapat makan dengan kenyang, mengenakan pakaian hangat dan sebuah rumah mungil yang dapat melindungi diri dari terpaan angin dan hujan, setelah itu hendaknya membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, bertekad telahir ke Alam Sukhavati, begini barulah betul, harus serius mengamalkannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Pebruari 2016

我們念佛求什麼?就是求西方極樂世界,就是求親近阿彌陀佛,諸位想一想,還有哪一位善知識能跟阿彌陀佛相比?這樣好的老師你不要,你錯了。要放下!不要爭名逐利,不貪圖享受,修行人很簡單,只要每天吃得飽、穿得暖,有個小房子可以遮蔽風雨,老實念佛,求生淨土,對了,要真幹。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三一五集)  2016/2/29




Terhadap manusia, urusan dan makhluk lainnya (makhluk hidup dan benda mati), dalam keseharian kita senantiasa menggunakan hati yang sesungguhnya, apa yang dimaksud sebagai hati yang sesungguhnya? Membangkitkan keyakinan dan membulatkan tekad melafal Amituofo adalah hati yang sesungguhnya.

Lantas bagaimana pula apabila lafalan Amituofo terputus? Lafalan yang terputus disebut sebagai hati khayal, mengapa demikian? Mengkhayal.

Tak peduli niat pikiran apapun tetap disebut sebagai khayalan, apakah saya boleh melafal Namo Sakyamuni Buddhaya? Tidak boleh, Buddha Sakyamuni tidak mengajari kita metode begini.

Lantas apakah saya boleh melafal Namo Bhaisajyaguru Buddhaya? Tidak boleh. Kalian merasa diri kalian lebih hebat daripada diriku, kalian berani melakukannya, sedangkan saya tidak berani. Kalian menganggap usia kalian masih panjang, sedangkan saya telah berusia 90 tahun, lansia usia 90 tahun setiap niat pikirannya hanya membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, waktuku di dunia ini sudah tidak lama lagi, setiap saat bisa saja pergi buat selama-lamanya.

Janganlah menganggap bahwa usia 90 tahun, 90 masih ada 100, 100 masih ada 110, masih ada 120, ini adalah lelucon, sungguh setiap saat bisa saja pergi buat selama-lamanya. Maka itu dalam keseharian selalu menempatkan hari ini sebagai hari terakhirku, tiada satupun yang dapat saya bawa pergi, jadi buat apa lagi mendambakannya?

Lalu mendesak diri sendiri, oleh karena tidak ada orang lain yang sudi mendesak diriku, sehingga saya sendiri yang harus memaksa diri sendiri, harus serius melafal Amituofo. Orang lain memberi pujian gombal bahwa ini adalah usia tanpa batas, namun sesungguhnya ini adalah palsu, jangan sampai ditipu oleh sanjungannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Pebruari 2016

對人、對事、對物,自己日常生活用真心,什麼是真心?信願持名是真心。佛號斷了呢?斷了就是妄心,為什麼?打妄想了。不管什麼念頭都是妄想,我念本師釋迦牟尼佛行不行?不行,佛沒教我們這麼念法。我念藥師如來行不行?不行。前面有說,說得很好,有行的,我不行;你們有行,你們的本事比我大,你們敢做,我不敢做。你們認為你們的時間還長,我這個九十歲的人了,九十歲的人是念念都想到求生淨土,在這個世間不長了,不定什麼時候走了。不要以為,九十還有一百、還有一百一十、還有一百二十,那是說開玩笑的話,那不是真的,真的是隨時可以走。所以每一天都把今天當作我最後的一天,我一樣都帶不走,還想要什麼?要逼自己,沒有人逼我,我得自己逼自己,要真幹。別人恭維說那個無量壽什麼,那是假的,不要被這個欺騙了。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三一五集)  2016/2/29





 

Membangkitkan keyakinan dan membulatkan tekad melafal Amituofo, satu lafalan diikuti dengan lafalan lainnya, saling sambung menyambung tak terputus. Ini amat penting, mengubah apa yang asing bagi kita menjadi akrab dengan diri kita, sebaliknya, apa yang selama ini sudah melekat akrab dengan diri kita harus diubah menjadi asing. Tentunya bukan gampang untuk melakukannya.

Hal apa yang sudah akrab dengan kita, tak lain adalah khayalan dan bentuk-bentuk pikiran, sedangkan yang asing bagi kita adalah lafalan Amituofo, kita berupaya melafal berkesinambungan tak terputus, namun selalu saja terputus, ini adalah asing, jadi harus ditukar.

Marilah kita menjadikan melafal Amituofo itu sebagai hal yang melekat dan akrab bagi diri kita, selain waktu tidur dan makan, lafalan Amituofo boleh terputus, tetapi habis makan dan tidur, segeralah melanjutkan kembali melafal Amituofo, begini baru bisa efektif. Jadi janganlah menganggapnya sebagai mainan anak-anak, sebaliknya harus benar-benar serius melakukannya.

Maka itu bila kita bertanya, apa yang dimaksud sebagai jalan benar? Yakni dari sekian banyak pintu Dharma, kita hanya memilih satu saja yaitu Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, inilah yang disebut sebagai jalan benar, sedangkan apabila tidak melafal Amituofo disebut sebagai jalan sesat.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Pebruari 2016

信願持名,這個佛號一句接著一句、一句接著一句,這個重要,一定要把,前面說過,生處變成熟處,熟處變成生處。這個話說得容易,做起來不容易。我們的熟處就是妄想、就是雜念、就是分別執著,生處就是這句佛號,怎麼老念老斷、老念老丟,這是生處,不熟,把它對換一下。讓我們念佛熟處,真的,除了睡覺之外,睡覺、吃飯你佛號中斷,吃完了、睡醒了佛號就起來,這才管用。絕不能兒戲,要幹真的。所以我們要問,什麼叫正行?一切皆從真實心中作,什麼是正行說法很多,我們現在統統都丟掉,就取一法,念阿彌陀佛,就是正行;阿彌陀佛丟掉就是邪行,就是偏邪,肯定這一句。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三一五集)  2016/2/29


   

 
  
Membaca sutra, tak peduli sutra manapun juga, anda pilihlah satu judul saja, menfokuskan pikiran pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, hanya pada satu judul sutra saja, tidak memahami maknanya juga tidak masalah, jangan mengejar ingin tahu maknanya, juga tidak mengejar untuk memahaminya, asalkan tidak silap membacanya, tidak ada huruf yang ketinggalan.

Setelah membacanya seribu kali, makna sutra akan dipahami dengan sendirinya, anda akan bisa memahami artinya, ini adalah pencerahan kecil, pencerahan kecil ini amat berguna; lalu baca lagi seribu kali, pencerahan menengah; lalu baca lagi seribu kali, pencerahan besar; hingga empat ribu kali, lima ribu kali, pencerahan sempurna.

Tetapi syaratnya, harus menggunakan Bodhicitta, apabila tidak menggunakan Bodhicitta, maka ini tidak bisa. Di dalam Bodhicitta ada keyakinan dan tekad, tetapi tidak ada pengamalan, jadi tidak melafal Amituofo. 

Aliran Mahayana terbagi 8 sekte, semua sekte ini boleh dipelajari, jasa kebajikan dari melatih pintu Dharma ini lalu dilimpahkan untuk bertekad lahir ke Alam Sukhavati, inilah yang disebut dengan hanya memiliki keyakinan dan tekad saja, namun juga bisa terlahir ke Alam Sukhavati.

Tetapi apabila anda bertanya pada saya, maka saya akan menjawab “Sutra Usia Tanpa Batas” yang bagus, jalan benar, terjalin. Sutra dan sastra lainnya, kita belajar saja setelah sampai di Alam Sukhavati nanti, jadi bukannya tidak mau dipelajari, saya juga ingin belajar semuanya, tapi apa daya, kehidupan ini begitu singkat, sampai di Alam Sukhavati memiliki usia tanpa batas, perlahan-lahan belajarnya, pasti berhasil dikuasai semuanya.

Cara ini amat bagus! Kita mengetahui cara ini maka itu tidak boleh dilewatkan sia-sia.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Pebruari 2016


讀經,無論哪部經,你選一種,一門深入,就讀這一部經,不懂沒有關係,不要求懂,不求解,只念得沒錯,字沒念錯,句子沒念漏掉。讀上一千遍,其義自見,這部經的意思你會明白了,小悟,小悟也很管用;再念一千遍,中悟;再念一千遍,大悟;再念上個四千遍、五千遍,大徹大悟。可是條件,要用菩提心,不用菩提心不行。菩提心,有信有願,沒有行,不念阿彌陀佛。大乘八個宗派,除淨土宗,其他七個宗派都可以修,如果把修行的功德,迴向求生淨土,就是有信有願,能生,前面說過。但是你要問我,我覺得還是《無量壽經》好,正行,相應。其他的經論咱到極樂世界再修,不是不想修,我什麼都想學,可是我的壽命很短,我到極樂世界求無量壽,有無量壽,慢慢學,樣樣都學得成功。這個方法好!這個方法我們接觸到了,不能放過。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三一五集)  2016/2/29

  


 

Tak peduli anda melafal Amituofo keluar suara atau melafalnya di dalam hati, juga boleh. Anda mau melafal Namo Amituofo atau Amituofo saja, juga boleh. Tidak masalah, asalkan lafalan Amituofo tidak terputus, maka ini sudah betul. Sampai ketika lafalan Amituofo sudah tidak terputus, maka meskipun anda tidak mempedulikannya, namun lafalan Amituofo juga takkan terputus, karena sudah melekat dan akrab pada dirimu.

Serupa dengan saat sekarang ini, kita orang awam bermunculan bentuk-bentuk pikiran, khayalan, membeda-bedakan, melekat, tak terputus, setiap saat juga bermunculan, sementara itu lafalan Amituofo malah sering-sering terputus, ini tidak boleh. Tukarlah kedua hal ini, supaya lafalan Amituofo yang tak terputus. 

Setelah ketrampilan diri jadi efektif, maka menuju pada Samadhi Pelafalan Amituofo, yakni berupaya agar  khayalan dan bentuk-bentuk pikiran sudah tidak ada lagi, yakni tetap dengan sepatah Amituofo ini. Selain sepatah Amituofo ini, takkan lagi timbul niat pikiran, takkan membeda-bedakan dan melekat, melepaskan baik Dharma non duniawi (Buddha Dharma) dan Dharma duniawi (hal-hal yang bersifat duniawi), inilah yang disebut dengan Samadhi Pelafalan Amituofo.

Samadhi Pelafalan Amituofo membantumu agar mencapai “Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan”, sehingga anda jadi sempurna, lantas bagaimana dengan ajaran sutra? Semua ajaran sutra bisa dipahami dengan sendirinya, meskipun tanpa guru, satu Pintu Dharma ini telah bisa dikuasai secara keseluruhan. Selain Pintu Dharma Tanah Suci, semua pintu Dharma terkait juga bisa dipahami.

Metode melatih diri Buddha Dharma adalah berbeda dengan Dharma duniawi, apabila menggunakan cara yang digunakan Dharma duniawi untuk mempelajari Buddha Dharma, menjadikan Buddha Dharma sebagai Dharma duniawi, ini sudah salah, ini adalah salah menafsirkan ajaran, membawa Buddha Dharma ke jalan menyimpang, membawa ke jalan sesat, menjauhkannya dari Jalan Kebenaran, ini sudah salah.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Pebruari 2016

無論你是出聲念、不出聲念都可以,你念六個字、四字也可以,都沒有關係,只要佛號不斷,這就對了。真正到不斷,你不注意它、不理睬它,統統都不斷,熟了。像我們現在凡夫起煩惱一樣,妄想、分別、執著不斷,隨時起來,佛號常常斷掉,這就不行。把它調換一下,讓佛號不間斷,
功夫得力之後,就求念佛三昧,念佛三昧就是求這妄想、雜念沒有了,就是一句阿彌陀佛。除阿彌陀佛之外,沒有起心動念,沒有分別執著,世出世間一切法全放下,這叫念佛三昧。念佛三昧幫助你功夫成片,幫助你事一心不亂,幫助你理一心不亂,你就圓滿成就了。經教呢?經教不學,通了,無師自通。念到理一心不亂,全通了,念到事一心不亂,局部通了,不能完全通,我這一個宗通了。淨土宗沒有問題了,跟淨土宗有關聯的也通了,觸類旁通。佛法修學跟世法不一樣,用世法的方法學佛法,把佛法變成世間法,這錯了,這是誤導,把佛法帶上偏道,帶上邪道,偏離正道,這個錯誤的。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三一五集)  2016/2/29