Sutra
menyebutkan bahwa ada tiga jenis manfaat dari terlahir ke Alam Sukhavati, yakni
:
1.
Saat
menjelang ajal Buddha Amitabha muncul di hadapanmu, anda akan melihat Buddha
datang menjemputmu.
2.
Mengikuti
tubuh jelmaan Buddha Amitabha dan terlahir ke Alam Sukhavati, tangan Buddha
menggenggam sekuntum Bunga Lotus, Bunga Lotus ini terwujud dari jasa
kebajikanmu melafal Amituofo. Semakin banyak anda melafal Amituofo maka Bunga
Lotus tersebut kian besar, cahayanya juga kian cemerlang. Jadi ketrampilan
melafal Amituofo ini mempengaruhi besar kecilnya dan kecemerlangan cahaya Bunga
Lotus.
Benda ini
merupakan hal yang bagus, pantas buat kita berupaya untuk mendapatkannya.
Segala ketenaran dan keuntungan di dunia ini patut dilepaskan, oleh karena
tidak bisa dibawa pergi, tidak ada satupun yang dapat dibawa pergi, ini adalah
rintangan karma. Rintangan karma haruslah dilepaskan, Amituofo harus dilafal,
barulah dapat mengikuti tubuh jelmaan Buddha Amitabha terlahir ke Alam
Sukhavati, di atas permukaan Kolam Tujuh Mustika, Bunga Lotus mekar bertemu
dengan Buddha Amitabha. Ini disebut dengan terlahir di Alam Sukhavati dengan
cara menjelma melalui Bunga Lotus.
Saat bunga mekar,
rupamu akan serupa dengan Buddha Amitabha, Alam Sukhavati merupakan dunia penuh
dengan kesetaraan.
3.
Memiliki
kebijaksanaan yang gigih tanpa gentar, kemampuan gaib yang bebas tanpa
rintangan. Kebijaksanaan yang anda miliki adalah serupa sempurnanya dengan
Buddha. Kemampuan gaib yang dimiliki adalah mengalir keluar dari hati yang suci
dan setara, maka itu hati kita haruslah senantiasa suci dan setara barulah
mampu membangkitkan kemampuan gaib.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Maret 2016
「往生果德」,這不是因地上修的,果地上的報德。經上給我們說了三樁事情,第一個,「臨終佛現」,這是往生的果德,臨終的時候阿彌陀佛現身,你會看到來接引你往生。第二個,「隨佛化生」,佛手上拿的蓮花,那個蓮花就是你念佛功德成就的。你念的佛號愈多,這個蓮花就愈大,光色就愈好。念佛功夫的淺深,關係蓮花的大小、蓮花的光色。這個東西好,這是值得追求的。世間功名富貴統統放下,為什麼?那個帶不走的,一樣都帶不走,那叫業障。業障要放下,佛號要提起,才能隨佛化生,跟著佛到極樂世界,在七寶池中花開見佛,化生。那個時候花開,你的身相跟阿彌陀佛一樣,極樂世界是平等的世界。第三個好處,都是果德,「智德自在」。「智慧勇猛,神通自在」,你看這八個字。智慧現前,什麼樣的智慧?跟佛同樣的智慧圓滿現前,中國佛教裡面所說的大徹大悟、明心見性,自性般若智慧流露出來了。神通,神通是從自性裡面流露出來的,是從清淨平等心裡頭出來的,所以我們的心要清淨、要平等,就能發神通。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三一六集) 2016/3/4
Sutra
menyebutkan dengan maitri karunaNya memberkati sehingga hati praktisi jadi tak
tergoyahkan, ini merupakan esensi dari Aliran Sukhavati. Oleh karena
pemberkatan kekuatan Buddha sehingga hati praktisi mulai tidak goyah. Sehingga
kemudian melanjutkan melafal Amituofo berkesinambungan, berhasil terlahir di
Alam Sukhavati, maka itu Pintu Dharma Tanah Suci disebut sebagai Pintu Dharma
yang mengandalkan kekuatan Buddha, merupakan jalan yang mudah diamalkan,
merupakan Bahtera Maitri yang mengangkut semua makhluk dengan setara, di
sinilah letak sisi universalnya.
Beberapa kalimat
sutra di atas telah menghapus keraguan kita hingga tuntas. Praktisi pelafal
Amituofo masa kini, bila kita bertanya apakah anda yakin pasti berhasil
terlahir ke Alam Sukhavati? Semuanya akan menggelengkan kepala, tidak ada yang berani
memastikannya.
Tetapi setelah
membaca kalimat sutra di atas, keraguan pun jadi lenyap, ketika anda ditanya
apakah kini anda yakin pasti bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati? Ya, saya
yakin pasti bisa.
Darimana datangnya
keyakinan anda itu? Yakni saat menjelang ajal, Buddha Amitabha akan bermaitri
karuna memberi pemberkatan, sehingga hati praktisi takkan goyah, dengan
mengandalkan satu kalimat sutra ini, kalimat sutra ini merupakan bukti bahwa
kita pasti bisa terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Maret 2016
「經中,慈悲加祐、令心不亂,是為淨宗之心髓。因佛力加被,行人心始不亂」,這個心你才開始不亂,是得佛力加的。「於是十念相續,便得往生。故稱淨土為果教,是他力法門,是易行道,是普被萬類之慈航,均在是也」。這幾句話讓我們斷盡疑惑了。現在念佛人,我們問一問,你往生有把握嗎?問一百個,一百個都搖頭;問一千個,一千個都搖頭,沒有把握。讀了這個經文,疑心斷了,問你有沒有把握?有。你這個把握從哪裡來的?臨命終時,阿彌陀佛慈悲加祐,令心不亂,就憑這個經文,這個經文就是我們往生的憑證。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三一六集) 2016/3/4
Master Ou Yi
mengatakan bahwa berhasil atau tidaknya seseorang terlahir ke Alam Sukhavati
adalah tergantung pada ada atau tidaknya keyakinan dan tekad, bila keyakinan
dan tekad dimiliki maka pasti terlahir ke Alam Sukhavati.
Sedangkan
tingkatan Bunga Teratai yang dicapai adalah tergantung pada kedalaman
ketrampilan melafal Amituofo yang dimiliki, ini merupakan faktor sekunder, jadi
bukan faktor primer. Faktor primer adalah harus dapat terlahir ke Alam
Sukhavati, ini merupakan yang paling penting.
Setelah sampai
di Alam Sukhavati, maka akan ada pembagian tingkatan kelas seperti di sekolah,
meskipun ditempatkan ke dalam kelas tingkatan ke berapa juga tak masalah, oleh
karena duduk di kelas berapa pun, pada akhirnya juga pasti berhasil mencapai
KeBuddhaan.
Maka itu hal ini
tidak perlu diperebutkan dengan orang lain, praktisi pelafal Amituofo harus
sanggup mengamalkan “Terhadap orang lain takkan ada persaingan, terhadap dunia
ini takkan mendambakan”.
Kita meneladani
Master Lian Chi, Master Ou Yi, setelah terlahir ke Alam Sukhavati, bisa
mencapai Bunga Lotus tingkatan ke berapa, barulah membuat hati kita jadi puas?
Master Ou Yi menjawab : Bisa terlahir di Alam Sukhavati pada tingkatan Bunga
Lotus paling rendah, maka saya sudah berpuas hati. Ini harus kita teladani,
benar-benar harus melepaskan kemelekatan hingga tuntas.
Sampai di Alam
Sukhavati, kita belajar dari kelas pemula, Guru Pembimbing kita adalah Buddha
Amitabha, Buddha Amitabha yang langsung mengajari kita, kita belajar dari sisi
yang paling dasar, bagus!
Banyak pula yang
begitu sampai di Alam Sukhavati langsung duduk di kelas menengah, terhadap
mereka ini, kita memberi pujian dan membangkitkan perasaan sukacita, tetapi
kita tidak boleh meneladaninya, mengapa demikian?
Oleh karena dia
memiliki kemampuan untuk langsung duduk di kelas menengah, apabila kita
bersikeras menirunya, lalu malah tidak memiliki kesanggupan ini, sehingga malah
melewatkan kesempatan dengan sia-sia, bahkan kelas paling rendah saja tidak punya
kelayakan, maka kerugian yang diderita ini betapa besarnya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Maret 2016
蕅益大師說得沒錯,說的是真話,能不能往生全在信願之有無,有信有願就決定得生。往生到極樂世界,品位高下,那是念佛功夫的淺深,那是第二樁事情,不是第一樁,第一樁是要能夠往生,能真正的到極樂世界,這是最重要的。到極樂世界之後,分發我們在哪一班修學沒有關係,無論在哪個班級,最後都能證得究竟圓滿的佛果,這個好。所以這個事情可以不必與人爭,念佛人真正做到「於人無爭,於世無求」。我們學蓮池、學蕅益大師,往生到極樂世界,什麼樣的品位我們就滿意?蕅益大師說:凡聖同居土下下品往生我就滿意了。這是我們要學習的,我們徹底放下。我們到極樂世界,從小班、小小班學起,導師阿彌陀佛,阿彌陀佛親自來教授的,我們從最根本的地方學起,好!有很多人是插班進去的,不是沒有,我們對那些人讚歎歡喜,我們不能學他。為什麼?他有本事插班,我們要學他,插不進去,把機會丟掉了,連小小班一年級也沒有撈到,那個虧就吃大了。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三一六集) 2016/3/4
Kalimat
selanjutnya adalah “Menjelma melalui Bunga Teratai”. Di dunia saha kita ini ada
empat jenis kelahiran yakni kelahiran melalui kandungan, telur, kelembaban dan
menjelma.
Tetapi kelahiran
melalui menjelma di Alam Sukhavati adalah berbeda dengan yang ada di alam saha
ini, karena menjelma di alam saha adalah dikarenakan kekuatan karma, sedangkan
menjelma di Alam Sukhavati adalah terjadi secara alamiah.
Menjelma secara
alamiah takkan ada kekuatan karma, oleh karena pada saat itu, rintangan
karmanya telah tereliminasi. Kapan rintangan karmanya terhapus? Hanya dalam
waktu sekejab saja, yakni ketika dia meninggalkan alam manusia, melepaskan enam
alam tumimbal lahir, melepaskan Dasa Dharmadhatu, duduk di dalam Bunga Lotus,
Buddha Amitabha membawa Bunga Lotus ini sampai di Alam Sukhavati, lalu
meletaknya di Kolam Tujuh Mustika.
Proses ini
berlangsung hanya dalam waktu sekejab saja, kemudian bunga bermekar bertemu
Buddha, saat itu rintangan karmanya telah terhapus. Bila rintangan karma belum
tereliminasi maka bunga takkan bermekar, justru karena telah tereliminasi
sehingga bunga bermekar bertemu Buddha, karma buruk yang diperbuatnya sejak
kalpa yang tanpa awal, seluruhnya telah terhapus, tak peduli itu adalah karma baik
maupun buruk juga sudah lenyap.
Apabila karma
buruk tak terhapus maka tidak bisa keluar dari tiga alam rendah, demikian pula
bila karma baik tidak tereliminasi juga tidak bisa keluar dari tiga alam bajik,
maka itu seluruh karma baik dan buruk telah tereliminasi secara keseluruhan dan
tuntas.
Ini adalah
ketika berada di dalam Bunga Lotus, lamanya waktu anda berada di dalam Bunga
Lotus adalah hanya sekejab mata, dimulai dari kita berangkat dari alam ini menuju
Alam Sukhavati, melampaui sepuluh triliun alam para Buddha, sesampainya di Alam
Sukhavati, bunga mekar bertemu Buddha.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Maret 2016
我們看註解,『七寶華中,自然化生』,「此云自然化生者,表非胎卵濕化四生中之化生」。跟我們世界,我們講動物或者講生物,在這個世界出生,它是怎麼生的?有胎生、有卵生、有濕生、有化生,這個世界上有這四種。但是極樂世界的化生跟我們這裡不一樣,我們這個化生要具備條件,他的條件不具足,他不能化生。換句話說,具備條件就不是自然的,不是自然的是什麼?用佛的語言來說,業力,沒有離開業力。自然化生沒有業力,他的業這個時候都消掉了。什麼時候消掉的?就在這須臾間。須臾是很短的時間,是從我們這個地方,他離開人世間,放下六道輪迴、放下十法界,坐在蓮花裡頭,阿彌陀佛把這個蓮花帶到極樂世界,放在七寶池中。經過的時間不會很長,花開見佛,他業障消掉了。業障不消掉他花不開,花開見佛就業消了,無始劫以來造作的這些罪業統統沒有了,無論是惡業、善業都消了。惡業不消出不了三惡道,善業不消出不了三善道,善惡業統統都要消掉,都要消乾淨。這是在蓮花,你在蓮花裡頭這個時間不長,須臾之間,從我們這個世界到極樂世界,當中十萬億佛國土超過了,花開見佛。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三一六集) 2016/3/4
Di dalam Ajaran
Mahayana, yang terpenting adalah mengajari kita supaya tahu tentang kekosongan
(Sunyata), mengetahui adanya wujud (Rupa), apa itu kekosongan dan apa itu
wujud, ini adalah kebijaksanaan.
Kekosongan memiliki
makna yang amat mendalam, kita tidak berdaya memahaminya, jadi kekosongan itu
bukan berarti semuanya tidak ada lagi, ini adalah salah tafsir.
Kekosongan itu
bukanlah kosong, wujud itu juga bukanlah berwujud, ini sulit dipahami, bahkan
hingga akhirnya kosong dan wujud itu juga tidak ada, ini lebih sulit dipahami.
Bila disebutkan
bahwa ada “kekosongan” dan “wujud”, maka anda jadi melekat pada konsep, sepatutnya
jangan ada konsep ini, barulah anda memasuki jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan).
Apabila anda
melekat pada kekosongan maka ini sudah salah, bagaimana bisa anda mempunyai
konsep kekosongan? Konsep yang tanpa tulisan, konsep yang tanpa ucapan.
Mendengar
ceramah harus tahu cara mendengarnya, apa yang dimaksud tahu cara mendengar
tersebut? Yakni tidak melekat pada kata dan kalimat. Lantas apa yang harus saya
dengar? Yakni mendengar makna yang tersirat di dalam kata yang diucapkan,
inilah yang harus anda dengarkan.
Sebagian orang
yang mendengar ceramah, adalah mendengar apa yang anda ucapkan langsung,
padahal ini tidak berkaitan dengan jiwa sejati. Maka itu orang yang tahu cara membaca
sutra, takkan melekat pada tulisan dan kata-kata; orang yang tahu cara
mendengar ceramah takkan melekat pada ucapan.
Tidak melekat
pada rupa, darimana ketrampilan melatih diri berasal? Ketrampilan melatih diri
berasal dari kehidupan keseharian, mata memandang rupa, namun semua bentuk rupa
ini takkan merintangi dirimu.
Sementara diri
kita ini, begitu muncul niat pikiran langsung tersesat, setelah tersesat
jadilah saya suka, tidak suka, lebih lanjut lagi menjadi saya ingin
memilikinya, saya tidak ingin memilikinya, beragam bentuk pikiran pun
bermunculan. Inilah yang disebut sebagai menciptakan karma buruk.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Maret 2016
大乘教裡頭,最重要的是教我們知道空、知道有,什麼是空,什麼是有,這是智慧。空,意思很深,我們沒有辦法,我們認識的空,什麼都沒有叫空,不是的,那完全錯了。空而不空,有而非有,這就難了,連空跟有都沒有,這就難懂了,說空說有你有個概念,這概念都沒有,完全沒有空跟有的概念,你才能入自性。空是體,有是用,從體起用,你要執著有個空,錯了,你怎麼有個空的概念?沒有文字的概念,沒有言語的概念。聽經要會聽,會聽是什麼?不著言語相。我要聽什麼?聽你言語裡面所含的義理,聽這個。一般人所聽的,是你的言語裡頭所詮說的這些東西,與性德毫不相關。所以會聽的人、會看的人,看經,會看的人不著文字相;聽經,會聽的人不著言語音聲的相。不著相,功夫從哪來?功夫在日常生活當中,眼見色,這一切色法沒有障礙你,沒有干擾你。我們見色動心,動心就迷了,這起心動念就迷了,迷了之後就有我愛,我瞋恨,我喜歡、我不喜歡,再深一點,我想佔有、我不想佔有,所有的雜念都出來了。這是什麼?叫業障,這就造業。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三一六集) 2016/3/4