Minggu, 22 Mei 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2016


Apa gunanya ajaran insan suci dan bijak? Untuk mencapai masyarakat yang bahagia dan stabil. Dalam masyarakat akan ada banyak orang-orang baik, memberikan teladan yang baik, sehingga sebagian besar orang dapat melihat insan suci dan bijak, bergaul dengan insan mulia, takkan ada orang jahat, negara makmur dan kuat, dunia damai selalu. Ajaran insan suci dan bijak memiliki kharisma yang sedemikian kuatnya, setelah dipelajari, bagaimana mungkin anda takkan bahagia!

Lantas kenapa pula ada yang sudah belajar namun tak merasa bahagia, ini dikarenakan apa yang patut dia lepaskan tapi tidak dilepaskannya. Apa yang patut dilepaskan? Yakni ketenaran dan keuntungan, kedua hal ini tidak dilepaskan, maka itu meskipun sudah belajar, namun dia tetap tak bahagia. Dia cuma belajar tapi tidak menerapkannya, inilah kekurangannya.

Maka itu meskipun sudah belajar Ajaran Buddha, tapi masih juga menciptakan karma. Setiap niat pikiran, ucapan dan tindakan yang muncul, masih ada baik dan jahat, kebajikan berbuah dengan kelahiran di tiga alam bajik, kejahatan berbuah dengan jatuh ke tiga alam rendah, dia masih menciptakan karma.

Belajar Ajaran Buddha tapi tidak mengamalkan nasehat Buddha, bukankah ini disebut dengan menciptakan karma? Anda menjalani Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan, Enam Paramita serta Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhara, tetapi tidak sudi melepaskan ketenaran dan keuntungan, maka ini hanya menciptakan karma bajik, kelahiran mendatang menikmati pahala Alam Dewa dan Manusia, tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Apabila anda dapat melepaskan ketenaran dan keuntungan, barulah memperoleh kebahagiaan, malah lebih bahagia daripada anda menikmatinya! Ini adalah nyata adanya.

Maka itu kebahagiaan Konfusius dan muridnya, Yan Hui, merupakan kebahagiaan yang mengalir dari dalam jiwa sejati dan tidak ada kaitannya dengan kondisi luar, tidak ada kaitannya dengan Panca Kamah (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) ini harus dipahami.

Ajaran Mahayana menyebutkan bahwa kebahagiaan diperoleh dari dalam batin, kebahagiaan yang mengalir keluar dari dalam batin barulah merupakan kebahagiaan sejati, sedangkan kebahagiaan yang diperoleh di luar batin adalah semu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2016

學聖賢教育為的是什麼?快樂,為的是幸福,社會安定。社會上好人多,榜樣多,讓一般大眾看到的都是聖賢君子,接觸到的也都是君子之人,沒有小人,社會安穩,國家富強,天下太平。聖賢教育有這麼大的魅力,你學了,你怎麼會不快樂!

那些學這個的人還得不到快樂,他裡頭該放下的他沒放下。該放下是什麼?名聞利養,這個東西沒放下,所以他學了也不快樂。他雖然學,他沒有習,就缺這個。所以,雖然學聖賢教誨,依舊在造業。起心動念、言語造作,這有善有惡,善感三善道,惡感三惡道,他還在造業。我們學佛亦如是,學佛要不能落實佛的教誨,還不是在造業嗎?你修五戒十善、修六度十願,沒放下名聞利養,那叫善業,來生人天福報,不能往生。你能把這個東西統統放下,放下怎麼?放下快樂,比你擁有的更快樂!這真的,不是假的。所以孔顏之樂是從自性裡面流出來的快樂,與外面境界不相干,外面五欲,財色名食睡不相干,這個要懂。大乘教說得好,從內心裡面求,從內心裡面流出來的真樂,是真的,心外的法都是假的。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三三一集)  2016/5/12
  

  

 

Praktisi yang belajar Ajaran Mahayana, hatinya berdiam dalam Mahayana. Apa yang dimaksud dengan Mahayana? Kebijaksanaan tak terhingga, kebajikan tak terhingga, digunakan dalam Maitri, Karuna, Mudita dan Upeksa, tanpa kepentingan sendiri, membantu semua makhluk menjauhi penderitaan.

Para makhluk yang diliputi penderitaan adalah yang belum tercerahkan, masih tersesat, kita membantu mereka agar tercerahkan, membantu mereka agar kembali ke jalan yang benar, begitu dia kembali ke jalan yang benar maka dia akan tercerahkan, dia akan menjadi insan mulia, dia akan menjadi insan suci dan bijak.

Setelah kita tercerahkan maka harus memberi teladan bagi orang lain, di dalam masyarakat meskipun kita tidak memiliki kedudukan namun bahagia; kita tidak memiliki harta kekayaan, namun bahagia. Walaupun anda bersedia memberinya kepadaku, saya juga takkan mau, mengapa demikian? Itu merupakan hal yang merepotkan, sehingga perhatianmu jadi terfokus pada obyek yang tidak benar.

Jadi semua kemelekatan harus dilepaskan barulah memperoleh kebebasan. Hati yang suci muncul ke permukaan, hati yang suci ini adalah Arahat, hati yang seimbang muncul ke permukaan adalah Bodhisattva, tercerahkan dan tidak sesat adalah mencapai KeBuddhaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2016

學大乘的人,前面經文我們讀過的,「住大乘者」,心安住在大乘。大乘,這是什麼?無量智慧、無量德能,用在慈悲喜捨,沒有自己,幫助一切苦難眾生。苦難眾生是沒開悟的,還在迷惑顛倒的,幫助他們覺悟,幫助他們回頭,他一回頭一覺悟,他就是君子,他就是聖賢。我們覺悟了,要做出覺悟的樣子給他看,我們在社會上沒地位,快樂;我們沒有財富,幸福。你給我,我不要,為什麼?那個是累贅,那是麻煩,讓你心安住在那些不正當的地方,錯了。什麼都沒有,什麼都放下,得大自在。清淨心現前還得了,清淨心是阿羅漢,平等心現前是菩薩,覺而不迷成佛了。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三三一集)  2016/5/12

  


 

Praktisi yang berdiam dalam Mahayana, orang ini adalah Bodhisattva. Kita tidak mengenalinya, tapi Buddha, Bodhisattva dan Arahat dapat mengenalinya bahwa orang ini adalah Bodhisattva.

Bagaimana dia berdiam dalam Mahayana? Niat pikiran yang muncul adalah ke atas bertekad mencapai KeBuddhaan, ke bawah bertekad menyelamatkan para makhluk, inilah Bodhisattva, inilah yang disebut berdiam dalam Mahayana.

Praktisi yang berdiam dalam Mahayana mesti menerapkan pola pikir dan konsep Mahayana ke dalam kehidupan kesehariannya, baik dalam berpikir, berkata dan bertindak, berinteraksi dalam masyarakat, anda dapat melihatnya. Orang ini takkan memikirkan kepentingan sendiri, orang ini takkan ada keinginan, apapun tidak diinginkannya, kenapa? Memperoleh kebebasan besar, kalau memilikinya maka akan timbul kerisauan.

Tahun-tahun belakangan ini, saya menetap di Hongkong, teman-teman dari luar negeri datang mengunjungiku sambil memberi hadiah lukisan yang mahal dan ukiran. Saya tidak punya vihara, mana ada tempat menyimpannya, memberinya padaku hanya menambah repot saja. Jadi bagaimana akhirnya? Segera mengalihkannya pada orang lain, memberi  kepada orang yang berpahala, dia mempunyai tempat untuk menyimpan, sedangkan saya tidak menginginkan apa-apa.

Maka itu kalian tidak usah memberiku apa-apa, kecuali sedikit makanan masih boleh, sedangkan barang-barang antik dan berharga jangan lagi kasih ke saya, saya hanya bisa mengalihkannya pada orang lain. Setelah kalian mengetahuinya, maka kita sama-sama jadi enak, anda juga tidak perlu begitu repot mengantarnya kemari, saya juga tidak punya beban pikiran.

Hanya ada satu hal yang paling kusuka, yakni melihat orang melafal Amituofo, apabila melihat anda melafal Amituofo, maka saya akan merasa amat bersukacita! Semoga lafalan Amituofo anda senantiasa berkesinambungan dan tak terputus, melafal sampai hati terfokus dan suci, pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2016

住大乘者,這個人就是菩薩。我們沒有看出來,佛、菩薩、阿羅漢看到了,這人是菩薩。他怎麼住大乘?起心動念,上求佛道,下化眾生,這就是菩薩,這就是住大乘的。這個化是教化,是感化。住大乘者的人一定把他的大乘思想、理念、言行,日常生活、待人接物,你能看得到。這人沒私心,這人沒有欲望,他什麼都不要,為什麼?得大自在,要了就操心。
這些年我住在香港,國外的朋友很多,來都送一些名貴的這些書畫、這些雕塑品送給我。我連道場都沒有,沒地方放,送過來是給我添麻煩的,好心好意給我添麻煩。那我怎麼辦?馬上轉手送給別人,送給那些有福報的人,他有地方收藏,我沒地方收藏,轉手就送給人,我什麼都不要。你們什麼都不必送我,送一點吃的可以,到這來三餐飯就吃完了,這些真稀奇的、這些珍寶的東西不要給我,轉手就送人。大家曉得,我們彼此都好,你不麻煩,我也不操心,多好。我最歡喜的一樁事情就是看到人念佛,你念佛我看到真歡喜!希望你的佛號相續不斷,念到一心清淨就可以了,為什麼?決定得生。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三三一集)  2016/5/12





Pada masa Dinasti Song ada seorang Bhiksu Ying Ke, dia melakukan Lima Kejahatan dan Sepuluh Kejahatan. Tetapi orang ini masih percaya Hukum Karma, dia mengetahui bahwa setelah meninggal dunia nanti, pasti jatuh ke Neraka.

Ketika terpikir sampai di sini, dia merasa takut, lalu bertanya pada rekan-rekannya apa yang harus dilakukan, apakah kalian mempunyai cara untuk menolong diriku agar tidak jatuh ke Neraka?

Lalu ada seseorang yang memberinya buku “Kisah para praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati”, ternyata melafal Amituofo dan bertekad terlahir ke Alam Sukhavati bisa menyelamatkan dirinya.

Setelah membaca buku tersebut, Bhiksu Ying Ke membangkitkan keberanian tanpa gentar, mengunci pintu kamarnya lalu selama 3 hari 3 malam tidak tidur dan melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, bertekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Ketulusannya melafal Amituofo selama 3 hari 3 malam telah membuat Buddha Amitabha tergugah, sehingga mengundang Buddha datang mengabarinya : “Anda baik-baiklah melatih diri, usiamu masih ada 10 tahun lagi, jadi 10 tahun lagi Saya baru datang menjemputmu”.

Bhiksu Ying Ke tiba-tiba tercerahkan, dia berkata pada Buddha Amitabha : “Sisa usia 10 tahun ini, saya tidak mau lagi, sekarang juga saya mau mengikuti Buddha pergi”.

Buddha Amitabha menyetujui permintaannya, Buddha berkata : “Baiklah, 3 hari lagi Saya datang menjemputmu”.

Esok paginya Bhiksu Ying Ge membuka pintu kamarnya, memberitahu penghuni vihara bahwa dia sudah bersua dengan Buddha Amitabha yang berjanji 3 hari lagi datang menjemputnya.

Tetapi penghuni vihara tidak ada satupun yang percaya pada ucapannya, malah menuduhnya bicara sembarangan, tetapi sepertinya perkataannya juga serius, pokoknya 3 hari lagi juga dekat, lihat saja apa benar 3 hari lagi Buddha Amitabha akan menjemputmu.

Sampai hari ketiga, ternyata benar, Buddha Amitabha datang menjemput Bhiksu Ying Ge.

Pada pagi harinya, Bhiksu Ying Ge meminta penghuni vihara melafal Amituofo, kebaktian pagi diganti dengan melafal Amituofo, semua penghuni vihara merasa bersukacita. Setelah melafal selama setengah jam kemudian, Bhiksu Ying Ge berkata bahwa Buddha Amitabha telah datang menjemputnya, lalu pamit dan berterimakasih telah membantunya melafal Amituofo, beliau pun menutup mata buat selama-lamanya.

Ini adalah nyata adanya dan telah tercatat di dalam buku “Kisah praktisi yang terlahir di Alam Sukhavati”. Hanya dalam 3 hari 3 malam melafal Amituofo, bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, melepaskan semua kemelekatan.

Buddha Amitabha tidak langsung membawanya pergi, malah memberinya waktu 3 hari lagi, untuk apa? Agar dia menyelamatkan makhluk lainnya, agar dia melakukan peragaan untuk dilihat orang banyak, agar orang lain percaya bahwa melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati adalah nyata adanya.

Bhiksu Ying Ge dapat melakukannya, setiap orang juga dapat melakukannya, hanya saja apakah anda dapat membulatkan tekad atau tidak, apakah anda mau melakukannya atau tidak.

Bhiksu Ying Ge merupakan Bhiksu pelanggar sila, bukan orang baik, penghuni vihara juga meremehkannya, beliau datang membuat peragaan Dharma buat kita, terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan, tidak menderita sakit, bilang pergi langsung pergi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2016

宋朝的瑩珂法師,出家人,他造作的是五逆十惡。這個人相信因果,他知道,他將來死了一定墮地獄。想到地獄苦他就害怕,向同學們請教,你們有沒有方法救我,能幫助我不墮地獄?就有一個人給了他一本《往生傳》,念佛求生淨土可以救你。他把這《往生傳》念了之後,真的發個勇猛心,把自己鎖在寮房裡頭,三天三夜不眠不休,三天三夜就念這句佛號求生淨土。真誠心感動,三天三夜把阿彌陀佛念來了,阿彌陀佛告訴他,你好好的修,你的壽命還有十年,十年之後我來接引你。瑩珂,在中國人說的是福至心靈,見到阿彌陀佛有福報,難得,他忽然間開悟了,我十年壽命不要了,我現在跟你走。阿彌陀佛答應他,他說好,三天之後我來接引你,就跟他定了這個約,三天之後。他到早晨把房門打開,告訴大家這樁事情,他見到阿彌陀佛,三天之後來接我往生。廟裡沒有一個人相信,說他胡造謠言,但是聽他說話不像說假話,反正三天很近,看著你三天阿彌陀佛來不來接你。到第三天,果然阿彌陀佛來接引,他要求大眾念佛,早課改成念佛送他往生,大家都歡喜。念了大概一刻鐘,古時候的一刻是我們現在半小時,念了一刻鐘,他告訴大家阿彌陀佛來了,來接我了,跟大家辭行,感謝大家助念,他就走了。真的,不是假的。這樁事情記在《淨土聖賢錄》,《往生傳》裡頭都有。三天三夜,拼命,什麼都不求,我就求往生,一切都放下。阿彌陀佛不是當時就帶他走,留他三天,幹什麼?叫他度眾生,做出這個樣子給大家看,讓大家看看念佛往生是真的,不難!他能做到,人人都能做到,只是你不肯下決心,你不肯幹。他是個破齋犯戒的出家人,不是個好人,寺廟裡頭人都瞧不起他,他來給我們表這個法,自在往生,沒有病苦,說走就走。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三三一集)  2016/5/12





 

Kesempatan harus digenggam erat. Dalam satu kelahiran ini bertemu Buddha Dharma, bertemu Aliran Sukhavati, bertemu Sutra Usia Tanpa Batas serta penjelasan yang ditulis Upasaka Huang Nian-zu, merupakan jalinan jodoh yang membawa kita pada pencapaian KeBuddhaan!

Bagaimana bisa anda temukan? Kesempatan yang begitu langka, ratusan bahkan ribuan bahkan puluhan ribu kalpa juga sulit bersua, lantas kenapa anda bisa bertemu dengannya? Setelah bertemu anda malah menyia-nyiakannya, bukankah ini sungguh disayangkan!

Maka itu hal di dunia ini harus dipahami ada yang baik dan buruk, karma buruk tidak boleh dilakukan, sedangkan karma baik boleh dilakukan tapi jangan taruh di hati, ini amat penting.

Setelah melakukan kebajikan lalu diingat terus maka ini disebut menciptakan karma, kalau tidak taruh di hati barulah tidak menciptakan karma. Tak peduli karma baik maupun buruk, bila taruh di hati, menciptakan karma, tidak taruh di hati tidak menciptakan karma. Tidak menciptakan karma barulah bagus.

Tidak menciptakan karma lebih mudah terlahir ke Alam Sukhavati, sedangkan orang yang menciptakan karma lebih sulit terlahir ke Alam Sukhavati, di tengah jalan sudah dijemput orang lain.

Berbuat baik, saat menjelang ajal, pahala Alam Surga muncul, para Dewa Dewi datang menjemput anda terlahir di Surga; berbuat jahat, buah akibatnya muncul, ada banyak setan kecil membawa rantai besi dan gembok datang menjemputmu ke Neraka.

Sedangkan karma suci, tidak baik dan tidak jahat, kedua jenis karma ini juga tidak dikehendaki, semuanya dilepaskan, Buddha Amitabha datang menjemput, menjelma melalui Bunga Lotus, hal ini tidak boleh tidak diketahui.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2016

機會要抓住。這一生遇到佛法,遇到淨宗,遇到《無量壽經》會集本,遇到黃念祖老居士的集註,大因緣!怎麼都被你遇到?稀有難逢,百千萬劫難遭遇,你怎麼都遇到?遇到空過,你說多可惜!所以這個世間事,一定要曉得有好事、有壞事,壞事咱們不做。好事要不要做?可以做,不要放在心上,這句話重要。做了放在心上就叫造業,不放在心上不造業。不管好事壞事,放在心上就造業,不放在心上沒造業,叫淨業。沒造業好!沒造業往生極樂世界方便,造業的人往生極樂世界很難,半路上就被人劫去了。生天的,天上的這些福報現前,有不少天人接引你往生,生天了;惡報現前,有很多小鬼帶著鐵鍊枷鎖也來迎接你,把你接到地獄去了,都有人接引。那是淨業,沒有善惡業,善惡業都不要,統統放下,阿彌陀佛來接引,蓮花化生,這個不能不知道。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三三一集)  2016/5/12





Niat pikiran apa yang paling bagus? Niat pikiran yang melafal Amituofo adalah yang paling bagus. Mengapa demikian? Para Buddha di sepuluh penjuru juga memuji dan bersukacita.

Setelah melafal Amituofo maka anda akan mengetahui betapa besarnya jasa kebajikan dari sepatah Amituofo, kenapa tidak melakukannya? Kenapa masih menghendaki bentuk-bentuk pikiran ini, yang tidak ada sangkut pautnya dengan pencerahan, yang terjalin dengan enam alam tumimbal lahir? Ini sudah salah, tidak boleh melakukannya sedemikian rupa.

Asalkan kita kembali ke jalan yang benar, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, baik sehari, tiga hari, seminggu, jasa kebajikan ini sungguh tak terbayangkan! Benar-benar bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, Buddha Amitabha datang menjemput.

Bhiksu Ying Ge yang telah melakukan Sepuluh Kejahatan, melanggar sila, hanya dalam waktu 3 hari saja mampu mengundang Buddha Amitabha datang menjemputnya, apa yang diandalkannya? Yakni dengan ketulusan hati, 3 hari melafal berkesinambungan tak terputus, siang malam tak terputus, Buddha Amitabha segera datang menjemput dan dia berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Kita berterimakasih pada peragaan Dharma yang dilakukan Bhiksu Ying Ge, memperagakan hal ini untuk dilihat kita semuanya, agar kita membangkitkan keyakinan hati, walaupun telah melakukan banyak kesalahan, namun masih bisa terselamatkan, Buddha sungguh Maitri Karuna, Buddha takkan pernah mengabaikan kita.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2016

什麼念頭最好?阿彌陀佛這個念最好。為什麼?十方諸佛都讚歎,十方諸佛都歡喜。你念這一聲佛號,你就曉得功德多大,為什麼不幹?為什麼要有些雜念,這些不相干的,跟六道輪迴相應的?錯了,不能這麼幹。我們只要一回頭,能攝心專念阿彌陀佛,念一天、念三天、念一個星期,功德不可思議!真求往生,佛真來接引。瑩珂法師造作十惡、破戒,三天能夠把阿彌陀佛求來,憑什麼?憑真誠心,三天不間斷,日夜不間斷,阿彌陀佛就來了,真往生了。我們感謝瑩珂法師表這個法,做這個榜樣給我們看,讓我們起了信心,雖然做錯很多事情,感覺得還有救,佛真慈悲,佛沒有捨棄我們。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三三一集)  2016/5/12