Berlidah dua adalah
mengadu domba, sehingga kedua pihak jadi tidak harmonis, dosa ini amat berat.
Apabila prilaku jahat ini diterapkan di dalam ruang lingkup Buddha Dharma,
sehingga sesama anggota Sangha maupun umat awam jadi tidak harmonis, ada pula
orang yang mengumbar fitnah untuk menjelek-jelekkan sebuah aliran, maka dosa
ini sungguh berat, memutuskan jiwa kebijaksanaan Dharmakaya orang lain.
Terutama praktisi
pelafal Amituofo, anda malah membujuknya agar mengubah keyakinannya dan beralih
mempelajari metode lainnya, ini adalah dosa berat. Mengapa demikian? Metode
melafal Amituofo adalah metode paling mudah dan
praktis, praktisi ini dalam satu kelahiran dapat meraih keberhasilan, tapi anda
malah membujuknya supaya beralih mempelajari pintu Dharma lainnya, sehingga
dalam satu kelahiran tidak bisa meraih keberhasilan, tidak dapat mengakhiri
samsara, tidak bisa keluar dari Trailokya (Kamaloka, Rupaloka, Arupaloka), anda
telah memutuskan jalinan jodohnya kali ini untuk bisa mengakhiri samsara dan
keluar dari Triloka. Bujukan anda ini merupakan kebohongan besar, fitnahan
besar, buah akibatnya jatuh ke Neraka Avici, ini tidak boleh tidak diketahui.
Kejadian begini banyak dijumpai dalam masyarakat, dua vihara yang saling
bersaing demi memperebutkan umat, sehingga saling menjelek-jelekkan, praktisi
pemula yang melihat hal ini jadi gelisah, “Kalian ini bukanlah hal yang baik,
sudahlah, lebih baik tidak usah belajar Ajaran Buddha”, membuat keyakinan hati
praktisi pemula putus begitu saja.
Jadi tindakan yang membuat dua pihak tidak akur dan saling mencurigai, ini
merupakan dosa yang amat berat. Siswa Buddha sejati melihat hal begini,
semestinya membantu mendamaikan kedua pihak, keluarga harmonis segala hal jadi
berhasil, membuat dua orang jadi harmonis, sehingga kedua orang ini mengalami
kemajuan batin, kelak pasti meraih keberhasilan, begini barulah betul.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Mei 2016
兩舌是挑撥是非,讓兩邊不和,這個罪過很重。如果挑撥是非是用在佛法裡頭,出家人跟出家人、在家人跟在家人、出家人跟在家人,有人挑撥是非,破壞信仰,這個罪重,斷人法身慧命。特別是念佛,叫人改信別的修行方法,這個罪重。為什麼?念佛這個法門是易行道,他一生能成就,你引導他改學別的法門,他那個法門在他一生當中不能成就,不能了生死,不能出三界,你把他這次了生死出三界的緣打斷了,這是大妄語,大的兩舌,果報在無間地獄,不能不知道。這樁事情在現在社會裡頭常常遇到,兩個道場有門戶之見,彼此對立,為什麼?為拉信徒。甲批評乙、乙批評甲,讓初學佛的人聽了生煩惱,「你們都不是好東西,算了,這佛不能學」,讓他對學佛信心斷掉了。這個罪怎麼補?補不過來。不能不知道,不能不謹慎。所以,「止前搆鬪兩邊之惡行」,這就是讓兩邊不和睦,互相猜疑,這個罪很重,「當行和合之善」。真正佛弟子遇到這些事情,應當要幫他調解,家和萬事興,這兩個人和睦相處,這兩個人都能向上,將來都能成就,這就對了。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三三三集) 2016/5/15
“Dengan maitri karuna memberkati sehingga
pikiran praktisi jadi tak tergoyahkan”, kalimat ini muncul di dalam Amitabha
Sutra versi terjemahan Master Tripitaka Hsuan-tsang.
Kalimat ini amat penting, membantu kita sebagai
praktisi pelafal Amituofo yang bertekad lahir ke Alam Sukhavati dapat
menumbuhkan keyakinan hati. Ketrampilan tidak mahir bukanlah masalah, dalam
momen yang sekejab ini, Buddha Amitabha yang maha Maitri maha Karuna, akan memberkati diri
kita, membantu kita agar pikiran terfokus tak tergoyahkan, ini sungguh sulit
diperoleh!
Sehingga memperoleh “Tidak panik juga tidak
takut, pikiran benar tak tergoyahkan”.
“Tidak panik juga tidak takut”, ini menunjukkan meninggal
dengan damai, terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan.
“Pikiran benar tak tergoyahkan”, takkan
kehilangan pikiran yang melafal Amituofo, maka itu berhasil terlahir ke Alam
Sukhavati.
Semua praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati,
saat menjelang ajal Buddha Amitabha pasti datang menjemput, mengapa demikian?
Oleh karena ini merupakan tekad Buddha Amitabha. Terutama tekad ke-18 yakni
sepuluh lafalan pasti terlahir, meskipun orang ini pernah melakukan
Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan, namun saat menjelang ajal dia mau
bertobat dan menyesali perbuatannya, menfokuskan pikiran melafal Amituofo,
walaupun cuma
sepatah saja atau sepuluh patah saja, juga bisa berhasil terlahir ke Alam
Sukhavati.
Ini merupakan tekad Buddha Amitabha, jadi tidak
ada yang tidak dijemputNya, kalau tidak datang menjemput, anda tidak tahu
dimana Alam Sukhavati berada, maka itu ketika waktunya tiba Buddha Amitabha
pasti datang menjemput.
Anda tidak tahu dimana Alam Sukhavati berada,
maka itu Buddha Amitabha pasti datang menjemput. Ini tidak boleh tidak
diketahui.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Mei 2016
「慈悲加祐,令心不亂」,這句話也出現在玄奘大師所翻的小本《彌陀經》,鳩摩羅什大師的本子沒有「令心不亂」這一句,玄奘大師的譯本有,把這一句補出來了。這一句很重要,幫助我們念佛人,求生淨土的人增長了信心。我功夫不到沒有關係,在這一剎那當中,阿彌陀佛大慈大悲保佑我們,幫助我們一心不亂,這太難得了!
故得『不驚不怖,心不顛倒』。「不驚者,不驚慌失措。不怖者,不畏怖恐懼」。這就講什麼?走得平安,走得好,自在往生。「不顛倒者,心不錯亂,憶佛之正念依然現前。故得往生。本品經文,未言臨終見佛,但既得往生則佛必然來迎」。這一句我們不能忘掉,所有往生的人,臨終的時候阿彌陀佛必定來接引,為什麼?這是阿彌陀佛的本願。尤其是第十八願十念必生,臨終,五逆十惡真正懺悔回頭,一心念佛,一念、十念都能往生。阿彌陀佛的本願,沒有不來迎接的,不來迎接你找不到極樂世界在哪裡,所以到時候佛一定來迎。「因佛本願,臨終接引。若無佛迎,則凡夫自力不能往生」。你不知道極樂世界在哪裡,所以決定佛來接引,不可以不知道。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三三三集) 2016/5/15
Sutra Intan menyebutkan, “Segala sesuatu yang
merupakan hasil perpaduan unsur (tanah, air, api, angin) adalah khayalan semu”,
bahkan Buddha Dharma juga harus dilepaskan, sutra menyebutkan “Dharma saja
harus dilepaskan, apalagi yang bukan Dharma”, Dharma di sini menunjukkan Buddha
Dharma.
Mengapa Buddha Dharma harus dilepaskan? Yakni
mengajari anda agar belajar satu metode saja, jangan belajar beraneka ragam.
Pintu Dharma itu tidak ada yang tinggi maupun rendah, maka itu semestinya
dilepaskan dan pilihlah satu pintu saja.
Pintu Dharma yang terunggul tak lain adalah
membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, berniat terlahir ke Alam
Sukhavati, mengapa demikian? Setiap orang dapat melakukannnya, semua orang bisa
berhasil, maka itu disebut Pintu Dharma Terunggul.
Kalau bukan Pintu Dharma Terunggul yang satu ini, anda
memilih yang lainnya, maka anda akan sulit berhasil, anda tidak sanggup
mewujudkannya, dalam satu kelahiran ini anda tidak bisa mengakhiri tumimbal
lahir, tidak mampu meraih keberhasilan, maka pintu Dharma ini tidak sesuai dengan
kemampuan praktisinya, pintu Dharma ini tidak sesuai buat dirimu.
Lantas pintu Dharma mana yang sesuai buat kita,
84 ribu pintu Dharma juga tidak ada yang cocok buat kita, oleh karena kita
tidak punya standar untuk mempelajarinya, sedangkan Pintu Dharma Pelafalan
Amituofo adalah maha Maitri maha KarunaNya Buddha Amitabha untuk menyelamatkan
diri kita, untuk menjemput kita terlahir ke Alam Sukhavati, dengan sendirinya
jadi sempurna, mencapai KeBuddhaan.
Maka itu mengajari kita untuk “Memutuskan
keinginan menyingkirkan keresahan”, kalimat ini adalah melepaskan, kalimat yang
berikutnya adalah membangkitkan, “Tekun mengembangkan hati Maitri”. Senantiasa
membantu para makhluk menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, terlebih
dulu diri sendiri harus menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, kalau
diri sendiri tidak menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, bagaimana
bisa membantu orang lain?
Diri sendiri tidak memperoleh kebahagiaan,
bagaimana bisa membantu orang lain memperoleh kebahagiaan? Apakah hal ini
dimungkinkan? Bisa.
Buddha Sakyamuni telah melakukannya. Buddha
Sakyamuni hanya memiliki tiga lembar jubah dan satu patra, makan sehari satu
kali yakni pada siang hari, beristirahat di bawah pohon hanya semalam saja, ini
menunjukkan pada kita untuk melepaskan hingga tuntas. Apa yang paling
dikhawatirkan manusia di dunia ini (sandang, pangan dan papan), Sang Buddha
telah melepaskan semuanya.
Lantas bagaimana Buddha memupuk kebahagiaanNya?
Yakni dengan membantu orang lain agar tercerahkan, melihat insan lain
tercerahkan maka jadi bahagia. Apa yang dimaksud dengan tercerahkan? Yakni
mengakhiri samsara, mengetahui diri sendiri dalam satu kelahiran bisa keluar
dari enam alam tumimbal lahir, betapa bahagianya, inilah kebahagiaan sejati.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Mei 2016
《金剛經》上告訴我們,「凡所有相,皆是虛妄」,甚至於對佛法也放下,經上說「法尚應捨,何況非法」,那個法是佛法。佛法為什麼要放下?教你學一樣就好,別學太多。法法平等,無有高下,既然一切法是平等的,沒有高下,我們要把高下放下,取一門就行。無比殊勝的一門就是信願持名,求生淨土,為什麼?人人做得到,人人都能成就,它就是最殊勝的法門。這個法門傳給你了,你修很困難,你做不到,你這一生離不開輪迴,不能成就,定慧都不能成就,那就是不契機,這個法門不適合你修。那我們能學的法門,八萬四千法門都不夠資格,就這一門,這一門就是阿彌陀佛大慈大悲來度我的,來接引我到極樂世界,生到極樂世界,自然就圓滿了,就成佛了。
所以教我們絕欲去憂,這兩句是放下,下面兩句是提起,提起什麼?慈心精進。慈是與樂,總是要幫助眾生離苦得樂。要幫助眾生離苦得樂,先要自己離苦得樂,自己沒有離苦,怎麼能幫助別人?自己沒有得樂,怎麼能幫助別人得樂?行嗎?行,釋迦牟尼佛做到了。釋迦牟尼佛三衣一缽,日中一食,樹下一宿,這是什麼?徹底放下,世間人所憂的就是這些,他全放下了。與樂怎麼做法?幫助人開悟,開悟就樂了。釋迦牟尼佛說法說那麼多,都是幫助眾生開悟的,開悟就樂了。開悟是什麼?生死了了,知道自己一生決定出離六道輪迴,多麼喜樂,真樂,這不是假樂。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三三三集) 2016/5/15