Di
dalam hati sendiri lafalan Amituofo berkesinambungan tak terputus, takkan
terpengaruh oleh lingkungan luar, inilah yang disebut sebagai ketrampilan
melatih diri, inilah yang disebut sebagai memiliki ketrampilan melafal
Amituofo.
Masa
kini begitu banyak gangguan, dimana anda tidak berdaya menyingkirkannya, apa
itu? Telepon genggam. Anda
membawanya bersama diri anda, tak peduli
di mana dan kapan saja. Ketika anda sedang melafal Amituofo, tiba-tiba
mendengar suara dering, anda segera jadi panik dan lafalan Amituofo jadi
terlupakan, kekotoran batin segera muncul keluar. Maka itu telepon genggam
bukanlah barang baik.
Maka itu, seorang praktisi hendaknya menetap di
Aranya, Aranya adalah istilah Buddhis yang berarti tempat yang sunyi, contohnya
tinggal di pegunungan, membangun sebuah gubuk, melatih diri di sana, menjauhi
keramaian.
Jaman dahulu kala, sebagian praktisi akan
menyepikan diri di atas pegunungan, tinggal di dalam gubuk. Bahkan ada pula
yang menyepikan diri seumur hidup, membangun gubuk di dekat vihara, mungkin
dari gubuknya ke vihara harus berjalan kaki setengah jam, sehingga untuk
memenuhi keperluan hidupnya, si praktisi bisa memperolehnya di vihara, meskipun
sehari dia cuma makan sekali saja, tapi juga memerlukan kayu bakar untuk
memasak, semuanya dikerjakan sendiri.
Sayur bisa ditanami sendiri, minyak dan garam
diberikan oleh vihara, membaginya kepada setiap gubuk satu porsi, saat itu para
praktisi akan datang sendiri ke vihara untuk mengambilnya, sebagian besar akan
datang seminggu sekali, atau tiga hari sekali.
Seorang praktisi bila tidak menjauhi Sad Visayah (rupa,
suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), maka sulit
menwujudkan kesucian hati. Hati yang tidak suci maka ujungnya tak perlu
dikatakan lagi, tidak punya bagian!
Maka itu terlebih dulu harus bisa menahan diri,
memeliharanya jadi kebiasaan. Ketika Enam landasan indera (mata, telinga, hidung,
lidah, jasmani dan pikiran) mengadakan kontak dengan Sad Visayah (rupa, suara,
bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), takkan terpengaruh, inilah
yang disebut dengan ketrampilan, inilah yang disebut dengan samadhi.
Ketika mata melihat rupa, takkan terpengaruh,
seorang praktisi pelafal Amituofo, baik mata melihat, telinga mendengar,
semuanya berada dalam sepatah Amituofo, takkan ada bentuk pikiran lainnya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2016
自己心裡阿彌陀佛一聲一聲不間斷,沒有受到外面境界干擾,這叫功夫,這就念佛有功夫。現在干擾最多的,是你無法擺脫的,是什麼?手機。你帶在身上,無論在什麼時候,你在這裡念佛,它鈴一響,你一驚慌,佛號沒有了,煩惱現前了。所以這不是個好東西。
所以,修行人為什麼要住阿蘭若?阿蘭若是佛教的名詞,意思是寂靜的地方、安靜的地方。住在山上,住在人跡罕至的地方,搭個小茅蓬,在那邊清修,好,安靜。小路,走路都不方便。住這個地方幹什麼?遠離人群。修什麼?修清淨心。古時候大多數的人,都必須要通過這一關,住山,住小茅蓬。有些人住一輩子,在寺廟的附近,大概走路半個小時,找塊地方蓋小茅蓬。為什麼?生活必須要的東西,由寺廟供給,他每天都吃一餐,一餐也要燒火,也要煮飯,統統自己幹。菜有時候可以自己種一點,油鹽醬醋這些都是常住供給,供給給茅蓬,一個茅蓬一份,到時候自己拿去,有很多是一個星期來一次,三天來一次。修什麼?就是遠離六塵。不能遠離六塵,清淨心很難成就。心不清淨,後頭就不要說了,沒分!所以要預先自己克服自己的妄念。「使積習成性」,養成習慣,「善根堅固也」。六根在六塵境界上,不被六塵境界所干擾,不被它影響,這叫功夫,這叫定。眼在色相上,不被色相所干擾,眼在色上入定。見色聞聲,念佛人全是佛號一片,沒有其他妄念。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三二七集) 2016/5/7
Saat kematian tiba, penderitaan datang mendera,
pada saat begini alayavijnana (kesadaran) meninggalkan tubuh kasarnya,
seseorang akan merasakan penderitaan yang hebat.
Apabila bukan terlebih dulu melakukan persiapan
untuk menghadapi momen ini, yakni dalam kehidupan keseharian membiasakan diri
melafal Amituofo, maka saat menjelang ajal sulit untuk teringat melafal
Amituofo, oleh karena dia terlalu tersiksa, dia tak berdaya untuk melafalnya;
meskipun ada orang lain yang membantunya melafal Amituofo, dia juga tak berdaya
mengikutimu melafal, dia terlampau tersiksa, dia tidak sanggup melafal lagi,
ini sungguh disayangkan. Lantas bagaimana?
Yakni dengan Zhu Nian (kegiatan untuk membantu
pasien melafal Amituofo), orang ini memerlukan Zhu Nian. Tanpa Zhu Nian, saat
menjelang ajal dia akan begitu tersiksa, tidak sanggup lagi melafal Amituofo,
pergi mengikuti kesengsaraannya, yakni jatuh ke tiga alam rendah (Alam
Binatang, Alam Setan Kelaparan dan Neraka), ini sungguh memprihatinkan.
Maka itu harus mengumpulkan sahabat seDharma, tiga
atau lima orang, buat perjanjian dulu, siapa yang sedang menghadapi saat
ajalnya, maka kelompok ini akan datang membantunya melafal Amituofo. Saat
pasien menghadapi ajalnya, peserta Zhu Nian akan mengingatkannya agar melafal
Amituofo.
Yang paling penting adalah mengingatkannya satu
kalimat yakni “Bila Buddha Amitabha yang datang menjemputmu, barulah anda boleh
ikut denganNya, kalau yang datang bukan Buddha Amitabha, jangan ikut
dengannya”, ini adalah kalimat yang paling penting.
Musuh kerabat penagih hutang dapat menyamar jadi
Buddha untuk memikatmu, tetapi yang pasti tidak berani menyamar jadi Buddha
Amitabha.
Bagi praktisi pelafal Amituofo, saat menjelang ajal
yang datang menjemput, pasti adalah Buddha Amitabha bersama Bodhisattva
Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta, Merekalah yang digelar sebagai
“Tiga Suciwan Alam Sukhavati”.
Apabila yang datang menjemput adalah “Tiga Suciwan
Alam Sukhavati”, barulah boleh ikut pergi. Sebaliknya apabila bukan “Tiga Suciwan Alam Sukhavati” yang datang
menjemput, contohnya Buddha Sakyamuni yang datang, tidak boleh mengikutinya
pergi; atau Bodhisattva Manjusri yang datang menjemput, juga tidak boleh
mengikutinya, mengapa demikian? Ini adalah yang palsu, menyamar. Mara dan
siluman jahat lainnya yang menyamar. Tetapi apabila mereka menyamar jadi Buddha
Amitabha, maka Dewa Pelindung Dharma akan bertindak, takkan membiarkan hal ini
terjadi.
Maka itu saat pasien menjelang ajalnya, mestilah
mengingatkan dirinya, melafal Amtuofo dan menasehatinya supaya membulatkan
tekad terlahir ke Alam Sukhavati, melafal berkesinambungan tak terputus,
menuntunnya melafal Amituofo, menuntunnya membulatkan tekad terlahir ke Alam
Sukhavati.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2016
「若刀風一至,百苦湊身。若習先不在懷,念何可辦?」這就是真的問題來了,刀風一至就是死的時候到了,刀風是比喻死苦,人在這個時候神識脫離自己的身體,非常痛苦,百苦湊身。如果不是預先把這個事情準備好、做好,到這個時候想念佛念不上,他太苦,他太痛苦了,他沒法子念;就幫他助念,他也沒有辦法跟著你念,他太痛苦了,他念不下去,這就可惜了。怎麼辦?「各宜同志三五,預結言要。臨命終時,迭相開曉。為稱彌陀名號,願生安樂國。聲聲相次,使成十念也」。這就是什麼?助念,這個人需要助念。沒有助念,他走的時候很痛苦,佛號提不起來,隨著痛苦去了。隨著痛苦去,都是三惡道,地獄、餓鬼、畜生,那真叫可憐。所以應該找志同道合的佛友,找個三、五個,預先就約好,哪一個人臨命終時,這些道友們來助念,臨終助念。迭相開曉,臨終的時候,這些道友們提醒他。最重要的提醒就是一句話,「阿彌陀佛來接引你,你跟他去,不是阿彌陀佛不能跟他走」,這句話最重要。冤親債主可以現佛的身相來誘惑你,但是決定不敢現本尊。我們念佛求生,阿彌陀佛是本尊,觀音、勢至是本尊,就是西方三聖,臨終看到西方三聖,都可以跟他去。不是西方三聖,釋迦牟尼佛來接引,不能跟他去;文殊菩薩來接引,不能跟他去,為什麼?假的,妖魔鬼怪會現這種相。現這些相,護法神不干涉的;現本尊不行,護法神干涉。所以這個時候要提醒他,為稱彌陀名號,勸他願生安樂國,聲聲相次,使成十念,帶著他念,帶著他念佛,帶著他發願求生淨土。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三二七集) 2016/5/7
Bahan bacaan yang diwariskan para guru leluhur
amatlah banyak, harusnya banyak membacanya, sehingga jadi ingat, tiba saatnya
menjelang ajal, sedikitpun takkan kabur. Bila dapat melakukannya sesuai dengan
Dharma, maka si praktisi akan memperoleh manfaat besar (terlahir ke Alam
Sukhavati).
Masa kini banyak peserta Zhu Nian yang bertindak
tidak sesuai dengan Dharma, seperti apa yang telah kami lihat dan kami dengar,
benar-benar tidak enak dikatakan keluar, mereka ini malah melontarkan perkataan
yang menyinggung hati orang lain.
Terutama saat sekarang ini, dimana orang yang suka
mengambil keputusan sendiri itu banyak sekali, sedangkan yang mau mendengarkan
pendapat orang itu jumlah amat sedikit, maka itu sulit sekali.
Maka itu sebaiknya dalam kehidupan keseharian,
mempersiapkan diri sendiri menghadapi saat kritis tersebut, ini lebih aman dan
terjamin. Kita sendiri tidak perlu memohon pada orang lain, juga tidak perlu
tergantung pada orang lain, diri sendiri dapat mengendalikan situasi, ini lebih
bagus.
Sutra (Sutra Usia Tanpa Batas) harus dibaca, ajaran
sutra membantu kita agar jangan bingung dan tersesat, mengembangkan pencerahan;
ajaran sutra mengajarkan kita, Alam Sukhavati lebih bagus daripada alam saha
kita ini, apabila kedua alam ini dibandingkan, maka jelas sudah, anda pasti
akan memilih yang mana, memilih bermigrasi ke Alam Sukhavati.
Bahkan hal ini bukanlah mustahil, karena anda pasti
dapat mencapainya, ini bukanlah semu, namun nyata adanya. Praktisi yang
berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, jumlahnya tidak sedikit, catatan ini
tidaklah sedikit, mengembangkan keyakinan dan tekad hati kita.
Dengan keyakinan dan tekad kuat maka pasti terlahir
ke Alam Sukhavati. Dalam atau dangkalnya ketrampilan melafal Amituofo yang
dimiliki, ini tidaklah penting, yang penting adalah berhasil terlahir ke Alam
Sukhavati, meskipun hanya bisa terlahir pada Bunga Teratai tingkatan paling rendah,
juga merupakan Calon Buddha, dalam satu kelahiran pasti mencapai KeBuddhaan.
Semoga kita senantiasa mengingatnya, jangan
sia-siakan waktu yang ada, setiap menit mesti digenggam erat. Kehidupan manusia
ada pada sehela nafas, ini adalah nyata adanya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2016
祖師大德提供的資料很多,要多看,要熟看,到臨終送往生的時候,就一點都不模糊。如理如法,往生的人得大利益。現在有很多送往生不如法,我們聽到、看到了,也不好講話,講話得罪人。現在人自作主張的很多,聽別人意見的人不多,所以很難。自己在平時做準備,這是最穩當的事情。我們自己不必求別人、依靠別人,自己就能做主,這個好。經要讀,經幫助我們破迷開悟;經勸導我們,極樂世界比我們這裡環境好,好太多了,兩個一比較,你就會捨此生彼,我移民到那邊過去。而且真能去得了,不是假的。念佛往生的人也不少,這些記錄的文字可以多看,增長我們的信心,增長我們的願心。信願堅固,必定得生。念佛功夫淺深,那個不是很重要,往生最重要,就是生凡聖同居土下下品也了不起,也是一生成佛。希望我們大家記住,要把握光陰,分秒必爭。人命在呼吸間,這是真的,不是假的。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第三二七集) 2016/5/7