Senin, 16 Mei 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2016


Buddha Amitabha mendirikan Alam Sukhavati di penjuru barat, adalah demi menjemput para makhluk, membantu para makhluk agar terbebas dari penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, membantu para makhluk agar dalam satu kelahiran menyempurnakan KeBuddhaan, inilah tujuanNya dan bukan untuk hal lainnya.

Kita membangkitkan niat terlahir ke Alam Sukhavati, membantu Buddha Amitabha menyelamatkan para makhluk. Buddha Amitabha memimpin Barisan Penyelamatan, bergerak ke seluruh penjuru semesta alam untuk menyelamatkan semua makhluk agar terbebas dari penderitaan, dalam satu kelahiran mencapai KeBuddhaan.

Kita telah bersua dengan kesempatan ini, kita pasti berhasil, setelah berhasil maka bergabung dengan Barisan Penyelamatan yang dipimpin oleh Buddha Amitabha, melaksanakan tugas menyelamatkan semua makhluk, satu hati satu tekad dengan Buddha Amitabha, satu tujuan satu tindakan; kalau sudah begini, mana ada alasan Buddha takkan memberkatimu, mana ada alasan tidak terjalin? Kita membangkitkan niat, Buddha pasti meresponnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2016

阿彌陀佛建西方極樂世界,就是為了接引眾生,幫助眾生離苦得樂,幫助眾生一生圓成佛道,是為這個,不是為別的。我們能往生,能成就,發心到極樂世界,幫助阿彌陀佛普度眾生。阿彌陀佛率領這麼一個團隊,在遍法界虛空界救度一切苦難眾生,一生圓成佛道。我們遇到了、成就了,成就之後,就加入阿彌陀佛這個團隊,去做救度一切苦難眾生的工作,與阿彌陀佛同心同願、同德同行,佛哪有不加持的道理,哪有不感應的道理?我們發心是感,阿彌陀佛就有應。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三二八集)  2016/5/8

  


 
  
Tempo dulu, Master Yongming Yanshou yang merupakan Guru Sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-6, melatih Dhyana dan berhasil mencapai pencerahan besar, menemukan kembali jiwa sejatinya, namun kemudian beliau malah melepaskan metode Dhyana, beralih menfokuskan diri melatih Aliran Sukhavati. Beliau melafal Amituofo, sehari jumlahnya 200 ribu kali, siang hari 100 ribu kali dan malam hari 100 ribu kali, ini hanya untuk melafal Amituofo saja.

Cara pelatihan Master Yongming Yanshou ini, bukan hanya tidak mungkin kita lakukan pada era sekarang ini, bahkan orang-orang yang hidup pada masa itu juga tidak sanggup mengamalkannya.

Di dalam legenda disebutkan bahwa Master Yanshou adalah jelmaan Buddha Amitabha yang datang ke dunia ini, demikian pula dengan Master Shandao juga merupakan jelmaan Buddha Amitabha yang datang ke dunia ini, memberikan teladan dalam bentuk tindakan nyata.

Sebagai praktisi pemula yang memiliki klesa (kekotoran batin) dan tabiat yang masih berat, saat mengikrarkan tekad di hadapan Rupang Buddha, tidak mungkin bisa mengamalkan siang malam melafal Amituofo sebanyak 100 ribu kali, jadi harus dimulai dari jumlah berapa? Mulailah dari 10 ribu dulu, saat kebaktian pagi melafal 10 ribu kali dan saat kebaktian sore melafal 10 ribu kali.

Andaikata anda dapat mempertahankannya, maka dijamin anda pada satu kelahiran ini pasti terlahir ke Alam Sukhavati. Segala kemelekatan sudah anda lepaskan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Lantas apakah masih perlu mendengar ceramah Dharma? Ketika anda masih ada keraguan maka mesti mendengarnya, ceramah Dharma membantu kita menghapus keraguan dan menumbuhkan keyakinan. Sebaliknya apabila kita tidak memiliki keraguan lagi, kita benar-benar telah yakin, maka ceramah boleh tidak perlu didengar, 10 ribu lafalan, 20 ribu lafalan Amituofo adalah amat penting!

Upasaka Huang Nian-zu saat lanjut usia dan jatuh sakit, 6 bulan sebelum wafat, dalam sehari beliau melafal sebanyak 140 ribu lafalan Amituofo, beliau merupakan teladan bagi kita.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2016

早年間,我們淨宗永明延壽大師,淨宗第六代祖,他參禪大徹大悟、明心見性,之後把參禪放棄了,專修淨土,淨土宗一代祖師。他念佛,一天二十萬聲佛號,白天十萬聲,晚上十萬聲,這單單說念佛。他老人家那種修持方法,不但我們現在人做不到,當時的人能做到的也找不到幾個。傳記裡面記載的,阿彌陀佛再來的,永明延壽大師阿彌陀佛再來的,善導大師也是阿彌陀佛再來的,給我們做出榜樣。所以這裡頭兩句話重要,「信得及,守得穩」,沒有一個不成功的。我們初學煩惱習氣重,在佛前面發願,不能日夜十萬聲,做不到,從多少做起?一萬聲,早課一萬聲,晚課一萬聲。你能信得及、守得穩,保證你這一生決定得生淨土。別的都放下了,一心稱念,真求往生。經典要不要聽?有疑惑要聽,經是幫助我們破迷生信的。我們沒有疑惑,我們真正相信,沒懷疑,經可以不必聽了,一萬聲、兩萬聲重要!黃念祖老居士晚年,往生之前六個月,就是半年,一天十四萬聲佛號,他老人家做榜樣給我們看。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三二八集)  2016/5/8



  

 

Amitayurdhyana Sutra menyebutkan bahwa praktisi yang terlahir di Bunga Lotus tingkatan paling atas, bunga bermekar bertemu Buddha mencapai keberhasilan, sedangkan yang terlahir di Bunga Lotus tingkatan menengah dan rendah, maka bunga tidak begitu cepat bermekaran.

Mengapa bunga tidak langsung bermekaran? Hati terlalu sempit, makanya menghalangi bunga bermekar. Hati harus lapang, meneladani Buddha menyelamatkan para makhluk, mesti membantu semua makhluk yang menderita.

Bukan hanya dalam satu wilayah saja, bukan hanya dalam satu negara saja, juga bukan hanya dalam satu planet saja, hati begini terlalu sempit, seharusnya menyelamatkan semua makhluk di seluruh Dharmadhatu.

Dalam membangkitkan niat haruslah besar dan luas, inilah yang disebut sebagai Bodhicitta. Apakah mungkin bisa diwujudkan? Tentu saja bisa. Mengapa bisa? Kewibawaan Tekad Buddha Amitabha dan kekuatanNya akan memberkati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2016

那《觀經》還講的是上上品往生的,花開見佛就成就,中品、下品的就沒有那麼容易,蓮花不開。蓮花為什麼不開?心量太小了,所以障礙蓮花不開。心量要大,要學佛普度眾生,要幫助一切苦難眾生。不止這一個地區,不止一個國家,不止一個地球,心量都太小了,要幫助遍法界虛空界一切諸佛剎土裡面的六道眾生。心,發心不能不大,這叫大菩提心。能做得到嗎?能。為什麼能?阿彌陀佛本願威神加持,佛力加持的。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三二八集)  2016/5/8


  

 

Master Ou Yi mengajari kita, apabila ingin melafal Amituofo hingga mencapai “Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan”, maka cara apa yang mesti digunakan? Yakni dengan tasbih, yang juga berarti menghitung, ketika baru mulai melafal Amituofo maka harus menghitung, harus mengingat dengan jelas.

Harus menetapkan jadwal kebaktian dalam sehari, ketika baru memulai melafal, janganlah menetapkan jumlah yang terlampau banyak, kalau terlalu banyak, bila tidak selesai maka akan timbul rasa malas, sehingga tidak sanggup meneruskannya lagi, jadi sebaiknya menetapkan jumlah yang lebih sedikit, setiap kebaktian harus menyelesaikan jumlah tersebut.

Sebelum melafal Amituofo, maka terlebih dulu membaca “Sutra Usia Tanpa Batas”, atau juga boleh membaca Amitabha Sutra saja, kemudian dilanjutkan dengan melafal Amituofo 10 ribu kali, kalau tidak sanggup maka boleh memulainya dari tiga ribu lafalan, kemudian berkembang jadi lima ribu lafalan dan seterusnya, begini juga boleh.

Setiap hari mengamalkannya, kebaktian pagi dan sore tidak pernah absen, lama kelamaan memeliharanya jadi kebiasaan, ketika waktu tiba, dengan sendirinya lafalan Amituofo akan berkumandang di sanubari.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2016


蕅益大師教導我們,我們要想念到一心不亂,用什麼方法?也不是別的方法,教給我們用念珠,也就是說記數,開始念佛的時候要記數,記得清清楚楚,記得分明。要刻定課程,就是一天,初念的時候不要定太多,太多做不完會懈怠,就沒法子繼續下去了,所以寧願功課少定,一定要把功課做完。通常是一部《無量壽經》,或者是一部《阿彌陀經》,用《阿彌陀經》的人多,也非常好,一萬聲佛號,一部《無量壽經》,三千聲佛號、五千聲佛號都行。每天幹,早晚一次不缺,久久就養成習慣,到時候自自然然佛號就提起來了。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第三二八集)  2016/5/8