Bodhisattva dalam membebaskan manusia dari penderitaan, cara yang
terbaik adalah menyelenggarakan pendidikan kesusilaan. Tempo dulu ketika kami
masih duduk di bangku sekolah, di dalam buku sekolah pernah tercantum kisah Wu
Xun yang merupakan seorang pengemis.
Orang-orang memberinya uang, dia mengumpulkannya buat mendirikan
sekolah, mengundang guru yang mempunyai etika moral untuk menjadi tenaga
pendidik.
Wu Xun sendiri tidak pernah mencicipi pendidikan sehingga jatuh jadi
pengemis, namun dia merupakan pengemis yang suka belajar, sehingga bercita-cita
membangun sekolah, oleh karena dirinya sendiri tidak sanggup menjadi tenaga
pendidik, maka itu ketika melihat ada calon guru yang sesuai, dia akan pergi
berkunjung dan berlutut di depan rumah guru tersebut, memohon dan menggugah
agar bersedia menjadi tenaga pengajar di sekolahnya.
Pengemis ini tidak memiliki tujuan lain, namun cita-citanya adalah demi
mendidik generasi penerus, bayangkan, betapa mulianya, para hartawan jadi
tergugah oleh tindakannya, sehingga bukan saja satu gedung sekolah yang
berdiri, pengemis juga bisa menjadi insan suci.
Sepanjang hidupnya, Konfusius juga menjadi penyelenggara pendidikan, Wu
Xun juga berhasil mewujudkannya, bedanya cuma Konfusius sendiri langsung
menjadi tenaga pengajar, sedangkan Wu Xun mengundang orang lain jadi tenaga
pengajar.
Dengan ketulusan dan perasaan hormat Wu Xun mengundang calon guru di
sekolahnya, setiap guru juga memikul beban tanggung jawab, mendidik
murid-muridnya dengan baik.
Manusia di dunia ini, yang paling utama mesti memahami adanya kelahiran
dan kematian, setiap orang takkan berdaya menghindarinya, masalah kelahiran dan
kematian ini pasti bisa disaksikan langsung dengan mata kepala sendiri.
Ayah dan anak, abang dan adik, suami istri dipisahkan oleh kematian,
saling menangisi, siapa yang bisa terhindar darinya? Tidak ada satupun.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2016
菩薩救苦救難,最重要的救苦救難怎麼救法?最好的方法、最重要的方法,辦學。中國歷史上出現一個武訓,從前小學教科書裡頭有,現在大概沒有了,以前有,我們讀小學的時候有,讀過武訓這篇教科書。叫化子,人家供養他的錢,他拿來辦學校,請這些有道德有學問的人來教書。他自己沒有受過教育,所以淪落到乞丐,乞丐也要興學、也要辦學校,自己沒有能力教,有能力教的人,去跪到他門口長跪,求他出來,感動人。一個乞丐不為別的,為下一代著想,你說這個多偉大,這些富有人家都被他感動,不止辦一所,乞丐也能作聖人。孔老夫子一生辦學,武訓也能做到,夫子是自己教,武訓是請別人教,真誠恭敬心去禮請,每個老師都負責任,都把這些孩子們教好,不容易。
人在世間,頭等大事就是知道有生有死,這段經文就告訴我們這個信息,任何一個人無法避免的,生死之事,必自見之,你親身去體會,父子、兄弟、夫婦,死別之時,互相哭泣,誰能夠避免?沒有一個。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四O一集) 2016/11/13
Makhluk awam di
enam alam tumimbal lahir, tidak mengetahui bahwa segala sesuatu di dunia ini
hanyalah berupa khayalan semu, menyangka bahwa semua ini adalah nyata adanya.
Kita yang berada
di dalamnya, sungguh sedang berada di dalam alam mimpi. Dengan perkataan
“mimpi”, anda akan mudah memahaminya, anda mempunyai pengalaman berada dalam
mimpi, tetapi begitu terbangun dan membuka mata, kita masih saja berada di
dalam mimpi, terhadap segala fakta kebenaran justru tidak memahaminya, masih
saja sibuk memperebutkan ketenaran dan keuntungan, menciptakan berbagai karma
buruk. Sebaliknya kalau benar-benar sudah siuman, maka akan berdana dan
melakukan karma baik.
Karma buruk
kelak berbuah dengan jatuh ke tiga alam rendah, karma baik mengantar pada
kelahiran di tiga alam bajik, masih juga tidak mampu keluar dari enam alam
tumimbal lahir, penderitaan enam alam tumimbal lahir ini sudah kenyang anda cicipi,
lantas bagaimana?
Maka itu tujuan
utama dari belajar Ajaran Buddha adalah mengakhiri tumimbal lahir. Andaikata
anda tidak bermaksud keluar dari enam alam tumimbal lahir, maka anda ini sudah
salah besar.
Kita telah
bersua dengan Pintu Dharma terunggul, ini berkat pelatihan diri selama kalpa
yang tak terhingga, tanpa jodoh begini mustahil anda bisa bersua dengannya,
maka itu hendaknya memperkokoh keyakinan hati, tiada keraguan sama sekali,
membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, berniat terlahir ke Alam
Sukhavati, takkan ada seorang pun yang tidak berhasil, begini barulah betul.
Kalau memang
sudah siuman (sadar dari mimpi) maka dalam kehidupan ini mesti menggenggam erat
kesempatan ini, saya mesti terlahir ke Alam Sukhavati, dengan demikian barulah
bisa mengakhiri tumimbal lahir, bukan hanya itu saja, bahkan juga berhasil
melampaui Dasa Dharmadhatu.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2016
六道凡夫,不知道世間萬物都是幻夢空花,誤為實有,誤會,天大的誤會。我們在這裡頭是什麼?真的是在作夢。夢你容易懂,你有作夢的經驗,我們睜開眼睛是在作夢,對於真相一無所知,還在這裡頭爭名奪利,造惡業,明白了,布施供養造善業。惡業來世三惡道,善業來世三善道,出不了六道輪迴,六道裡頭的苦夠你受的,怎麼辦?所以學佛第一個目的是要離開六道輪迴。你在佛陀這個學校裡,小學畢業了,在佛法裡名詞叫證阿羅漢果,你超越六道輪迴了,要真幹,你要不超越六道輪迴,你就錯了。
我們遇到的法門無比的殊勝,這是無量劫修來的,沒有這個緣分你遇不到,你遇到有堅定的信心,沒有絲毫懷疑,信願持名,一直念下去,求生淨土,沒有一個不成就,這是對的。真正覺悟了,這一生一定掌握,我要往生極樂世界,那就超越六道,不但超越六道,超越十法界。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四O一集) 2016/11/13
Usia manusia di dunia ini ada batasnya, panjang atau pendek umur manusia
juga sudah ditentukan sebelumnya, peramal juga ada yang ahli, kalau yang ahli
biasanya ramalannya tepat. Tetapi apakah ahli nujum dapat meramal nasibnya
sendiri? Justru dia tidak mampu meramal nasibnya sendiri, dia harus mencari
orang lain untuk meramal nasibnya.
Yang namanya nasib itu sudah ditentukan sebelumnya, tetapi dia juga bisa
berubah, seperti yang disebutkan di dalam sutra Buddha, “Segala sesuatu muncul
dari hati dan pikiran”, demikian pula dengan nasib manusia, berubah mengikuti
perubahan niat pikiran.
Dengan niat pikiran yang baik maka nasib pun akan berubah jadi baik;
sebaliknya dengan niat pikiran yang jahat, nasib baik akan berubah jadi apes.
Maka itu nasib jelek bila menimpa seorang praktisi yang serius melatih diri,
tetapi nasib jelek ini malah akan berubah jadi membawa peruntungan baginya.
Maka itu di dunia ini tidak hal yang tidak bisa berubah. Klasik pertama
Tiongkok adalah berjudul “Yijing (buku perubahan)”, tidak ada sesuatu apapun
yang tidak berubah. Segala fenomena berubah dengan cepat.
Apabila anda mampu mempertahankan niat pikiran baik, meskipun cuma
beberapa menit saja, maka ini sudah sungguh sulit diperoleh, apalagi bisa
mempertahankan niat baik untuk jangka panjang, maka bagaimana mungkin nasib
anda tidak berubah jadi baik? Kian lama hasilnya kian tampak jelas.
Nasib itu ada di tangan siapa? Ada pada diri sendiri, bukan di tangan
orang lain. Kebenaran ini tidak boleh tidak dipahami. Kita datang ke dunia ini
adalah dikarenakan kekuatan karma, baik karma baik maupun karma buruk yang dilakukan
pada masa kelahiran lampau, sementara itu diri sendiri tidak sanggup menjadi
majikan bagi diri sendiri.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2016
世間人生死都有個定數,壽命長短真有定數,看相算命有高手、高明的,確實算得很準確。但是,中國古人有一句話說得好,「當局者迷,旁觀者清」。看相算命的能不能給自己算?給自己算就不靈了,他要找別人給他算,他沒有辦法算自己,自己是當局,別人是客觀,站在對方,客觀。命它有數,有數換句話說,它也不是一成不變。還是佛經講得好,「一切法從心想生」,人的命運也跟著念頭轉,隨著念頭生,念頭善,他的命運往好的這方面轉;念頭不善,心行不善,好命運變成壞命運,會變的。所以說,不好的命運遇到高明的人,他真能夠修行,他還是能修得大富大貴。所以世間沒有一成不變的法。中國第一部經叫《易經》,易就是很容易,很容易產生變化,沒有一樣東西是不變的。你看這一段經文裡面,我們所體會到的,這變化多快,所有一切現象的變化都是在二千二百四十兆分之一秒完成的。速度太快了!你這個善念要能保持個幾分鐘,幾秒鐘都很難得,要長年保存,你的命運怎麼會不改變?哪有這種道理?時間愈長變化愈明顯。
命運掌握在誰的手裡?在自己,不在別人。這個道理不能不懂。我們到這個世間來,那是業力來的,過去善業惡業,善惡業來的,自己做不了主。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四O一集) 2016/11/13