Mengulangi membaca buku sebanyak ribuan kali, maknanya dapat dipahami
dengan sendirinya. Dapat memahami makna dengan sendirinya disebut sebagai
pencerahan, jadi guru takkan menerangkan maknanya, oleh karena apa yang
dipahami guru adalah pencerahannya sendiri, bukan pencerahanmu. Jadi kalau anda
cuma mengandalkan penjelasan dari guru maka selamanya anda tidak bisa
tercerahkan.
Guru harus memberi kesempatan bagimu untuk tercerahkan, maka itu
menyuruhmu membaca berulang-ulang, setelah mengulang sebanyak seribu kali, guru
akan menyuruhmu untuk menjelaskan apa yang anda pahami, inilah ujian. Kalau
penjelasanmu ternyata salah, maka guru akan menyuruhmu mengulangi membaca lagi,
menunjukkan dimana letak kesalahanmu, tetapi apa alasannya beliau takkan
mengungkapkannya, anda akan disuruh mengulangi membaca seribu kali lagi.
Setelah mengulangi hingga dua ribu kali, pencerahanmu akan kian
mendalam, apalagi mengulangi sampai sepuluh ribu kali, maka tak perlu dikatakan
lagi. Orang tempo dulu waktu ujian adalah secara massal, mungkin setelah
mengulangi hingga tiga ribu kali.
Setelah berhasil dalam ujian, maka boleh turun ke dalam masyarakat, di
mana-mana akan ada yang mengundangmu untuk memberi ceramah, jodohpun datang
menghampiri. Jodoh apa? Ketenaran dan keuntungan, kekayaan dan rupa, datang
mengelilingi dirimu, saat begini bagaimana dengan dirimu?
Apabila anda tidak memiliki landasan yang kokoh, maka mudah mengalami
kemerosotan batin, godaan di luar itu sungguh luar biasa! Bahkan beraneka ragam
banyaknya! Anda tidak sanggup menahannya.
Maka itu mengapa pelajar jaman dulu memilih untuk tinggal di atas
pegunungan, membangun gubuk dan mengasingkan diri. Hanya saja sekarang tidak
punya jalan lain, orang yang dibesarkan di dalam masyarakat masa kini, mana
sanggup tinggal di atas pegunungan, menghuni gubuk, dia takkan bisa betah, dia
merasa begitu kesepian, tidak sanggup meneruskan hidup dengan cara begini.
Meskipun demikian, meneladani kehidupan insan suci bukanlah mustahil, sesulit
apapun, asalkan anda bisa menaklukkan segala rintangan, takkan tergoda oleh
kondisi luar, dengan begini barulah bisa berhasil.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Desember 2016
讀書千遍,其義自見,自見就是悟了,念熟了他就開悟了,一千遍小悟,二千遍三千遍大悟,三千遍五千遍大徹大悟。你說來個一萬遍,老師點頭,他這科就畢業了。老師不講的,老師講什麼?是老師的悟處,不是你自己的悟處,這個不行。那你要記住老師的,你一生不會開悟。老師要給機會叫你開悟,只教你讀遍數,你講給我聽,我不講給你聽。讀一千遍,講一遍給我聽,那是考試。講錯了的,告訴你再念,只給你講你哪個地方講錯了,怎麼錯的不談,你再念一千遍。到第二千遍念完之後再講一遍,前面錯誤改了,為什麼?你悟得比較深,悟的面廣了。到一萬遍就沒得說了。古人在一起考試的,大概是三千遍平常的,三千遍。一萬遍那功底太厚了,那真的是一代大儒,這個大儒出現,那就不是小成就,大成就,祖師大德,肯定是超過三千遍以上。
所以成就之後,進入社會。現在這個機會就更多,到處請你去講演,請你去教學。緣就來了,什麼緣?名聞利養,財色名利就圍繞著你了,這時候看你怎麼辦?你要沒有真實的功底,你就完了,很容易墮落,外面的誘惑太大了!太多了!是你無法擋住的。所以從前讀書人選擇深山,搭個茅蓬,跟外面隔絕。現在沒有辦法,現在這個社會裡頭長大的,你叫他住深山住茅蓬,他住不習慣,他覺得太寂寞了,他住不下去。
所以聖哲是可以學得到的,很難很難,你要能克服重重難關,不為外面境界誘惑,這才行。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四O三集) 2016/12/18
Yang harus diperhatikan oleh praktisi pelafal Amituofo setiap harinya
adalah jangan sampai lafalan Amituofo jadi terputus. Beban pikiran tahun demi
tahun kian berkurang, ini merupakan fenomena yang bagus.
Sebaliknya apabila beban pikiran terus bertambah, tabiat makin jelek,
masih saja seperti dulu tidak berubah, ini artinya anda tidak mengalami
kemajuan batin! Kalau sudah begini maka harus melakukan introspeksi diri,
soalnya kalau begini terus, sampai saat menjelang ajal, tidak punya harapan
bisa terlahir ke Alam Sukhavati.
Makanya banyak yang gagal terlahir ke Alam Sukhavati, seperti yang
dikatakan sebagai, diantara sepuluh ribu praktisi pelafal Amituofo, yang
berhasil terlahir ke Alam Sukhavati cuma beberapa orang saja, jadi kalau kita
berada diantara sepuluh ribu orang tersebut, maka kita harus mendapat rangking
sepuluh besar baru bisa.
Kalau tidak mendapat rangking sepuluh besar maka kemungkinan besar
adalah tidak lolos ke Alam Sukhavati, lantas bagaimana? Master Hai Xian telah
memberikan teladan kepada kita semuanya, apabila setiap insan bisa
meneladaninya, maka tiada satupun yang takkan berhasil.
Meneladani beliau untuk melepaskan kemelekatan, saat berusia lanjut
beliau tinggal di dalam gubuk, meskipun sebuah gubuk namun di dalamnya ada
praktisi sejati, lebih bernilai daripada membangun vihara megah.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Desember 2016
念佛人每天注意的,就是佛號不斷。煩惱一年比一年輕,一個月比一個月輕,這是好現象,瑞相。如果煩惱習氣,跟過去跟昨天還是一樣,今天沒進步!這就要提高警覺,那一天一天這樣下去,到壽命盡的時候,依舊伏不住,這一生就去不成了。要記住真有,很多去不成,所謂一萬個念佛人,真正能往生的,只有幾個人而已,我們要在一萬人當中,要排名前十名才行。你要排不到前面十名,不保險,那怎麼辦?海賢老和尚給我們做了榜樣,學他就行了,他來給我們表法,他來給我們做榜樣,針對現前眾生的根機,不是對別人,就是對我們,我們要學他沒有一個不成功。學他真放下。晚年住的是茅蓬,原來來佛寺規模很大,是大廟,不是小廟,文革的時候被毀掉了,所以以後建的都比不上過去的規模。真修行就行,寺廟莊嚴是有好處,讓大家對佛生起恭敬心,但是小茅蓬也有好處,這裡頭有真修的人,佛法重實質不重形式,所以真修比建大廟還有價值,老和尚真修給我們做了榜樣。今天要用什麼方法學佛?學海賢老和尚就成功,第一個榜樣,無比殊勝的榜樣。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四O三集) 2016/12/18
Sebagian praktisi meskipun membangkitkan tekad terlahir ke Alam
Sukhavati, namun masih juga merasa setengah percaya setengah tidak, apakah
benar Alam Sukhavati itu adalah nyata adanya? Dia masih merasa ragu, terhadap
dunia ini dia masih begitu mendambakannya, kehidupan yang dilewati masih
terhitung lumayan, tidak punya niat untuk meninggalkannya.
Padahal sesungguhnya, dalam kondisi dunia sekarang ini, hendaknya
memiliki niat untuk pergi secepatnya, saya mengetahui bahwa dunia ini sudah
kacau, sudah sampai tahap mana kekacauan ini, saya tidak begitu jelas, tapi
saya dapat merasakan bahwa kekacauan ini sudah tidak sanggup dipikul lagi,
benar-benar ingin keluar darinya.
Saya pernah mengatakan kepada praktisi sekalian bahwa sudah lebih dari
50 tahun lamanya saya tidak pernah menyaksikan siaran televisi, tidak membaca
surat kabar dan majalah, terhadap kekacauan masyarakat ini, saya sama sekali
tidak mengetahuinya, barulah hati dan pikiran bisa suci. Kalau tiap hari
melihat hal begini, tiap hari diisi dengan hal begini, bagaimana hati dan
pikiranmu bisa jernih?
Selain buku sutra dan yang dapat membantuku, hal lainnya tidak saya
lihat. Sekarang sutra yang saya baca seluruhnya adalah tiga sutra dan satu
sastra Aliran Tanah Suci, sastranya adalah “Wang Sheng Lun”, tujuannya adalah
supaya benar-benar mengenal dan memahami Alam Sukhavati, tempat yang hendak
kita tuju ke sana, belajar pada Buddha Amitabha, menerima ajaran Buddha
Amitabha.
Sedangkan tingkatan Bunga Teratai yang dicapai hendaknya janganlah
dipersoalkan, buat apa dipikirkan? Walaupun cuma mencapai tingkatan paling
rendah, saya juga sudah merasa puas, oleh karena Buddha Amitabha akan
mengajariku dari tingkatan paling dasar, dengan demikian akar yang ditanam
tentu saja akan begitu kokoh.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Desember 2016
一般人求往生半信半疑,真有嗎?他還懷疑,對於求往生,這個地方還貪戀,這日子過得不錯,還很好,還不想馬上就去。真的,在我們今天這個世界環境,應該馬上就去,我知道世界亂,亂到什麼程度我還不清楚,這樣的亂象,我已經感覺得受不了了,想走了。我給同學們說過,我有五十多年沒看電視,沒看報紙,沒有看雜誌,對於社會的亂象我一無所知,所以那個心才能清淨。天天看這個東西,天天裝這個東西,你的心怎麼清淨得了?
我們除了佛經,對我有幫助的,其他的都不看。現在所看的經,完全是淨土三經一論,論是《往生論》,目的,真正認識極樂世界,明瞭極樂世界,那是我們嚮往的地方,親近阿彌陀佛,接受阿彌陀佛的教誨。往生品位別去想它,想它什麼?有競爭,我不跟人競爭,高的品位都給你們,我只要下下品往生就很好了,很滿意了。為什麼?下下品往生,阿彌陀佛給我們扎根,這個根可扎得穩,我不是當中插班,有什麼不好?
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四O三集) 2016/12/18