Dalam kehidupan
keseharian, yang merupakan harapan satu-satunya adalah berharap Buddha Amitabha
datang menjemputku, kapan saja Buddha datang menjemputku, saya sudah siap pergi
mengikutiNya. Selama Buddha belum datang menjemputku maka saya akan senantiasa
menanti kedatanganNya, lantas apa yang harus dilakukan untuk menanti
kedatanganNya? Melafal Amituofo menanti kedatanganNya, menyebarluaskan Ajaran
Sukhavati sambil menanti penjemputan dari Buddha Amitabha.
Dengan kata
lain, memperkenalkan Pintu Dharma ini secara meluas kepada semua makhluk, agar
setiap insan dapat menerima dan mengamalkan Ajaran Sukhavati, Pintu Dharma yang
terunggul tiada bandingnya.
Seperti yang
disebutkan di dalam tekad agung Buddha Amitabha yang ke-18, walaupun dalam
kehidupan ini melakukan Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan, yang
akibatnya jatuh ke Neraka Avici, terutama di dalam masyarakat sekarang ini,
siapa yang tidak melakukan perbuatan asusila? Siapa
yang tidak berdusta, menghasut, merayu, berkata kasar? Siapa yang tidak
memiliki lobha, dosa dan moha?
Orang yang melakukan Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan pasti
jatuh ke Neraka, bila kita perhatikan prilaku masyarakat sekarang ini,
terlampau mengerikan!
Yang penting adalah melihat kembali ke dalam diri sendiri, apakah diri
sendiri juga melanggar sila? Apabila ada maka segeralah memperbaiki diri, bila
tidak ada maka tingkatkan mawas diri, masih sempat kembali ke jalan yang benar.
Asalkan sehela nafas belum terputus, bertobat dengan kesungguhan hati
dan kembali ke jalan yang benar, membangkitkan keyakinan, tekad dan melafal
Amituofo, menyempurnakan tiga bekal ini, Buddha Amitabha bermaitri karuna,
pasti datang menjemput dirimu.
Jasa kebajikan apa yang paling besar? Membantu para makhluk menjauhi
penderitaan yang sesungguhnya dan memperoleh kebahagiaan sejati, jasa kebajikan
ini merupakan yang terunggul, tiada lagi yang bisa sebanding dengannya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 November 2016
在日常生活當中,唯一的一個希望,就是希望阿彌陀佛來接引我,什麼時候來我什麼時候就跟他去。他不來,我們在這等他,怎麼等?念佛等他,弘經等他。也就是說,把這個法門普遍的介紹給一切有緣眾生,希望大家都知道,希望大家都照這個法門修學,這個法門無比殊勝。就像阿彌陀佛第十八願所說,縱然這一生無知,造作的五逆十惡,那是地獄業,無間地獄,造的人很多,你把十善業道,不要講別的,這是最普通的、最通俗的拿來對照一下,現在這個社會上的人,誰不幹殺盜淫?誰不妄語、兩舌、綺語、惡口?誰沒有貪瞋痴?五逆十惡必墮地獄,這十惡擺在面前,我們細心觀察,一一來對照,太可怕了!最重要的是要回頭看看自己,自己有沒有犯戒?有沒有造作?有則改之,無則加勉,還來得及。只要你一口氣沒斷,真正懺悔回頭,信願行三資糧具足,阿彌陀佛慈悲,會來接引你。什麼樣的功德最大?幫助眾生離究竟苦得究竟樂,這個功德第一,沒有能夠跟它相比的。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第三九八集) 2016/11/6
Dunia sekarang ini, dalam lingkungan kehidupan yang sedemikian rupa,
bagi praktisi yang membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, justru
merupakan keadaan yang bagus. Andaikata lingkungan kehidupan sekarang ini
tampak begitu damai dan makmur, kehidupan juga dilewati dengan begitu nyaman,
justru akan membuat praktisi jadi lupa diri, beranggapan bahwa hidup di dunia
ini cukup lumayan, jadi mendambakannya dan tidak ingin pergi meninggalkannya,
maka itu mengapa dunia ini membuat dirimu, baik sandang maupun pangan, duduk
maupun berdiri, senantiasa resah dan gelisah.
Keadaan masyarakat sekarang ini adalah berkedudukan tinggi tapi tidak
merasa aman, kaya tapi tidak bahagia, lantas bagaimana? Barulah terpikir mau
melafal Amituofo, barulah merasa bahwa Alam Sukhavati yang terbaik, serius
melatih diri, membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo.
Maka itu keadaan yang tidak menyenangkan sekarang ini justru membantu
kita melatih diri, segala kemelekatan di dunia ini hendaknya dilepaskan, tiada
satupun yang pantas didambakan.
Apabila bertemu dengan jodoh menyebarluaskan Ajaran Sukhavati, maka
lakukanlah dengan serius. Apabila berhasil melakukannya, maka ini berarti para
makhluk mempunyai berkah, kekuatan Buddha memberkati, jadi janganlah menganggap
ini merupakan jasa kebajikan diri sendiri, berapapun kebajikan yang telah
dilakukan, anggaplah saya tidak melakukannya, justru keberhasilan ini adalah
pemberkatan kekuatan Buddha dan Bodhisattva, semua orang yang mengerjakannya,
begini barulah merupakan jasa kebajikan yang sesungguhnya.
Di dalam Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas yang ditulis oleh Upasaka
Huang Nian-zu, terdapat kalimat yang penting, yakni menasehati manusia di dunia
ini, menjauhi kejahatan dan menimbun kebajikan. Para Buddha melakukan tugas
ini, kita juga melakukan tugas ini, kita memulainya dari diri sendiri, agar
orang lain melihatnya, barulah mereka mau mendengar apa yang kita ucapkan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 November 2016
這個世界,這個環境,對於這種修行人,求往生的人說,好環境,如果這個環境是太平盛世,生活非常好,對於學佛就忘掉了,這世間不錯,還挺值得留戀的,不想去了,所以這個世間讓你,衣食住行坐立不安。真的,貴而不安,富而不樂,這怎麼辦?這就想到念佛,還是極樂世界好,認真努力,信願持名,幫助我們做逆增上緣,這個世間一切萬緣統統放下,沒有絲毫留戀,真實的功德遇到了,努力去做。做成就了,眾生有福,佛力加持,不要自己居功,我做了多少好事,我沒做,佛菩薩加持的,大家做的,這真實功德。
我們看念老的註解,這八個字是綱領,勸諭世人,捨惡修善。佛幹這個事情,我們也要幹這個事情,我們在今天幹這個事情,從自己認真幹起,讓別人先看,然後再聽我講。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第三九八集) 2016/11/6