Usia itu sesungguhnya sudah ditentukan. Tempo dulu ketika saya memberi
ceramah di Los Angeles, salah satu hadirin ternyata adalah seorang ahli nujum
yang mampu meramal dengan tepat, namanya adalah Upasaka Weng Yang-chun,
meskipun beliau menderita cacat, tidak leluasa bergerak, duduk di atas kursi
roda, namun pikirannya sangat jernih.
Oleh karena sesama sahabat se-Dharma, begitu ceramah selesai maka banyak
umat lainnya yang datang mengerumuni Upasaka Weng, meminta beliau meramal
nasib.
Waktu itu saya tinggal di sana selama satu kurun waktu, jadi akrab
dengan Upasaka Weng, beliau juga meramal nasibku, katanya usiaku cuma sampai 45
tahun saja.
Setelah usia 45 tahun berlalu, perpanjangan masa hidupku di dunia ini
adalah pemberkatan dari Buddha dan Bodhisattva. Ini adalah buah akibat yang
diperoleh dari melenyapkan kejahatan dan menimbun kebajikan.
Sebaliknya apabila melakukan karma buruk, maka usia panjang juga bisa
berkurang jadi usia pendek, umpamanya semula bisa hidup sampai usia 78 tahun,
tapi karena berbuat jahat akhirnya usia 40 atau 50 sudah tamat riwayatnya;
apalagi kalau sering berbuat jahat, maka usia 20 atau 30 sudah menemui ajal.
Maka itu nasib bukanlah sesuatu yang bersifat tetap dan tidak bisa
diubah lagi, semuanya adalah terpulang kembali pada niat pikiran yang timbul,
ucapan dan tindakan, karma baik dan karma buruk yang kita perbuat akan menambah
atau mengurangi usia, pahala dan kecerdasan kita.
Kalau memang nasib kita bersifat tetap dan ahli nujum juga mampu
meramalnya dengan sangat tepat, maka kesimpulannya adalah sepanjang hidup anda
tidak melakukan kebajikan besar atau kejahatan besar, jadi biasa-biasa saja,
dengan demikian barulah nasibmu bisa diramalnya dengan tepat.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Desember 2016
壽命實在講是有一定的。我早年在洛杉磯講經,聽眾當中有一個道友,算命算得準,算得好,翁陽春居士,雖然他有殘疾,行動不方便,要坐輪椅,但是頭腦很清楚。因為是同參道友,所以講完經之後,就有很多同修圍著他,請他看相算命。我在那邊住了一段時期,跟他很熟,他也問我的八字,給我算算命,真的壽命只有四十五。四十五歲以後的壽命是延長的,佛幫助我們延長的。這就是斷惡修善所得的果報。如果要造作惡業,壽命長的會減壽,壽命應該活到七十八十,四十五十就走了;要是作惡多端,嚴重的罪過,二十三十也走了。所以壽命不是個定數,完全在我們每天起心動念,言語造作,這是善惡因,會把壽命,把福報,把聰明智慧,天天都有加減乘除,不是定數。如果是定數算得很準的,那就是說,你這一生日常生活當中,沒有什麼大善大惡,平平常常,那就被他算定了。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四O三集) 2016/12/18
Usia yang semula panjang kini berkurang jadi usia pendek, mulanya bisa
hidup sampai usia 80 tahun, tetapi belum sampai usia 60 tahun sudah tamat
riwayatnya. Orang-orang begini di dalam masyarakat sekarang banyak ditemukan,
anda bisa mengamatinya dengan seksama.
Karma buruk yang dilakukan melalui tubuh jasmani adalah membunuh,
mencuri dan asusila. Karma buruk yang dilakukan melalui mulut adalah berbohong,
menghasut, berkata kasar dan merayu. Karma buruk yang dilakukan melalui pikiran
adalah lobha, dosa dan moha. Sepuluh butir karma buruk ini disebut sebagai Sepuluh
Kejahatan.
Apabila sering melakukan karma buruk maka usia panjang akan berkurang
menjadi usia pendek, malapetaka muncul di hadapan, otak pun jadi kian bodoh,
oleh karena sudah terbiasa berbuat jahat sehingga tidak ada kejahatan yang
tidak dilakukannya, tidak percaya pada Hukum Sebab Akibat, mengira bahwa agama
adalah kepercayaan takhayul. Masa kini, orang-orang serupa ini banyak sekali,
maka itu bencana di dalam masyarakat juga banyak sekali, malapetaka menyerang
bertubi-tubi.
Saat ini dia masih belum menyadarinya, masih saja berbuat jahat, tidak
tahu bahwa setiap hari pahalanya terus menyusut. Di dalam hatinya banyak niat
jahat, pikiran rumitnya begitu banyak, jiwa raganya tidak pernah damai, kaya
namun tak bahagia, berkedudukan namun tidak merasa tenang.
Beginilah keadaan manusia dunia sekarang ini, cobalah amati dengan
seksama, anda dapat melihatnya dengan jelas. Orang-orang begini kelak akan
jatuh ke tiga alam penderitaan, yang paling berat adalah jatuh ke Neraka Avici;
yang lebih ringan jatuh ke Alam Setan Kelaparan; lebih ringan lagi, jatuh ke
Alam Binatang.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Desember 2016
本來的壽命減短,縮短,該活到八十歲的,沒到六十歲就走了。這種人在現在社會裡頭很多,你只要細心去觀察。起心動念是意業。分為身、口、意,身造殺盜淫,口造作的是妄語、兩舌、惡口、綺語,念頭,起心動念貪瞋痴,這叫十惡。十惡統統都造了,很容易跟經上講的罪造到極處了,那就是惡貫滿盈,惡貫滿盈你的命就改變了,壽命縮短,災難現前,人也愈來愈愚痴,造作一切罪惡成為習慣了,無惡不造,不相信因果報應,認為宗教都屬於迷信。現在這樣的人多,所以社會災難很多,真是天災人禍天天都有。就在眼前,他完全沒有感覺,依然如故,不知道每天都在折福,都在迷惑。心裡面惡念很多,雜念很多,身心不安,富而不樂,貴而不安。這是現在的人間相,仔細觀察,你看得清清楚楚明明白白。這些人,他將來的前途是三惡道,罪極重的,無間地獄;輕一等的,餓鬼;再輕一等的,畜生。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四O三集) 2016/12/18
Murid-murid Konfusius memuji guru mereka sebagai sosok yang memiliki Lima
Kebajikan yakni ramah, bajik, hormat, bersahaja dan mengalah.
Dalam kehidupan keseharian, kita berinteraksi dengan orang lain,
hendaknya bersikap ramah dan bajik. Konfusius menampilkannya keluar, sehingga
murid-muridnya menghormatinya, dalam berinteraksi dengan orang lain juga
hendaknya bersikap hormat, takkan ada keangkuhan sama sekali.
Hidup bersahaja, kesederhanaan adalah memupuk berkah, yang terakhir
adalah rendah hati dan mengalah, suka mengalah pada orang lain. Masyarakat masa
kini malah menggalakkan persaingan. Sejak kecil anak-anak telah diajari
ayahbundanya untuk bersaing, di sekolah harus mendapat rangking pertama,
bersaing mati-matian dan harus sukses.
Sejak kecil sudah dididik harus begini, bukankah ini sungguh celaka,
sudah besar nanti mau jadi apa, tentu saja jadi orang yang suka bersaing,
berseteru dan suka berperang, mudah mengundang malapetaka, bencana dan musibah.
Andaikata selalu berbuat semaunya, menuruti kesukaan sendiri, kejahatan
apa saja juga berani dilakukan, sampai ketika Dewa dan Malaikat datang membuat
perhitungan dengannya, oleh karena sering berbuat jahat sehingga pahalanya
terus menyusut dan habis, balasan karma buruk langsung menimpanya, mungkin
menderita penyakit kritis.
Banyak penyakit kritis yang membuat pasien mengalami siksaan yang tak
terungkapkan dengan kata-kata, kenyataannya bagaimana? Dia telah digiring oleh
setan kecil ke Neraka untuk menjalani siksaan, sementara itu di dunia, masa
hidupnya belum habis, dia jatuh sakit dan menderita penyakit kritis, dia
terbaring sakit dan tidak mampu bangkit dari tempat tidurnya, kenyataannya
kesadaran (roh)-nya telah digiring setan kecil ke Neraka untuk menjalani
siksaan, contoh-contoh begini banyak sekali, kalau saja anda mengamatinya dengan
seksama, tiap hari juga bisa ditemukan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Desember 2016
夫子的學生對老師的讚歎,老師有五德,溫良恭儉讓。我們在日常生活當中,處事待人接物,態度要溫和、要善良。孔老夫子表現在外面,孔門弟子恭敬,對人對事對物學恭敬,沒有絲毫傲慢;節儉,生活節儉培福,後面謙讓,謙虛,喜歡讓別人。現在這個社會提倡的,非常嚴重的一個字,提倡什麼?爭。父母教小孩上幼稚園要競爭,要考上第一名,要拼命去競爭,要出人頭地。從小就這樣教,這還得了嗎,以後他長大了成什麼樣的人物,就喜歡競爭、鬥爭、戰爭,容易招來的人禍,天災人禍。
所以釋迦的五德,放下貪瞋痴慢疑,夫子的五德表現在外面,溫良恭儉讓。好,至少做中國人,接受中國傳統文化的薰陶,一定內聖外王,裡面是聖人,貪瞋痴慢疑斷了是聖人,外面溫良恭儉讓,成就自己也幫助別人,做榜樣給人看。如果我們的心行跟這十樁事情相違背,相反,那就是經上講的 恣意作惡,隨便,順著自己的喜愛,什麼壞事都敢幹,等到他惡貫滿盈,上天鬼神就要跟他算帳了,他的福報因為作惡太多,福就享盡了,惡報就現前了,或是生重病。有很多生重病苦不堪言,實際上呢?他已經被小鬼帶到地獄裡頭受罪,在人間他還有壽命,他生病,重病,雖然生重病不能起床了,他的神識被小鬼帶到地獄受罪,很多,只要你留意,天天都會看到。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四O三集) 2016/12/18
Mari kita lihat kalimat sutra yang selanjutnya, yakni “Hendaknya
menjauhi nafsu cinta”. Manusia di dunia ini memiliki ikatan kasih yang begitu
erat sehingga sulit diputuskan. Sementara itu nafsu keinginan itu tak
terpisahkan dari ketenaran dan keuntungan, dua rintangan ini sulit dilewati,
apalagi kekayaan dan rupa.
Yang saya lihat sendiri, mereka yang tempo dulu pernah mengikutiku,
kemudian meninggalkan diriku, ada yang pernah mengikutiku selama belasan, 20,
bahkan 30 tahun lamanya, namun akhirnya mengalami kemerosotan batin, apa
sebabnya?
Empat rintangan di atas (kekayaan, rupa, ketenaran, keuntungan), ketika
belum berjodoh (masih belum ada kesempatan), maka dia takkan memikirkannya,
tetapi ketika ada jodoh berinteraksi dengannya, maka dia tidak sanggup menahan
diri.
Saya takkan menyalahkan dirinya, hanya saja merasa sungguh disayangkan,
sungguh tidak beruntung jatuh ke jalan sesat. Kekayaan, rupa, ketenaran dan
keuntungan, empat jalan sesat ini ada di sekeliling dirimu, bila tidak
hati-hati maka jatuh ke dalam perangkapnya, seluruh pelatihan dirimu jadi
sia-sia, masa kelahiran mendatang, bahkan alam manusia juga tidak bisa
diperoleh, bukankah dirimu sungguh memprihatinkan!
Belajar sepanjang hidup, ceramah juga pintar, omongannya beralasan, saya
juga ikut memuji, namun tak terpikir, begitu rintangan menghadang langsung jatuh
ke perangkapnya, tidak mampu melewati cobaan.
Hal inilah yang membuatku jadi sadar, penyebab utama dari kejadian ini
adalah dikarenakan mereka tidak memiliki akar pendidikan kesusilaan. Praktisi
senior jaman dulu, ketika berhadapan dengan cobaan, mereka tetap tak
tergoyahkan, sehingga meninggalkan nama harum sepanjang masa, menjadi teladan
bagi generasi berikutnya, mengapa bisa demikian? Oleh karena mereka menanam
akar pendidikan kesusilaan dengan sangat mendalam.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Desember 2016
我們再看下面這段經文,「當離愛欲」。世間人情很重,很難斷。欲是欲望,名利這兩關很難過,後面還有財色。我自己親眼所見的,在我身邊的,早年跟我,以後離開了,跟我十幾二十年的、三十年的,退心了,變卦了,什麼原因?這四個關,沒有緣的時候他不想,有這個緣分接觸到了,他就保不住了。不能怪他,我是絕對不會責怪的,只感到很可惜,不幸走了邪道。財色名利,四條邪道圍繞在你周邊,一不小心走到裡面去了,完了,你全功盡棄了,來生人道都得不到,你說你可憐不可憐!讀這個經文,對佛菩薩感恩,佛菩薩對我們是何等的愛護!非常可惜,我們把經文沒有看懂,不知道恩德,忽略了,疏忽了,學了一輩子,講得還不錯,講得頭頭是道,我聽了也讚歎,沒有想到一碰到這些就完了,禁不起考驗。這才使我覺悟了,覺悟什麼?扎根要緊,這些人主要的是沒有根。為什麼古大德的成就,在晚年的時候,遇到怎麼樣艱難困苦,他不變節,他能留名給後世,給當代、後世人做好榜樣,他不會變節?根柢厚。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四O三集) 2016/12/18