Sabtu, 31 Desember 2016

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2016


Bodhisattva Maitreya memberitahukan pada kita, terlebih dulu hendaknya menyelamatkan diri sendiri. Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah diri sendiri tidak boleh melonggarkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati. Persoalan lainnya cuma masalah sepele, yang tiada artinya sama sekali, tidak pantas kita perhatikan, juga tidak pantas kita ungkit-ungkit. Orang begini barulah disebut mempunyai pahala, kita harus menyampaikan ucapan selamat padanya, mengapa demikian? Oleh karena dalam satu masa kehidupan ini dia pasti akan mencapai KeBuddhaan.  

Orang yang bertemu dengan Pintu Dharma Tanah Suci jumlahnya adalah banyak, tetapi yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati jumlahnya malah sedikit. Mengapa setelah bertemu dengan Pintu Dharma ini malah gagal terlahir ke Alam Sukhavati. Alasannya adalah rasa hormatnya pada Buddha masih belum mencukupi, makanya dia tidak berhasil terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Andaikata rasa hormatnya pada Buddha sudah mencukupi, telah sempurna, maka tidak ada alasan tidak berhasil, hal ini harus kita perhatikan dengan seksama.

Apa yang dimaksud dengan menghormati Buddha? Marilah kita membaca bait sutra berikut ini : “Insan yang menghormati Buddha, semuanya adalah insan yang berakar kebajikan besar. Seharusnya melafal Amituofo dengan setulusnya, melenyapkan keraguan”.

Cukup jelas sudah, hendaknya melafal Amituofo, terhadap Alam Sukhavati tiada keraguan sama sekali.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2016

彌勒菩薩告訴我們,首當自度。第一樁大事情,那就是我們決定不能放鬆,要求生極樂世界。其他的事情都是雞毛蒜皮,小事,不值得一顧的,不值得一提的。這個人真的有福了,我們祝福他,為什麼?他這一生必定成佛。

遇到的人多,不少,往生的人不多。為什麼遇到不能往生?因為他當中敬這個意思不足,就在此地。『敬於佛者』,他對佛恭敬不夠,所以他不能往生。如果這個敬字足了,圓滿了,沒有一個不往生的,這我們要特別注意。什麼叫敬?下面念老給我們註解,我們看註。先重複經文,「敬於佛者,是為大善。實當念佛,截斷狐疑」。這兩句是底下一科,四句是個完整的句子,是完整的,兩段,完整的。說得清楚,實實在在應當念佛,對於極樂世界不懷疑。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四O五集)  2016/12/23




 
 
Apa yang dimaksud dengan manfaat yang sesungguhnya? Yakni mencapai KeBuddhaan, setelah anda yakin dan terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan, maka ini serupa dengan seluruh isi Tripitaka telah berhasil anda kuasai. Jasa kebajikan dan manfaat sedemikian rupa mau cari ke mana? Andaikata anda mengabaikan Pintu Dharma ini, maka akan sungguh disayangkan, terlampau disayangkan!

Lihatlah, Buddha Sakyamuni saja malah melepaskan tahta kerajaan, apa yang Beliau inginkan? Yakni pencapaian KeBuddhaan. Segala hal baik yang bersifat duniawi maupun non duniawi, ketenaran dan keuntungan, segala kemelekatan dapat dilepaskan hingga sebersih-bersihnya, pikiran terfokus tak berpencar, sepatah Amituofo ini memperoleh pemberkatan baik dari Buddha Sakyamuni maupun Buddha Amitabha, juga memperoleh pemberkatan dari seluruh Buddha Tathagata di sepuluh penjuru dari tiga masa.

Buddha Amitabha menjelma dalam tubuh jelmaan yang tak terhingga dan tanpa batas, untuk menjemput para praktisi yang akan terlahir ke Alam Sukhavati, sekalipun makhluk yang terlahir pada tingkatan Bunga Teratai yang paling rendah, juga memperoleh pemberkatan 48 tekad agung Buddha Amitabha, sehingga kebijaksanaan, kemampuan gaib dan kemampuan lainnya adalah serupa dengan Buddha Amitabha.     

Dengan perkataan lain, anda juga mampu menjelma dalam tubuh jelmaan yang tak terhingga dan tanpa batas, berjelajah di sepuluh penjuru alam, untuk apa? Untuk memberi persembahan kepada semua Buddha. Ini bertujuan untuk menimbun berkah. Dengan demikian hanya dalam waktu singkat pahala anda sudah jadi sempurna.

Selain menimbun berkah juga harus mengembangkan kebijaksanaan, anda memberi persembahan kepada para Buddha, para Buddha juga akan membabarkan Dharma kepada dirimu, setiap hari ada para Buddha yang tak terhingga yang akan membabarkan Dharma kepadamu, tubuh jelmaanmu yang tak terhingga akan hadir menerima ajaran para Buddha.

Maka itu melatih diri di Alam Sukhavati selama sehari adalah sama dengan melatih diri di penjuru alam lainnya selama kalpa yang tak terhingga. Kenyataan ini mesti dipahami dengan jelas, mengapa demikian? Barulah anda mau menghargai satu masa kehidupan ini, terutama bagi lansia akan semakin menghargai sisa kehidupan ini, takkan lengah lagi, takkan mengabaikannya lagi, mengerahkan segenap hati melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, kesempatan ini jangan sampai terlewatkan.     

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2016

什麼利益是真實的?叫你成佛,你相信了,到極樂世界成佛,就等於是一大藏教你全通了,通達了。這個功德利益到哪裡去找?你要是把它放棄了,叫真可惜,太可惜!釋迦牟尼佛你看帝王不要,要什麼?要這個。世出世間一切,名聞利養,統統捨得乾乾淨淨,一心一意,心無二念,這一句佛號,得釋迦、彌陀本師的加持,又得到十方三世一切諸佛如來的加持。佛化身無量無邊接引,每一個往生的人,即使凡聖同居土下下品往生,得阿彌陀佛四十八願的加持,智慧、神通、道力表現出來的樣子,跟阿彌陀佛差不多。換句話說,你也能分無量無邊身,到十方世界,幹什麼?拜佛。拜佛幹什麼?修福。敬佛是大福報,究竟圓滿的大福報,很短的時間就成就了。除修福之外還修慧,你拜佛,肯定聽佛講經,每天無量諸佛給你講經,你是無量分身來接受。極樂世界修一天,等於我們在他方世界修無量劫,都不如在極樂世界修一天。這個事實真相要搞清楚,為什麼?你才會真的珍惜這一生,尤其上了年歲的是更可貴了,不敢放棄,一心一意,阿彌陀佛聲聲不絕,機會不能讓它當面錯過。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四O五集)  2016/12/23



 

Sesungguhnya, bila dibandingkan dengan siapa saja, kami sudah merasa amat beruntung. Generasi sebelumnya, lebih memiliki pahala bila dibandingkan dengan kami, mereka mempunyai etika moral, ajaran sutra juga tidak sedikit yang dipelajari, juga mendengar ceramah Dharma yang tidak sedikit, kami juga pernah melihatnya.

Tetapi hal yang membuat kami merasa begitu menyesal adalah tidak menempatkan kegiatan ceramah Dharma di urutan pertama, kebanyakan adalah upacara ritual dan pertobatan, upacara-upacara besar malah ditempatkan pada urutan pertama.

Inilah yang merupakan penyesalan kami sepanjang hidup ini, tidak menempatkan upaya menghasilkan penceramah-penceramah yang berbakat di urutan pertama, sehingga arah vihara pun jadi bergeser.

Sehingga kaum intelek yang melihat perkembangan Ajaran Buddha jadi beranggapan bahwa ini cuma kepercayaan takhayul belaka, tidak boleh dipelajari.

Kini sampai pada generasi kami sekarang ini, lebih merosot daripada generasi sebelumnya, sudah tidak pantas dibandingkan lagi. Generasi sebelumnya, apabila anda tidak menghalangi keuntungannya, maka dia juga takkan menghalangimu; apa saja kegiatanmu, dia akan memujimu, bahkan sekalipun hal yang tidak sanggup dia wujudkan, dia juga akan salut dan memujimu.

Tetapi bagaimana pula dengan generasi sekarang ini, sudah tidak bisa lagi, anda tidak mengganggu dan menghalanginya, tapi dia juga akan datang menfitnah dirimu, dia juga akan datang merintangimu, merusak daya upayamu.

Generasi demi generasi kian mengalami kemerosotan moral, maka itu bagaimana buah akibat generasi berikutnya, anda sudah bisa membayangkannya. Buddha Dharma akan kian melemah, sampai akhirnya lenyap dari peredaran, sirna dari dunia ini. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2016

我們實在講,比誰都幸運。老一代的,比我們有福報、有德行,經教也讀了不少,也聽了不少,我們見過。但是他們有個很遺憾的地方,沒有把講經教學放在第一位,統統都是把經懺佛事、法會放在第一位。一生遺憾,沒有把培養弘法人才、修行的人才擺在第一,所以道場變質了。讓社會大眾知識分子接觸,都認為是迷信,都不能接受。現在我們這一代,比上一代又有落差,比不上。上一代,你不直接障礙他的利益,他也不會障礙你;你做的,甚至於他還會讚歎,他不能做到,他會讚歎,說你是做了好事情。現在不行,你不障礙他,他也毀謗你,他也障礙你,他也破壞你。一代不如一代。再下一代的果報,我們可想而知,會什麼?佛法就滅了,沒有了,在這個世間消失了。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四O五集)  2016/12/23